Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi akan difungsionalkan pada Lebaran 2017 ini. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Kalau kamu mudik tahun ini, perlu ekstra hati-hati. Sebab, beberapa ruas jalan Tol Trans-Jawa dan Trans-Sumatera meski sudah dalam kondisi pengerasan beton setebal 10 cm, namun masih perlu diwaspadai.

Data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, kondisi jalur fungsional Lebaran tahun ini hanya dikhususkan untuk kendaraan roda 4 (mobil pribadi).

Baca juga: Alternatif Jalan Tol Saat Mudik Lebaran Tahun Ini

Bagi kendaraan bermuatan banyak dan besar semacam truk dan bus tidak diperbolehkan melalui jalur fungsional tersebut. Juga untuk kendaraan roda dua (motor), tak diizinkan.

Soal kecepatan berkendara, mobil hanya bisa memacu sekitar 40 Km/jam. Hanya ada dua lajur saja yang difungsionalkan untuk satu arah pada saat mudik maupun arus balik.

Simpang Susun (pertemuan jalan nasional, provinsi, atau kabupaten) akan menjadi pintu keluar mobil untuk sementara waktu.

Baca juga: Ini Dia Jalan Tol yang Bakal Beroperasi di 2017, Catat Ya!

Dengan kecepatan maksimal 40 Km/jam, bisa dipastikan pemudik akan mengalami kelelahan selama mengemudi. kalau mengantuk? Nah, ini, untuk mencegah rasa kantuk dan lelah, jalur fungsional Trans Jawa dan Trans Sumatera belum 100 persen membangun area peristirahatan.

Akan tetapi, Kementerian PUPR telah menyediakan lahan kosong pada beberapa lokasi sesuai kebutuhan pemudik. Lahan ini bisa dimanfaatkan untuk beristirahat. (Wit)

Bagikan:
1484 kali