Talang air sangat penting kehadirannya di rumah. Tanpa adanya benda satu ini, air hujan yang jatuh tak bisa mengalir ke tempat pembuangan air, sehingga menyebabkan banjir.

talang air rumah - rumah123.com

Apalagi selain memiliki fungsi tersebut, talang air juga bisa memperindah bentuk rumah. Terdapat beberapa jenis talang air yang dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan.

Beda rumah, beda jenis talang air yang direkomendasikan. Nah, dari 3 jenis talang air yang umum digunakan ini, kira-kira mana yang cocok untuk dipasang di hunianmu?

1. Talang logam

Talang logam yang banyak digunakan di Indonesia biasanya terbuat dari bahan seng atau aluminium. Banyak yang menggunakan talang air dengan jenis ini lantaran harganya yang murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu, bahannya cukup fleksibel untuk dibentuk sesuai bentuk atap, sehingga mampu mengalirkan air dengan lebih efektif.

Proses pemasangannya pun lebih mudah karena talang logam terbilang enteng. Namun, bagi kamu yang tinggal di daerah panas, sebaiknya menghindari bahan satu ini. Sebab, bahan logam cenderung lebih cepat menyerap panas. Talang logam juga cukup mudah berkarat dan menghasilkan suara yang berisik.

Baca juga: 5 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium

2. Talang PVC

Talang PVC juga cukup populer di Indonesia. Harganya gak kalah murah dengan talang logam. Pemasangannya pun cukup mudah karena bobotnya yang ringan. Berbeda dengan talang logam, talang PVC tidak berkarat dan tidak berisik lantaran terbuat dari bahan plastik.

Namun karena bahan plastik itu pula, talang PVC cukup rentan terhadap perubahan cuaca. Perubahan cuaca ekstrem seperti yang terjadi beberapa tahun belakangan bisa membuat talang PVC cepat rusak dan patah. Maka dari itu, kamu yang memilih untuk memasang talang PVC di rumah harus siap-siap mengganti talang air tiap beberapa tahun sekali.

Baca juga: Rusak Ringan atau Berat, Berikut Cara Memperbaiki Pompa Sanyo, Shimizu, dan Pompa Air Lainnya

3. Talang beton

Sebelum muncul talang logam dan talang PVC, talang beton sudah lebih dulu digunakan di rumah-rumah konvensional. Jika dilihat dari kekuatan dan daya tahannya, talang beton jauh lebih unggul ketimbang dua jenis talang air di atas. Talang beton sangat awet dan tahan lama.

Perawatannya mudah, kapasitas tampungan airnya besar, suaranya pun tidak berisik. Namun, talang jenis ini memerlukan perencanaan pemasangan yang sangat lama. Desainnya harus dibuat sesuai dengan bentuk atap. Bobotnya sangat berat ,sehingga proses pengerjaannya lama dan biaya pasangnya juga lebih mahal.

Itu dia 3 jenis talang air terbaik yang bisa dipasang di rumahmu. Sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satunya, sesuaikan dulu bujet dan kondisi rumahmu. Apabila sudah terpasang, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin. Misalnya dengan membersihkan kotoran yang menyumbat air. 

Bagikan: 1779 kali