Smart toilet ini dibanderol seharga Rp130 juta. Bayangkan kalau WC seharga satu rumah subsidi ini mampet akibat kebiasaan jelek membuang benda-benda. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea
 

Tau sendiri kan kalau WC mampet ribetnya kayak apa. Nah, sebelum itu terjadi, waspada aja sama barang-barang yang sekiranya dibuang ke WC oleh penghuni rumah. Berikut ini 11 barang yang bisa bikin WC di rumahmu mampet seperti dikutip dari aol.com:

Tisu

Jangan salah, meksipun material tisu sangat menyerap air dan cepat hancur, tapi biasanya gak bisa tercerna, sehingga lama-lama bisa menyumbat saluran WC.

Tinja Hewan Peliharaan

Tinja manusia dan hewan tuh beda. Semisal kucing, tinjanya bisa mandeg di pipa saluran WC dan gak akan mudah hancur. Sediakan tempat khusus berisi pasir untuk menampung tinja hewan peliharaan, lalu buang atau kubur dalam tanah.

Baca juga: Wah, Ada Toilet di Bawah Tangga, Yuk Bikin Juga

Pampers dan Pembalut

Pampers atau popok sekali pakai dan pembalut wanita jangan sekali-kali dibuang di WC karena sangat mungkin bikin WC mampet. Buanglah ke tempat sampah.

Kondom

Meskipun cuma barang kecil, tapi jangan buang kondom di WC. Material lateks (karet) dan zat lubrikan pada kondom bisa bikin saluran pipa mampet. Kalau ingin membuang kondom, bungkus terlebih dulu lalu buang ke tempat sampah.

Kapas

Jangan buang kapas, termasuk kapas bertangkai (cotton buds) ke dalam lubang WC. Kapas memang cepat menyerap air, tapi materialnya sulit tercerna.

 
Foto: Rumah123/Jhony Hutapea
 

PLastik

Apa pun yang terbuat dari plastik, meskipun kecil, berpotensi bikin WC mampet. Plastik gak bisa terurai dan bikin lubang WC tersumbat.

Benang Gigi

Seberapa tebal sih benang gigi (dental floss)? Ya biar merupakan benang yang tipis, tapi kalau sering dibuang ke WC lama-lama akan membentuk gumpalan yang bikin WC jadi mampet.

Makanan

Jangan iseng atau membiasakan diri membuang makanan sisa ke WC. Sisa makanan seperti tulang-tulang atau duri atau minyak, bisa menyumbat saluran pembuangan. Buang sisa makanan ke tempat sampah, bukannya di WC.

Baca juga: Wah, Ada Toilet di Bawah Tangga, Yuk Bikin Juga

Permen Karet

Material permen karet yang lengket bisa menempel di dinding saluran WC dan bikin mampet. Sebelum kamu membuang permen karet ke tempat sampah, bungkus dulu.

Rontokan Rambut

Sedikit demi sedikit, rontokan rambut akan jadi gumpalan yang pada akhirnya bikin WC mampet. Sebaiknya sih rontokan rambut kamu kumpulkan dalam satu wadah, lalu buang ke tempat sampah.

Tablet/Pil

Bahan kimia tablet atau pil yang kamu buang ke lubang WC bisa larut dalam air dan mencemari selokan, juga berpotensi menimbulkan racun. Jadi, buang saja obat-obatan yang gak digunakan lagi ke tempat pembuangan lain.

*

Bagikan: 1649 kali