lampu gantung minimalis- rumah123.com Ada Delapan Tips yang Bisa Digunakan Saat Memilih Lampu Gantung Minimalis. Yuk, Bikin Rumah Jadi Menarik dengan Kehadiran Lampu Gantung (Foto: Rumah123/Getty Images)

Tidak ada yang lebih baik dari penataan lampu yang baik. Tidak perlu bingung jika ingin memilih lampu gantung minimalis yang tepat.

Lampu gantung bisa dianggap sebuah perhiasan cantik yang memperindah ruangan. Bisa dilihat kalau banyak orang memiliki lampu gantung di rumah.

Keberadaan lampu gantung bisa mengubah atmosfer ruangan. Tidak peduli bentuk lampu gantung itu minimalis, modern, kristal, klasik, atau lainnya.

Baca juga: Lampu Meja dari Material Beton dan Timbal? Yuk, Beli Buat Koleksi

Ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih lampu gantung minimalis. Aplikasikan sederetan tips ini agar bisa menyesuaikan lampu yang tepat untuk setiap ruangan.

Desainer interior Kelly Wearstler berbagi tips ini dalam situs gaya hidup dan desain Architectural Digest. Dia mendirikan biro desain interior pada 1990-an.

Wearstler telah mendesain sejumlah rumah selebriti di Hollywood seperti Gwen Stefani dan Cameron Diaz. Dia juga sudah merancang interior sejumlah rumah di California, Amerika Serikat dan kemudian menjualnya.

  1. Pertimbangkan Elemen Lain dalam Ruangan

Kalau lampu gantung minimalis terlihat berbeda dengan benda lain dalam ruangan, bisa jadi hal ini membuat lampu terlihat menakjubkan. Tetapi, lebih baik selaraskan lampu gantung dengan elemen lain dalam ruangan.

  1. Perhitungkan Ukuran Lampu

Sebelum memasang lampu, jangan lupa untuk mengukur luas ruangan. Lantas perhitungkan juga ukuran lampu gantung. Kalau ingin memasang lampu gantung di atas meja makan pastikan kalau jaraknya sekitar 30-40 cm dari meja.

  1. Perhatikan Bentuk Ruangan

Jangan pernah untuk meremehkan pentingnya skala dalam desain. Kalau ruangan berupa koridor, selasar, dapur, dan kamar mandi, ada baiknya lampu gantung bisa menjadi bagian dari proporsi ruangan. Hasilnya pasti berbeda.

  1. Perhitungkan Arah Jatuhnya Lampu yang Diinginkan

Ukur dan perhitungkan arah jatuhnya lampu yang diinginkan. Tinggi lampu gantung seharusnya disesuaikan dengan tinggi plafon dan juga lokasi lampu dalam ruangan. Saat memasangnya di atas meja dan bukan tentunya berbeda. Perhitungkan arah jatuhnya lampu agar kepala pemilik rumah tidak terbentur.

  1. Jangan Takut untuk Memasang Dua Lampu Gantung

Posisi dan lokasi furnitur dalam ruangan tentunya bisa mengarahkan posisi lampu gantung. Kamu  tidak perlu memasang lampu gantung di posisi tengah ruangan. Jika ruangan berukuran besar dan ada dua area tempat duduk, tidak ada salahnya memasang dua lampu gantung.

  1. Pertimbangkan Konteks dan Suasana Ruangan

Sering kali pemilik rumah memasang lampu gantung berukuran besar. Ukurannya mirip dengan lampu gantung yang ada di hotel atau ruang publik. Pastinya lampu gantung seperti ini tidak dipasang di rumah lantaran banyak faktor seperti ukuran terlalu besar, tidak cocok dengan ruang yang kecil, serta struktur plafon belum tentu kuat menahan beban.

  1. Berpikir untuk Memesan Lampu Unik

Ingin memiliki lampu gantung yang mewah, namun pernahkah pemilik rumah memikirkan untuk mempunyai lampu yang dipesan secara khusus. Jika ada produsen yang bisa membuat lampu secara custom, tentunya menyenangkan memiliki lampu yang memang tidak ada duanya karena memang dipesan secara khusus.

  1. Lampu Gantung Bisa Dipasang Di Mana Saja

Biasanya ruang servis seperti ruang mencuci, gudang, dan garasi memang tidak memasang lampu gantung. Namun, sebenarnya setiap ruangan pastinya luar biasa. Lampu gantung yang tepat bisa membuat suasana ruangan menjadi lebih berbeda.

Baca juga: Hmm, Kayak Apa Ya Lampu Gantung dengan Pola Kayu Terbakar?

Bagikan: 8407 kali