OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Panduan Lengkap Cara Membuat Akta Kelahiran Online

02 Nopember 2023 · 6 min read Author: Kartika Ratnasari

akta kelahiran

Akta kelahiran merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki bayi baru lahir. Simak cara membuat akta kelahiran online berikut ini!

Akta kelahiran, meskipun terlihat sebagai dokumen sederhana, memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan setiap individu.

Dokumen ini adalah bukti legal tentang keberadaan seseorang di dunia ini, dan lebih dari sekadar potongan kertas, akta kelahiran adalah pintu masuk ke berbagai hak dan kewajiban yang melekat pada status kewarganegaraan dan kependudukan.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat akta kelahiran secara online, cara kita mendapatkan dokumen ini, dan mengapa relevan untuk semua orang yang memiliki anak baru lahir.

Dengan begitu, kamu bisa memahami lebih lanjut tentang cara bikin akta kelahiran online.

Pengertian Akta Kelahiran dan Mengapa Penting untuk Tau Cara Bikin Akte

keluarga indonesia

Akta kelahiran adalah dokumen penting yang mencatat informasi dasar tentang kelahiran seseorang, seperti nama, tanggal lahir, dan tempat kelahiran.

Dokumen ini merupakan bukti yang sah dan penting tentang identitas seseorang, dan sering kali digunakan dalam berbagai urusan administratif.

Akte lahir membuktikan kewarganegaraan dan status kependudukan seseorang.

Selain itu, akta kelahiran diperlukan dalam berbagai proses administratif, seperti pendaftaran sekolah, pembukaan rekening tabungan, pemohonan paspor, dan banyak urusan lainnya.

Inilah kenapa sangat penting untuk mengetahui cara bikin akte.

Jangan sampai kelahiran anakmu tidak terdaftar secara resmi!

Perubahan dari Proses Daftar Konvensional ke Daftar Akta Kelahiran Online

Dahulu, sebelum ada daftar akta kelahiran online, pembuatan akta kelahiran melibatkan kunjungan fisik ke kantor pemerintah atau kantor kependudukan.

Namun, dengan kemajuan teknologi, proses ini telah mengalami perubahan signifikan, kini masyarakat bisa bikin akta kelahiran online tanpa ribet harus datang ke kantor pemerintah.

Membuat akta lahir online telah memberikan berbagai keuntungan bagi masyarakat.

Proses online ini telah mengurangi kerumitan proses dan biaya yang terkait dengan kunjungan fisik ke kantor pemerintah.

Syarat Buat Akta Kelahiran Online

Bikin akta kelahiran online melibatkan sejumlah syarat yang perlu dipenuhi, dan persyaratan ini tidak jauh berbeda dengan proses konvensional offline.

Berikut adalah syarat buat akta kelahiran online ang diperlukan beserta penjelasan mengapa setiap dokumen ini diperlukan:

1. Surat Keterangan Lahir dari Dokter, Bidan, atau Penolong Kelahiran

Dokumen ini diperlukan sebagai bukti medis tentang kejadian kelahiran anak. Ini mencakup informasi tentang tanggal dan tempat kelahiran, serta kondisi medis saat kelahiran.

2. Akta Nikah atau Kutipan Akta Perkawinan

Untuk menentukan hubungan antara orang tua anak yang baru lahir, akta nikah atau kutipan akta perkawinan diperlukan. Ini mengonfirmasi status pernikahan dan hubungan keluarga.

3. Kartu Keluarga (KK)

Kartu Keluarga diperlukan untuk mendaftarkan anak sebagai anggota keluarga. Ini memvalidasi keberadaan anak di dalam unit keluarga.

4. e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) Orang Tua, Wali, atau Pelapor

e-KTP (KTP elektronik) digunakan sebagai bukti identifikasi orang tua, wali, atau pelapor. Ini memastikan bahwa permohonan akta kelahiran berasal dari pihak yang berwenang.

5. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Kebenaran Data Kelahiran (SPTJM)

SPTJM diperlukan jika kamu tidak memiliki surat keterangan lahir dari dokter, bidan, atau penolong kelahiran. Dokumen ini adalah tanggung jawab tertulis untuk akurasi informasi kelahiran.

6. SPTJM Kebenaran Sebagai Pasangan Suami-Istri

Jika kamu tidak memiliki akta perkawinan resmi, dokumen ini menyatakan bahwa kamu adalah pasangan suami-istri dan memiliki anak yang baru lahir. Ini memvalidasi hubungan keluarga.

7. Paspor (bagi WNA)

Warga Negara Asing (WNA) memerlukan paspor sebagai identifikasi mereka. Dokumen ini memvalidasi status kewarganegaraan anak yang baru lahir.

Cara Membuat Akta Kelahiran Online

akta lahir

Sumber gambar syarat buat akta kelahiran online: Kompas.com

Setelah dokumen persyaratan di atas terpenuhi, ikuti proses cara membuat akta kelahiran online.

Berikut ini merupakan langkah-langkah bikin akta kelahiran online.

1. Akses Aplikasi Dukcapil menggunakan NIK

Sebelum kamu dapat mengajukan permohonan akta kelahiran secara online, kamu perlu mengakses aplikasi Dukcapil yang sesuai dengan kota atau kabupaten tempat kelahiran anakmu.

Pastikan bahwa kamu mengunduh aplikasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat untuk menghindari potensi penipuan.

2. Unduh Aplikasi dan Lakukan Registrasi

Setelah menemukan aplikasi Dukcapil yang sesuai dengan wilayahmu, unduh aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk untuk melakukan registrasi akun.

Isilah informasi yang diminta sesuai dengan panduan yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

3. Isi Formulir dan Unggah Berkas Persyaratan

Setelah berhasil mendaftar, lanjutkan dengan mengisi formulir aplikasi pencatatan kelahiran. Pastikan kamu melengkapi semua informasi yang dibutuhkan dengan akurat.

Selanjutnya, unggah berkas-berkas persyaratan yang sesuai dengan petunjuk yang disediakan dalam aplikasi.

4. Terima Tanda Bukti Permohonan

Setelah mengisi formulir aplikasi dan melengkapi persyaratan, kamu akan menerima tanda bukti permohonan sebagai konfirmasi bahwa permintaanmu telah diterima dan sedang dalam proses.

5. Proses Verifikasi dan Validasi oleh Petugas

Petugas di instansi pelaksana akan melakukan proses verifikasi dan validasi data permohonanmu dengan membandingkannya dengan basis data/biodata yang tersimpan dalam SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan).

Proses ini dilakukan untuk memastikan akurasi dan keabsahan data.

6. Penerbitan Nomor Register dan Tanda Tangan Akta Kelahiran

Setelah proses verifikasi dan validasi selesai, pejabat pencatatan sipil akan menerbitkan nomor register dan menandatangani akta kelahiran. Dokumen ini akan menjadi bukti resmi tentang kelahiran anakmu.

7. Tunggu Pemberitahuan melalui Email

Kamu akan menerima pemberitahuan melalui surat elektronik (email) yang akan memberi tahu kamu bahwa akta kelahiran telah diterbitkan dan siap untuk digunakan.

8. Cetak Akta Kelahiran

Dengan akta kelahiran yang sudah diterbitkan, kamu dapat mencetak kutipan akta kelahiran secara elektronik. Ini akan menjadi dokumen resmi yang dapat kamu gunakan dalam berbagai keperluan administratif.

Sebagai informasi, terhitung mulai 1 Juli 2020 cetak Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran tidak lagi menggunakan jenis security printing melainkan dengan kertas HVS spek A4 80 gram.

FAQ tentang Cara Membuat Akta Kelahiran Online

Berapa Biaya Pembuatan Akta Kelahiran?

Salah satu yang membuat para orang tua khawatir dalam membuat akta lahir adalah persoalan biaya.

Padahal, per 1 Januari 2014, pemerintah sudah membebaskan biaya administrasi untuk pembuatan akta kelahiran, KTP, KK, dan akta kematian.

Bahkan pemerintah juga mengancam pidana 2 tahun penjara atau denda seberat-beratnya Rp25 juta bagi petugas yang memungut biaya pembuatan akta kelahiran.

Jika dalam proses pembuatannya ada petugas yang minta biaya pendaftaran, hal tersebut termasuk pungutan liar.

Berapa Lama Pembuatan Akta Kelahiran Online?

Bukan hanya mudah, durasi proses pembuatan akta kelahiran online juga singkat.

Akta lahir selesai dibuat lima hari kerja sejak berkas diajukan.

Nantinya, kamu akan dikirimkan dokumen akta lahir lewat email terdaftar.

Jika dalam waktu lama akta lahir belum juga diterbitkan, datangi kantor dukcapil setempat.

Apa Saja Syarat Bikin Akta Kelahiran Terlambat?

Pembuatan akta kelahiran harus dilakukan maksimal 60 hari sejak kelahiran.

Jika terlambat, pencatatan dan penerbitan akta lahir baru bisa dilakukan jika sudah mendapatkan keputusan dari kepala dinas pelaksana setempat.

Terdapat pula denda membuat akta kelahiran terlambat paling banyak Rp1 juta, tergantung aturan daerah masing-masing.

Maka dari itu segeralah membuat akta lahir supaya tidak kena denda.

Itu dia cara membuat akta kelahiran online yang mudah untuk kamu lakukan.

Jika kamu ingin tutorial melalui video, berikut cara membuat akta kelahiran online secara mendetail yang bisa kamu tonton:

***

Semoga artikel cara bikin akta kelahiran online dapat bermanfaat ya Property People!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Ikuti juga Google News Rumah123.com untuk mendapatkan update berita terbaru dari kami!

 


Tag: ,


Kartika Ratnasari

Content Editor

Kartika Ratnasari adalah seorang Content Editor untuk Berita 99 dan Artikel Rumah123. Ia telah berkecimpung di dunia penulisan sejak tahun 2016. Lulusan Komunikasi UI ini sering menulis di bidang properti, keuangan, dan lifestyle.
Selengkapnya