contoh cerpen tentang kehidupan

Mengangkat persoalan hidup sebagai tema utama, ini dia sejumlah contoh cerpen tentang kehidupan yang inspiratif untukmu!

Ada banyak sekali masalah hidup yang bisa menjadi tema cerita pendek.

Mulai dari isu terkait persahabatan, asmara, hubungan keluarga, dan lainnya.

Dari setiap cerita, tentunya ada nilai kehidupan yang bisa kamu ambil sebagai sebuah pelajaran.

Misalnya saja seperti contoh cerpen tentang kehidupan yang inspiratif berikut ini.

Selamat membaca!

6 Contoh Cerpen tentang Kehidupan yang Penuh Makna

1. Kisah tentang Seorang Sahabat yang Baik

Cerpen satu berkisah tentang sosok teman atau sahabat yang baik dalam hidup.

Berikut kisah selengkapnya:

contoh cerpen singkat tentang kehidupan Sumber: hot.liputan6.com

2.  Kisah Jannah dan Kalia

Detik jam terus berlanjut maju. Dentuman jantung terus berdenyut kelu. Jannah membisu di tengah kuburan seorang wanita muda yang baru saja ia temui minggu lalu. Desiran angin masih menerpa rambut sebahunya, sementara matanya hanya terpaku kepada nisan bertuliskan ‘Kalia Lestari’.

Jannah mengenal Kalia karena keramahannya. Walaupun sebenarnya, ia hanya seorang kasir di salah satu minimarket di kota. Kalia, gadis ningrat tersebut memasuki minimarket lalu mengambil beberapa barang. Dan ketika Kalia sudah mengambil makanan ringan, gadis itu pun sangat senang dengan sapaannya yang dibalas Kalia.

Biasanya pelanggan lain tak memedulikannya. Tapi, wanita terkenal dan tercantik di kotanya, membalas sapaan seorang kasir dengan ramah. Ia pun menawarkan roti yang dipajang di meja kasir kepada Kalia. Ia sangat senang dengan jawaban Kalia.

“Boleh deh Mba Jannah, aku beli dua rotinya” ujar Kalia tersebut dan berhasil membuat Jannah terpaku dan senang, itulah kali pertamanya pula ada pelanggan yang memanggil namanya.

Tiba-tiba komplotan perampok datang ke minimarket tersebut. Sontak dua orang berbadan kekar menghadang Jannah dan Kalia. Pegawai lain disekap oleh perampok sehingga Jannah harus merelakan uang yang ada di kasir.

Tapi, Kalia menghadang. Wanita itu melindungi Jannah. Naas, perampok tersebut berbakat dan berhasil menusuk perut Kalia terlebih dahulu. Darah menyucur deras, Kalia tak sadarkan diri. Sejak kejadian itu, Jannah tak masuk kerja apalagi sampai ia mendengar kabar kematian Kalia.

Hingga saat ini, ia masih terpaku di kuburan Kalia yang penuh dengan bunga. Bunga-bunga kebaikan yang selalu Kalia tebar ketika di dunia.

3. Kisah Keledai dan Penjual Garam yang Cerdik

Cerpen satu ini bisa kamu bacakan kepada anak sebelum ia tidur.

Di dalamnya cerita ini ada pesan penting mengenai apa yang akan terjadi jika kita tidak cerdik menghadapi masalah:

cerpen tentang nilai kehidupan inspiratif Sumber: made-blog.com

4. Menghitung dengan Bijaksana

Suatu hari, raja Akbar mengajukan pertanyaan di istananya yang membuat semua orang di ruang sidang bingung. Ketika mereka semua mencoba mencari tahu jawabannya, Birbal berjalan masuk dan bertanya ada apa. Mereka mengulangi pertanyaan itu kepadanya.

Pertanyaannya adalah, “Ada berapa banyak burung gagak di kota ini?”

Birbal segera tersenyum dan pergi ke Akbar. Dia mengumumkan jawabannya; katanya ada dua puluh satu ribu lima ratus dua puluh tiga gagak di kota.

Ketika ditanya bagaimana dia tahu jawabannya,

Birbal menjawab, “Minta anak buahmu untuk menghitung jumlah gagak. Jika ada lebih banyak, maka kerabat gagak harus mengunjungi mereka dari kota terdekat. Jika jumlahnya lebih sedikit, maka gagak dari kota kami harus mengunjungi kerabat mereka yang tinggal di luar kota,".

Senang dengan jawaban itu, Akbar memberi Birbal rantai ruby ​​dan mutiara.

5. Cerpen Inspiratif tentang Kehidupan Manusia

Sering merasa jadi manusia paling tidak bahagia di dunia?

Kalau begitu, cerpen tentang kehidupan berikut ini mungkin bisa memberimu perspektif baru.

contoh cerpen singkat tentang kehidupan Sumber: hot.liputan6.com

6. Cerpen tentang Kebahagiaan dan Kehidupan

Nasir, seorang bocah lelaki, menemukan bola kristal di belakang pohon beringin di kebunnya. Pohon itu memberitahunya bahwa bola kristal itu akan mengabulkan permintaannya.

Dia sangat bahagia dan dia berpikir keras, tetapi sayangnya, dia tidak dapat menemukan apa pun yang dia inginkan. Jadi, dia menyimpan bola kristal di tasnya dan menunggu sampai dia bisa memutuskan keinginannya.

Hari-hari berlalu tanpa dia membuat permintaan, tetapi sahabatnya melihatnya melihat bola kristal. Dia mencurinya dari Nasir dan menunjukkannya kepada semua orang di desa.

Mereka semua meminta istana, kekayaan, dan banyak emas, tetapi tidak dapat membuat lebih dari satu keinginan. Pada akhirnya, semua orang marah karena tidak ada yang bisa memiliki semua yang mereka inginkan.

Mereka menjadi sangat tidak bahagia dan memutuskan untuk meminta bantuan Nasir yang belum mengajukan permintaan.

Nasir berharap semuanya kembali seperti semula menjadi sebelum penduduk desa berusaha memuaskan ketamakan mereka. Istana dan emas lenyap dan penduduk desa sekali lagi menjadi bahagia dan puas.

Itu dia sejumlah contoh cerpen tentang kehidupan yang inspiratif.

Jangan lupa kunjungi artikel.rumah123.com untuk menemukan artikel menarik lainnya seputar properti.

Kamu juga bisa mencari properti yang sesuai kebutuhanmu seperti Emerald Cove Townhouse.

Bagikan:
823 kali