OK

7 Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia, Kok Bisa Minyak Goreng Mahal dan Langka?

30/06/2022 by Reyhan Apriathama

provinsi penghasil kelapa sawit

Simak daerah penghasil kelapa sawit di Indonesia yang menjadi bahan baku minyak goreng. Cari tahu selengkapnya di sini!

Permasalahan kelangkaan minyak goreng menjadi isu yang hangat dalam beberapa bulan terakhir.

Alih-alih diselesaikan, ketersediaan minyak goreng bukan hanya langka namun harganya juga terus meningkat baik dalam bentuk curah maupun kemasan.

Meski minyak goreng kian langka, namun banyak orang mengetahui jika bahan baku kelapa sawit memiliki ketersediaan yang berlimpah ruah.

Untuk diketahui, Indonesia juga merupakan salah satu daerah penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.

Lantas, daerah mana saja di Indonesia yang memiliki produksi kelapa sawit berskala besar? Simak pembahasannya bersama-sama!

Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia, Sanggup Penuhi Kebutuhan Domestik

Dilansir dari kompas.com, kamu bisa cari tahu beberapa wilayah penghasil kelapa sawit di Indonesia berdasarkan data terakhir tahun 2019 berikut ini: 

1. Provinsi Riau 

Penghasil Kelapa Sawit Asian Agri

Sumber: Asianagri.com

Di tahun 2019, Riau merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia dengan jumlah 9,513,208 ton pada lahan sebesar 2,806,349 hektare atau 1/4 dari luas provinsi ini.

Ada beberapa perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di Riau yakni Asian Agri, KPN Plantation, PTPN V, dan Salim Ivomas Pratama.

2. Kalimantan Tengah 

Penghasil Kelapa Sawit Sumbermas Sarana

Sumber: Ssms.co.id

Penghasil kelapa sawit berikutnya adalah Kalimantan Tengah dengan hasil bumi 7,664,841 ton di lahan seluas 2,049,790 hektare. 

Salah satu perusahaan kelapa sawit yang cukup terkemuka di wilayah Kalimantan Tengah adalah Sawit Sumbermas Sarana dengan konsesi lahan 115 ribu hektare . 

3. Sumatera Utara 

Bakrie Sumatera Plantations

Sumber: Sawitplus.co

Luas lahan kelapa sawit di Sumatera Utara mencapai 1,773,049 hektare pada 2019, dengan total produksi 5,467,313 ton.

Pabrik penghasil kelapa sawit yang cukup terkemuka di wilayah ini adalah PTPN IV, PT PP London Sumatra, Astra Agro Lestari, dan Bakrie Sumatera Plantations.

4. Kalimantan Barat 

PTPN 13 Kebun Kelapa Sawit

Sumber: BPDP Sawit

Selain Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat juga memiliki hamparan kebun kelapa sawit seluas 1,570,675 dengan produksi 5,235,399 ton.

Perkebunan sawit di wilayah ini dikelola oleh beberapa perusahaan termasuk PTPN XIII.

5. Sumatera Selatan 

tLondon Sumatra Plantations

Sumber: Londonsumatra.com

Sejak dulu Sumatera Selatan dikenal akan berbagai hasil bumi, tak terkecuali sebagai penghasil kelapa sawit dengan total produksi mencapai 4,049,156 ton.

Tak hanya di wilayah Sumatera Utara, dilansir dari Kemenperin PP London Sumatra juga memiliki hak konsesi lahan kelapa sawit di Musi Banyuasin dan Musi Rawas.

6. Kalimantan Timur 

Triputra Agro Persada Plantation

Sumber: InfoSawit

Lebih dikenal sebagai penghasil batubara, Kalimantan Timur juga dikenal sebagai wilayah penghasil kelapa sawit dengan total produksi 3,988,883 ton.

Dilansir dari data Kemenperin, tercatat 68 perusahaan perkebunan kelapa sawit yang tersebar di Berau, Kutai Timur dan Penajam Paser Utara.

7. Jambi 

Asian Agri Jambi

Sumber: Asianagri.com

Penghasil kelapa sawit berikutnya adalah provinsi Jambi dengan kapasitas produksi 2,884,406 ton yang terdiri dari 57 perusahaan.

Di wilayah Jambi, terdapat dua perusahaan kelapa sawit terbesar yakni PTPN VI Nusantara dan Asian Agri. 

Itulah beberapa wilayah provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi jutaan ton per tahun.

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama Cluster Mississippi Kota Wisata selengkapnya di Rumah123.com dan dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!