Selain pakaian, banyak barang yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci - Rumah123.com Selain pakaian, banyak barang yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci - Rumah123.com

Apa yang kamu lakukan selama ini dengan mesin cuci-mu? Sebagian besar dari kamu pasti akan menjawab untuk mencuci baju. Mulai saat ini, kamu akan tahu bahwa benda tersebut tak hanya berfungsi untuk membersihkan pakaian saja.

Ada banyak hal yang bisa dibersihkan di sana! Daripada kamu repot-repot mencuci benda-benda ini secara manual, sebaiknya langsung saja masukkan ke dalam mesin cuci milikmu. Eits, tapi jangan sampai keliru ya dalam membersihkannya. Perhatikan tips-tips di bawah ini juga supaya benda yang dicuci tetap awet. 

Bantal dan guling

Mungkin kamu sudah cukup sering mencuci sarung guling dan bantal. Tapi, apakah kamu pernah mencuci bagian dalamnya? Keringat tubuh yang keluar ketika kamu tidur tak hanya menempel pada sarung, tapi juga menyerap hingga ke bagian dalam bantal dan guling. Bantal dan guling yang lembab menjadi tempat favorit bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Untuk itu, segera cuci bantal dan gulingmu sekarang juga di mesin cuci. Untuk hasil yang maksimal, cuci secara rutin setiap 3 bulan sekali. 

Tirai shower kamar mandi

Tirai shower hampir selalu berada dalam keadaan basah. Gak heran, tirai yang jarang diganti akan berlendir dan berjamur. Tentunya hal ini bisa jadi sumber penyakit jika terus dibiarkan. Mulai sekarang, jangan malas untuk rutin mencuci tirai shower kamar mandi. Gak perlu pakai tangan kok! Gunakan mesin cuci supaya kamu makin mudah. Cuci tirai pada suhu 30 derajat, dan berikan deterjen layaknya kamu mencuci pakaian. Tirai kamar mandi pun bisa kembali bersih dan putih.

Mainan lego

Yap, kamu juga bisa mencuci mainan anak yang satu ini menggunakan mesin cuci! Untuk menghindari rusaknya lego dan rusaknya mesin cuci, masukkan terlebih dahulu kepingan legi ke dalam tas laundry atau sarung bantal. Pastikan bahwa sarung ditutup dengan rapat menggunakan karet gelang. 

Baca juga: Cuma Modal Baking Soda, 9 Benda di Rumah Ini Bisa Langsung Bersih!

Matras yoga

Walaupun tak seekstrem olahraga lain, tapi olahraga yoga juga mengeluarkan keringat. Tanpa kamu sadari keringatmu saat berolahraga terserap ke dalam matras yoga. Apabila tak kunjung dibersihkan, keringat yang terkumpul tersebut bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri. Mulai sekarang, cucilah matras yoga-mu menggunakan mesin cuci yang diisi air dingin.

Karpet mobil

Merasa terganggu dengan karpet mobil yang berlumpur dan berdebu? Kalau kamu mau berhemat, cukup bersihkan karpet mobil di mesin cuci, gak perlu repot-repot membersihkannya di tempat cuci mobil. Pertama-tama, buang sisa lumpur atau debu di atas karpet hingga bersih. Lalu, cuci pada suhu 30 derajat menggunakan deterjen biasa. Lakukan hanya saat karpet kotor saja. Hindari mencucinya terlalu kering karena akan membuat karpet cepat rusak.

Karpet ruang tamu

Apabila karpet di ruang tamu rumahmu tak berukuran besar, dan terbuat dari bahan katun atau serat sintetis, tak masalah mencucinya di mesin cuci. Gunakan siklus sedang, dan cuci dengan air dingin beserta deterjen pakaian. Apabila karpet tersebut memiliki karet di bagian bawahnya, hindari mencucinya dengan cara ini. 

Sepatu putih

Punya sepatu putih yang berbahan dasar kanvas atau nilon? Maka tak masalah untuk mencucinya di mesin cuci! Gunakan air dengan suhu 20 derajat, dan cukup tuang sedikit deterjen ke dalamnya. Setelah itu, sepatu putih-mu pun akan kembali kinclong seperti saat pertama kali beli. Namun, pastikan tak mencuci sepatu olahraga ya kalau gak mau mesin cuci-mu rusak!

Kepala kain pel

Lantaran digunakan untuk mengepel lantai yang kotor, otomatis kepala kain pel pun ikut kotor. Untuk itu, benda satu ini juga harus sering-sering dicuci. Kamu bisa kok mencucinya dengan mesin cuci. Asal jangan lupa untuk memasukkan kepala kain pel ke dalam kantong kain sehingga tak tersangkut ke dalam mesin cuci itu sendiri. Cuci dengan suhu 60 derajat untuk mendapatkan hasil maksimal.

Tas ransel

Kebanyakan orang memilih untuk mencuci tas ransel secara manual menggunakan tangan. Namun hal ini akan menjadi pekerjaan tambahan, apalagi jika kamu masih punya setumpuk cucian lainnya. Coba deh gunakan mesin cuci untuk membersihkan tas ranselmu yang kotor. Apabila ranselmu berbahan dasar polyester, kanvas, satin, atau denim, maka ranselmu bisa dicuci menggunakan mesin. Gunakan mode pencucian ringan, dan gunakan siklus pencucian singkat. Setelah itu, bilas dan dan keringkan seperti biasa.

Boneka

Anak-anak biasanya membawa boneka hingga mereka tidur. Maka dari itu, sangat penting untuk mencuci bonekanya secara rutin. Gunakan deterjen cair berkualitas, pilih siklus cuci delicate (biasanya berlogo baju bayi) atau handwash (berlogo tangan) dengan air dingin. Hindari air panas agar bahan boneka tetap awet. Ingat untuk mencuci boneka dengan cucian lain berwarna senada untuk menghindari noda luntur.

Bagikan: 1354 kali