Hunian yang Didesain oleh MM++ Architects (Rumah123/Curbed)

Masalah rumah sempit banyak terjadi di seluruh negara. Apalagi kalau negara berkembang seperti Indonesia, Vietnam, dan lainnya.

Rumah mikro ini berada di Ho Chi Minh City, Vietnam. Rumah ini berada di kawasan padat yang bernama Hem.

Baca juga: Rumah Prefabrikasi Ini Bisa Dipasang dalam 5 Jam, Mau Punya Ga?

Wilayah ini dipenuhi oleh rumah sempit. Sebenarnya, area ini kurang layak menjadi tempat tinggal karena kumuh dan padat. Kawasan sekitar rumah ini mengingatkan pada kondisi serupa di Jakarta ya.

Namun, biro arsitek Vietnam, MM++ Architects bisa mendesain sebuah hunian yang berada di atas lahan sempit. Luas lahan hanya 32 meter persegi, 4x8 meter. Ukurannya juga tidak beraturan.

Baca juga: Rumah 40 Meter Persegi Ditempati 3 Keluarga? Masih Muat Lho!

Biro arsitek mendesain rumah ini menjadi empat lantai plus satu lantai sebagai teras. Alhasil, rumah ini pun menjadi lega dan bisa mengakomodasi empat penghuninya.

Lantai pertama menjadi akses masuk dan menjadi dapur dan ruang makan. Sementara lantai kedua berisi ruang duduk. Ruang kamar berada di dua lantai teratas.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Keren Selebar Hanya 2,5 Meter?

Tangga yang menghubungkan tiap lantai menjadi area sirkulasi udara. Selain itu, pada bagian fasad ada sejumlah kayu yang berfungsi sebagai ventilasi udara dan cahaya.

Jika melihat interior rumah yang modern minimalis ini, nggak akan menyangka kalau rumah keren ini berada di kawasan kumuh dan padat penduduk. Kamu mau mendesain hunian serupa kalau punya luas tanah yang sama?

Baca juga: Nih, Rumah Mikro Ala London yang Bisa Jadi Solusi Untuk Milenial Indonesia

Hunian yang Didesain oleh MM++ Architects (Rumah123/Curbed)
Bagikan: 7030 kali