Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Lebaran sebentar lagi. Tradisi mudik pun akan dilakoni masyarakat kembali. Bagaimana kesiapan infrastruktur sepanjang jalan mudik?

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ngebut merampungkan perbaikan ruas-ruas jalan, serta pembangunan underpass di beberapa daerah.

Hal tersebut demi mengantisipasi kemacetan arus mudik Lebaran tahun ini di jalur darat. Sebagian ruas jalan dan underpass memang sudah siap dilewati dengan kondisi 100 persen oke. Sementara, ada juga ruas jalan yang belum 100 persen siap, namun sudah bisa dilalui.

Baca juga: Alternatif Jalan Tol Saat Mudik Lebaran Tahun Ini

Berdasarkan data Kementerian PUPR, jalur Trans-Jawa sepanjang kurang lebih 397 kilometer dan Trans-Sumatera sepanjang 65 kilometer, akan difungsionalkan.

Trans-Jawa rinciannya adalah Brebes Timur-Ngaliyan 145 Km dan Semarang-Surabaya sepanjang 252 Km bisa dilalui. Sedangkan jalur Trans-Sumatera, beberapa dari ruas ini yang bisa dilewati.

Baca juga: Akhir Tahun Ini, Tol Gempol-Pasuruan Beroperasi Sepanjang 21 Kilometer

Antara lain, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 2 (Sidomulyo-Kotabaru)-Segmen SS Kotabaru-SS Lematang, Jalan Tol Palembang-Indralaya Seksi 1 (Palembang-Pamulutan), Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 2-6 (Bandara Kualanamu-Kota Sei. Rampah), Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 2 (Helvetia-Semayang), dan Seksi 3 Semayang-Binjai. (Wit)

 
Bagikan:
1673 kali