kutu kasur Ilustrasi Tempat Tidur, Kutu Kasur Menjadi Salah Satu Serangga yang Ada di Tempat Tidur. Kamu Harus Mengetahui Cara Menemukan dan Tempat Persembunyiannya (Foto: Rumah123/REA Adobe Experience Manager)

Kutu kasur menjadi salah satu serangga yang harus kamu basmi. Pastikan kamu mengetahui tempat persembunyian dan cara menemukannya.

Jika kamu merasa gatal pada kulit seperti habis digigit setelah bangun tidur, berarti ada penghuni lain di ranjang kamu. Penghuni ini adalah kutu kasur atau tungau.

Kutu kasur ini menjadi salah satu serangga yang biasanya dijumpai di rumah. Serangga lainnya adalah semut, kecoak, kalajengking, kaki seribu, dan lainnya.

Baca juga: Tips Sehat: Sejumlah Fakta Terkait Virus Corona

Ukuran kutu kasur ini memang kecil. Ukurannya hanya sekitar 5 milimeter. Lantaran kecil, kutu kasur ini sulit dilihat, meski sebenarnya sering meninggalkan jejak.

Kutu kasur ini sebenarnya mengganggu lantaran hewan ini suka menghisap darah manusia. Setelah digigit, kamu akan merasakan gatal atau bisa jadi ruam pada kulit.

Ada sejumlah cara untuk menemukan kutu kasur dan juga tempat persembunyian favorit. Situs properti Rumah123.com melansir laman EPA epa.com. EPA merupakan United States Environmental Protection Agency.

Cara Menemukan Kutu Kasur

Jika kamu menemukan ada kutu kasur atau jejak kutu kasur, kamu harus melakukan tindakan secepatnya. Kamu memang harus melakukan pencegahan sebelum kutu kasur menyebar. Hal ini tentu lebih mudah dan lebih murah.

Untuk mengindentifikasi penyebaran kutu kasur memang tidak mudah lantaran cukup sulit untuk melakukannya. Kutu karpet sering dianggap kutu kasur.

Gigitan di kulit sebenarnya bukan cara yang tepat untuk melihat penyebaran kutu kasur. Gigitan kutu kasur kadang bisa mirip dengan gigitan nyamuk, gigitan tungau, gatal-gatal, atau ruam.  Bahkan, beberapa orang tidak bereaksi sama sekali saat digigit oleh kutu kasur.

Baca juga: Tips Sehat: Hadapi Suhu Panas, Ini Dia 6 Cara Menjaga Kondisi Tubuh

Ada sejumlah cara yang lebih akurat untuk menemukan kemungkinan penyebaran kutu kasur. Hal ini menjadi bukti fisik keberadaan kutu kasur.

Saat membersihkan tempat tidur, ketika mengganti sprei, atau tidur di hotel, kamu harus melihat sejumlah tanda ini. Pertama, noda merah atau warna seperti karat pada sprei atau kasur yang merupakan sisa kutu kasur yang mati.

Kedua, titik hitam berukuran kecil yang merupakan kotoran kutu kasur. Noda ini akan terlihat jelas pada sprei.

Baca juga: Tips Sehat: Mengenal Obesitas dan Cara Pencegahan Pada Anak

Ketiga, telur dan cangkang berukuran sangat kecil, hanya 1 milimeter. Telur ini berukuran kuning pucat yang terus membesar.

Di Mana Kutu Kasur Bersembunyi

Ketika tidak sedang mencari makan, kutu kasur bersembunyi di berbagai tempat. Kalau di wilayah tempat tidur, kutu kasur biasanya bersembunyi di kaki-kaki ranjang, rangka tempat tidur, kasur, atau celah antara headboard dan rangka tempat tidur.

Jika kutu kasur sudah menyebar ke seluruh kamar tidur, maka hewan kecil ini bisa ditemukan di sejumlah tempat seperti kursi, sofa, bantal sofa, tirai, lemari pakaian, peralatan elektronik, dinding, plafon, dan lainnya.

Lantaran ukuran kutu kasur memang kecil, hanya selebar kartu ATM atau kartu kredit, hewan ini bisa menyelinap masuk ke tempat yang kecil untuk bersembunyi. Kalau ada retakan kecil, tempat ini bisa menjadi lokasi persembunyian kutu kasur.

Baca juga: Tips Sehat: Seberapa Sering Seharusnya Kamu Mengganti Sprei?

Bagikan:
4239 kali