Tips Bersih Rumah- Rumah123.com Ada Sejumlah Barang yang Sebaiknya Tidak Disumbangkan. Salah Satunya Adalah Kasur Bekas. Hal Ini Terkait Masalah Kebersihan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Mungkin kamu suka bersedekah dengan menyumbangkan barang. Namun, ingat ya ada sejumlah barang yang tidak sebaiknya disumbangkan.

Banyak cara untuk berbagi dengan sesama yaitu memberikan uang, menyumbangkan barang, menggunakan tenaga, dan lainnya. Ada beragam pilihan.

Bagi kamu yang biasa merapikan rumah, pastinya menemukan banyak barang yang tidak terpakai. Ketimbang melakukan garage sale, kamu memilih untuk menyumbangkan barang yang masih layak pakai.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 3 Cara Membuat Rumah Selalu Dalam Keadaan Rapi

Sebelum melakukan hal ini, ada baiknya kamu untuk melihat tips yang diberikan oleh Realestate.com.au. Situs ini milik REA Group Australia yang juga induk perusahaan dari Rumah123.com. Ada barang yang sebaiknya tidak disumbangkan.

 

Kasur dan Ranjang

Pastikan kalau kasur yang ingin disumbangkan tidak memiliki kutu, tungau, jamur, dan penyebab penyakit kulit lainnya.

Kamu harus memeriksa terlebih dahulu kasur dan ranjang. Kalau perlu kamu memanggil jasa pembersih sebelum memberikannya kepada orang lain. Kalau tidak mau melakukan hal ini, ya jangan diberikan.

 

Peralatan Bayi dan Anak-anak

Barang-barang ini mencakup kursi tinggi, tempat duduk, kursi mobil, stroller, dan lainnya. Tidak ketinggalan mainan anak-anak.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan seperti masalah kebersihan karena biasanya bayi pernah muntah atau buang air kecil dan besar di kursi. Nah, kalau tidak yakin dengan kebersihannya maka sebaiknya jangan. Selain itu, jangan lupakan masalah keamanan.

 

Peralatan Elektronik Jadul

Kalau di Indonesia memang belum ada tempat pengolahan limbah barang elektronik lama seperti pemutar kaset, televisi tabung, dan lainnya.

Sebaiknya kamu tidak menyumbangkan barang jadul seperti ini. Coba deh untuk memberikan atau menjualnya kepada kolektor benda seni atau penyuka barang jadul. Biasanya mereka suka memajangnya di rumah.

 

Konten Dewasa

Jika ada barang atau benda berisi konten dewasa seperti pornografi, kekerasan, dan sejenisnya, jangan pernah untuk menyumbangkannya. Barang ini termasuk kaus, majalah, koran, buku, film, dan lainnya.

Solusi tepat untuk hal ini adalah memusnahkan semua barang seperti ini. Kamu tidak bisa memberikannya kepada orang lain.

 

Barang Elektronik Berukuran Besar

Lebih baik kamu memberikan benda berukuran seperti mesin cuci, lemari es, pendingin udara, dan lainnya.

Tidak semua orang mau menerima barang elektronik lama. Jadi ketimbang sumbangan kamu tidak berguna, urungkan niat untuk menyumbangkannya.

Bagikan: 1165 kali