Saat ini ada banyak sekali jenis CCTV yang terdapat di pasaran.  Apabila kamu berencana untuk pasang CCTV di rumah, simak dulu 5 tips ini!

pasang cctv - rumah123.com

Kamera CCTV saat ini tak hanya dipasang di tempat-tempat komersil seperti toko, bank, atau mal saja. Banyak pula kini rumah pribadi yang telah menggunakan kamera ini karena faktor keamanan. Apabila kamu berencana untuk pasang CCTV di rumah, mungkin sedikit kebingungan untuk menentukan kamera CCTV yang harus dipilih. Sebab, saat ini ada banyak sekali jenis CCTV yang terdapat di pasaran. Untuk membantumu, ini dia 5 tips dari Rumah123.com!

1. Tentukan dulu penempatan CCTV

CCTV yang akan ditempatkan di luar ruangan dan di dalam ruangan memiliki spesifikasi yang berbeda. Untuk itu, penting mengetahui area mana saja yang akan dipasang kamera CCTV. Apakah area outdoor, atau area indoor? Untuk area outdoor, sebaiknya kamu memilih kamera CCTV dengan perlindungan khusus dari hujan dan panas. Misalnya seperti CCTV yang terbuat dari stainless steel.  

2. Pilih CCTV dengan fitur infrared

Untuk mengantisipasi kondisi ruangan yang terekam berada dalam keadaan gelap, kamera CCTV dengan fitur infrared lebih direkomendasikan. Sebab, fitur ini bisa menangkap gambar dalam keadaan cahaya yang minim. 

3. CCTV analog atau digital, sesuaikan dengan kebutuhan

Untuk di rumah, CCTV analog lebih direkomendasikan. Walaupun hasil rekaman gambarnya tak setajam CCTV digital, CCTV analog cukup untuk menangkap aktivitas yang terjadi di rumah. Sedangkan CCTV digital, lebih cocok untuk merekam kualitas gambar yang lebih tajam. Jika kamu memasang CCTV hanya untuk memantau aktivitas pergerakan saja, tak ada salahnya hanya membeli CCTV analog.

4. Pilih jenis CCTV sesuai bujet

Semakin baik kualitas CCTV, tentu semakin mahal pula harganya. Sebelum kamu membuang-buang uang untuk memilih yang terbaik, sebaiknya sesuaikan dulu kebutuhan dan bujetmu. Untuk harga, CCTV analog lebih murah hingga lima kali lipat ketimbang harga CCTV digital. Tentu bujetmu akan membengkak kan jika memasang CCTV digital di seluruh bagian rumah? Lebih bijak jika kamu memasang CCTV analog pada ruan biasa, dan CCTV digital pada bagian rumah yang rentan maling.

5. Tanyakan seputar garansi 

Jangan gampang tergiur dengan CCTV murah yang hanya memberikan garansi dalam hitungan bulan. Sebab, CCTV yang berkualitas biasanya akan memberikan garansi minimal 1 tahun. Lebih baik harganya lebih mahal sedikit, tapi punya garansi panjang dan layanan purna jual yang bagus kan?

Bagikan: 2356 kali