Berencana membeli kunci pintu untuk rumah barumu? Sebelum itu, kenali dulu jenis-jenisnya berikut ini. Baik dari yang konvensional, hingga yang modern!

kunci pintu

Perkembangan teknologi pengamanan terkini membuat pilihan model kunci semakin beragam. 

Sebagai bagian penting dari sebuah hunian, menjaga keamanan para penghuni dengan memastikan sistem kunci yang digunakan pada pintu mumpuni sudah pasti jadi sebuah keharusan. 

Baik untuk bagian depan tempat akses utama ke dalam bangunan atau sekadar pengunci kamar mandi dan ruang lainnya di rumah, kamu bisa menemukan berbagai jenis kunci pintu sesuai kebutuhan. 

1. Deadbolt 

deadbolt Sumber: Home Depot

Model pengunci deadbolt memakai mekanisme kerja yang terpisah dengan bagian gagang sebagai akses pembuka pintu. 

Desainnya dibuat menggunakan silinder tunggal atau ganda untuk perlindungan maksimal dari gangguan maling dan penyusup yang hendak menerobos masuk. 

2. Door Knob Lock 

door knock lob Sumber: Alibaba.com

Kalau jenis kunci pintu yang berikutnya pasti sudah familiar, yaitu door knob lock yang kerap dipakai di kamar mandi rumah. 

Ciri khasnya sendiri ada pada sistem keamanan yang berada langsung pada gagang atau kenop pintu  pada kedua sisinya dengan opsi penguncian dalam dan luar memakai silinder ganda. 

Baca juga: Cara Pasang CCTV Sendiri di Rumah Tanpa Bantuan Teknisi

3. Handleset

handlesets Sumber: Home Depot

Berbekal tambahan pengunci eksternal yang dapat diputar pada bagian luarnya, handleset memiliki sistem keamanan berlapis yang bisa memberikan perlindungan maksimal untuk penghuni. 

Tampilannya yang cantik juga bisa jadi elemen tambahan untuk memberikan kesan yang modern dan menarik pada bagian eksterior bangunan. 

4. Mortise

Mortise kunci pintu Sumber: TopChinaSupplier.com

Untuk opsi pengamanan terbaik yang bisa kamu gunakan di pintu utama rumah adalah mortise lock

Modelnya unik karena hanya ada satu anak kunci pada bagian luar dengan tuas yang dapat digunakan untuk membuka dan menutup secara otomatis dari dalam. 

Dengan begitu, orang-orang yang berada di luar tidak bisa membuka akses pintu seenaknya, sehingga sangat ideal ditempatkan di tempat masuk utama rumah.  

Baca juga: Berencana untuk Pasang CCTV di Rumah? Simak Dulu 5 Tipsnya!

5. Hand Lever

lever door lock Sumber: Pinterest

Jika kamu sering kerepotan untuk masuk ke dalam suatu ruangan karena membutuhkan akses memakai dua tangan, hand lever bisa jadi solusi yang tepat untuk mengatasinya. 

Lubang kunci berada di bagian gagang yang bisa langsung dibuka dengan cara memutar pegangan, bahkan hanya dengan satu tangan. 

6. Barrel Bolt 

kunci pintu barrel bolt Sumber: Amazon.com

Barrel bolt yang dikenal dengan nama baut geser atau grendel merupakan bentuk pengamanan pintu yang sangat sering ditemui di berbagai bangunan di Indonesia. 

Grendel terdiri dari bagian geser berbentuk silinder yang dipasang di kusen pintu dan kait penampang di pintu utama. 

7. Chain Bolt 

chain bolt Sumber: Home Depot

Bentuk rantainya untuk membatasi kapasitas bukaan pintu yang dapat digeser menjadi ciri khas chain bolt yang sering dijumpai di pintu-pintu hotel. 

Pilihan jenis kunci pintu ini mampu memberikan privasi dan rasa aman pada penghuni tanpa harus membuka akses secara penuh untuk berbagai keperluan. 

8. Cam Lock 

kunci pintu camlock Sumber: Tokopedia

Fungsi perangkat keamanan ini secara khusus difungsingkan untuk tempat penyimpanan seperti loker, kotak surat, lemari arsip, atau kotak deposit bank sederhana. 

Bentuknya dapat berupa flat atau tubuler dengan kunci yang dibutuhkan untuk mengakses bagian cam dan membuka tempat penyimpanan. 

9. Gembok Cakram 

gembok cakram Sumber: Tokopedia

Versi perlindungan sederhana berupa gembok cakram menjadi sistem pengaman untuk tempat khusus seperti gudang atau unit penyimpanan lainnya. 

Dibanding gembok biasa, jenis pengunci yang juga dikenal dengan nama circular padlocks ini mampu menawarkan perlindungan yang lebih karena bahannya yang tebal dan sulit didobrak. 

10. Gembok Sederhana 

gembok sederhana Sumber: Shopee.co.id

Pilihan praktis yang mudah dan murah untuk berbagai keperluan pengamanan tanpa harus repot-repot melakukan instalasi apapun. 

Gembok sederhana bekerja secara mandiri perlu pemasangan pada dinding atau pintu manapun dengan batang berbahan besi berbentuk ‘U’ yang mengunci dan membuka pada badan gembok itu sendiri. 

11. Kunci Pintu Elektronik 

kunci pintu elektronik Sumber: Aliexpress.com

Jenis kunci pintu elektronik merupakan pengembangan teknologi terkini yang memakai sistem pengamanan canggih yang hanya dapat diakses dengan kartu, sidik jari, atau keypad memakai PIN yang dapat diubah sesuai keinginan. 

Kelebihan dari kunci elektronik adalah kemampuannya untuk mengunci secara otomatis dengan beberapa model yang bahkan bisa dikendalikan dari jarak jauh untuk memberikan akses kepada tamu.

Itu dia jenis-jenis pengunci pintu yang bisa kamu pilih untuk hunianmu.

Sesuaikan dengan preferensi dan bujetmu sebelum membeli.

Jangan lua juga untuk membaca tips-tips keamanan di dalam rumah lainnya hanya di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
2963 kali