jalur sepeda- rumah123.com Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Akan Menguji Coba 17 Jalur Sepeda Pada 20 September Hingga 19 November 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan uji coba terhadap 17 ruas jalan yang memiliki jalur khusus sepeda. Saatnya kamu kembali naik sepeda.

Bagi kamu yang biasa berolahraga dengan naik sepeda atau biasa bike to work alias rajin bersepeda saat ke kantor, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyelesaikan penyediaan jalur khusus sepeda.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal meluncurkan jalur khusus di Jakarta. Ini menjadi upaya memberikan fasilitas kepada para pengguna sepeda di Jakarta.

Baca juga: Jakarta Akan Bangun Jalur Khusus Sepeda Sepanjang 65 Kilometer

Situs berita online Kompas.com menyitir pernyataan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo bahwa ada 17 ruas jalan yang telah memiliki jalur khusus sepeda. Syafrin melanjutkan kalau nantinya ada uji coba.

Keberadaan jalur sepeda ini memang untuk mendorong lebih banyak warga Jakarta untuk menggunakan sepeda. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan jalur-jalur khusus sepeda ini diharapkan bisa membuat warga untuk aktif bersepeda.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini melanjutkan kalau sepeda dapat dipakai sebagai sarana transportasi sehari-hari. Masyarakat Jakarta bisa memakai sepeda untuk menempuh jarak yang dekat.

Baca juga: Sepeda Lipat Listrik Ini Bisa Dipasang dalam Waktu 10 Detik Doang

Jadwal uji coba jalur sepeda ini terbagi dalam tiga fase. Waktu pelaksanaan uji coba berbeda-beda dalam periode dua bulan.

Ada tujuh jalur khusus sepeda yang akan diujicoba pada periode 20 September-19 November 2019 sepanjang harinya. Lantas ada empat jalur yang diuji coba pada 12 Oktober-19 November 2019. Terakhir, ada enam jalur yang diuji coba pada 2-19 November 2019.

Uji Coba Fase Pertama (20 September-19 November 2019)

1. Jalan Medan Merdeka Selatan

2. Jalan M.H Thamrin

3. Jalan Imam Bonjol

4. Jalan Pangeran Diponegoro

5. Jalan Proklamasi

6. Jalan Pramuka

7. Jalan Pemuda

Uji Coba Fase Kedua (12 Oktober-19 November 2019)

1. Jalan Jenderal Sudirman

2. Jalan Sisingamangaraja

3. Jalan Panglima Polim

4. Jalan RS Fatmawati Raya

Uji Coba Fase Ketiga Pada 2-19 November 2019

1. Jalan Tomang Raya

2. Jalan Cideng Timur

3. Jalan Kebon Sirih

4. Jalan Matraman Raya

5. Jalan Jatinegara Barat

6. Jalan Jatinegara Timur

Sejumlah negara memiliki masyarakat yang gemar bersepeda. Dua negara ini diantaranya adalah Belanda dan Jepang.

Jumlah sepeda di Belanda malah lebih banyak dari jumlah penduduk. Belanda baru saja memiliki stasiun dengan jumlah parkir sepeda sebanyak 16 ribu. Bayangkan kalau lahan parkir stasiun kereta di Indonesia lebih didominasi oleh motor.

Sementara Jepang juga serupa dengan Belanda. Banyak warga yang wira wiri dengan sepeda terutama untuk menuju stasiun kereta.

Selain itu, ada beberapa negara yang membuat akses untuk pengendara sepeda seperti Jerman, Spanyol, China, Amerika Serikat, Australia, dan lainnya. Desainnya tidak hanya keren, namun juga memudahkan para pengguna sepeda.

Baca juga: Migo Tuh Sebenarnya Apaan Sih, Sepeda Listrik Atau Sepeda Motor Listrik

Bagikan: 1161 kali