Manfaat baking soda tak sekadar untuk memasak kue, melainkan juga membersihkan rumah - Rumah123.com Manfaat baking soda tak sekadar untuk memasak kue, melainkan juga membersihkan rumah - Rumah123.com/Getty Images

Kamu salah besar kalau mengira manfaat baking soda sekadar untuk memasak kue saja. Hanya bermodalkan bubuk ajaib ini, kamu bisa membersihkan seluruh ruangan dan benda kotor di rumah! Kamu gak perlu lagi deh mengeluarkan banyak uang untuk membeli berbagai jenis pembersih ruangan ketika kamu sudah tahu kekuatan dari baking soda berikut ini.

Mengenal kandungan pada baking soda

Sebelum beranjak ke manfaat baking soda, sebaiknya ketahui dulu kandungan di dalamnya. Baking soda memiliki nama lain natrium bikarbonat dan dikategorikan sebagai garam. Coba saja kamu rasakan bubuk baking soda, rasanya seperti garam, namun dengan versi lebih ringan. Sama seperti garam, baking soda adalah senyawa netral yang terbentuk dari ion bermuatan positif atau kation, dan ion bermuatan negatif atau anion. 

Berbicara tentang ion, baking soda pH-nya lebih tinggi dari netral. Artinya, zat ini sedikit basa, kebalikan dari asam. Karenanya baking soda merupakan zat pembersih yang baik. Senyawa kimia satu ini kini sering digunakan untuk membantu adonan kue mengembang. Namun tahukah kamu bahwa penggunaan baking soda sudah berlangsung selama ribuan tahun. Sejak 3.500 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan baking soda sebagai zat pembersih dan pengering tubuh dalam proses mumifikasi.

Manfaat baking soda untuk membersihkan barang-barang

Melihat fakta seputar baking soda di atas, gak heran ya partikel bubuk putih ajaib ini bisa membersihkan banyak sekali barang di rumah? Apa saja sih barang yang bisa dibersihkan oleh baking soda?

Membersihkan sisir

Supaya berumur lama, sisir harus rutin dibersihkan paling tidak sebulan sekali. Campur dua gelas air hangat dan satu sendok teh baking soda, rendam sisir selama satu jam, bilas dan keringkan. 

Membersihkan sikat gigi

Jangan memasukkan bakteri jahat ke mulutmu melalui sikat gigi yang kotor. Bersihkan sikat gigimu, terutama bagian kepalanya dengan campuran baking soda. Caranya campurkan ¼ bubuk baking soda dan ¼ gelas air, rendam sikat gigi semalaman, bilas keesokan paginya. 

DIY pembersih keramik kamar mandi

Buat larutan pembersih keramik kamar mandi dengan bermodalkan baking soda. Campurkan ¼  cangkir baking soda dengan 1 sendok makan deterjen cair, tambahkan sedikit cuka agar teksturnya mengental. Cairan pembersih rumah pun jadi!

Mengatasi tempat cuci piring yang mampet

Sisa makanan dari piring sering membuat wastafel cuci piring mampet. Cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan baking soda. Taung ½ cangkir baking soda ke wastafel, lanjutkan dengan 2 cangkir cuka. Diamkan beberapa menit, dan kotoran yang menumpuk pada saringan akan luruh.

Menghapus noda teh dan kopi dari gelas

Partikel kristal pada baking soda dapat menghilangkan noda teh dan kopi dan mengembalikan warna asli gelasmu. Taburkan bubuk baking soda pada spons, dan gosok gelas selama beberapa saat. 

Menghilangkan bau tak sedap pada spons

Jangan buru-buru membuang spons yang berbau tak sedap. Rendam spons pada campuran baking soda dan air hangat, maka aroma tak sedap akan terserap oleh baking soda.

Menghilangkan bau busuk pada kulkas

Membuka kulkas menjadi kegiatan yang menyiksa jika aromanya busuk. Gak perlu beli pengharum kulkas, cukup letakkan semangkuk kecil baking soda di dalam kulkas, dan aroma busuk di dalamnya akan terserap sempurna. Jangan lupa ganti bubuk baking soda secara berkala.

Menghilangkan kerak hitam pada pantat panci

Membersihkan pantat panci yang berkerak hitam juga makin gampang dengan baking soda. Taburkan bubuk baking soda pada bagian pantat panci yang hitam, tambahkan air panas, diamkan selama 20 menit, dan baking soda akan membantu meluruhkan kerak hitam yang membandel sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. 

Mencerahkan pakaian putih yang menguning

Pakaian berwarna putih memang cenderung gampang menguning. Tak perlu buru-buru mengganti dengan yang baru, coba bersihkan dengan baking soda dulu. Campurkan 1 cangkir baking soda dengan deterjen biasa. Pakaian putih milikmu pun akan lebih cerah! 

Bagikan: 10326 kali