Seorang pria sedang membuka kulkas di rumahnya - Rumah123.com/Getty Images Seorang pria sedang membuka kulkas di rumahnya - Rumah123.com/Getty Images

Hampir setiap rumah pasti memiliki kulkas di dalamnya untuk menyimpan persediaan bahan makanan. Tapi tahukah kamu bahwa kulkas tak hanya berfungsi untuk menyimpan bahan makanan, melainkan juga menyimpan barang-barang di bawah ini sehingga lebih awet dan bisa bekerja dengan baik. Apa saja barang-barang yang dimaksud? Langsung saja, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Bunga segar

Dalam acara-acara tertentu, kamu bisa mendapatkan bunga segar dari orang tercinta. Jika dibiarkan di suhu udara normal, bunga tersebut akan cepat layu. Tentu sayang sekali kan? Apalagi harga bunga segar tidaklah murah. Agar usia bunga bisa lebih panjang, masukkan ke dalam lemari pendingin. Namun, pastikan temperatur kulkas tidak terlalu rendah sehingga suhunya tak terlalu dingin. Sebab, bunga segar malah akan cepat layu jika berada di suhu yang kelewat dingin. 

Kosmetik atau skin care homemade

Apakah kamu gemar membeli atau membuat sendiri kosmetik dan skin care homemade? Biasanya, kosmetik dan skincare homemade berbahan organik dan mentah. Jika disimpan di suhu ruangan, tentu akan cepat busuk. Sama seperti bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, skincare atau kosmetik organik pun harus disimpan di dalam lemari es. 

Lipstik

Apakah kamu punya koleksi lipstik favorit yang hanya digunakan di acara tertentu? Seiring waktu, minyak dan bahan-bahan lainnya yang terkandung dalam lipstik bisa terpapar udara panas sehingga cepat meleleh. Bentuknya pun akan berubah dan menjadi lebih cepat rusak. Untuk menghindari itu, kamu bisa menyimpannya ke dalam kulkas selama beberapa jam. 

Sunscreen

Di daerah tropis seperti Indonesia, khususnya di saat musim kemarau, membuat kualitas sunscreen berkurang. Menyimpan tabir surya di dalam kulkas adalah solusi yang tepat. Selain lebih awet, SPF yang terkandung di dalamnya juga bisa bekerja untuk melindungi kulit secara maksimal. 

Eyeliner

Beberapa kosmetik cair memiliki masa kadaluarsa tertentu, berbeda dengan kosmetik lainnya. Seperti eyeliner misalnya, masa gunanya dihitung beberapa bulan setelah kemasannya dibuka. Untuk bisa membuatnya bertahan lebih lama, kamu bisa meletakkannya di dalam kulkas. Jika kamu mau eyeliner bekerja dengan lebih baik, masukkan ke dalam kulkas 10 menit sebelum digunakan. Cara ini bisa membuat arna eyeliner semakin awet dan tajam. 

Cat kuku

Jika disimpan dengan cara yang tak benar, cat kuku akan menjadi cepat kering. Untuk menjaga kelembabannya, coba masukkan ke dalam lemari pendingin. Suhu dingin kulkas bisa menjadi solusi agar cat tetap lembab. Selain itu, cat kuku juga menjadi lebih mudah untuk diaplikasikan. Namun, pastikan kamu menyimpannya dalam waktu maksimal 1 bulan saja. Sebab jika terlalu lama diletakkan di dalam kulkas, cat kuku malah jadi membeku dan tak bisa digunakan lagi. Pastikan juga posisi cat berada dalam keadaan tegak saat berada di dalam kulkas.

Foundation

Foundation, seperti halnya lipstik, mengandung minyak. Seiring waktu, jika disimpan di suhu ruang, kandungan foundation akan terpisah dengan minyak sehingga hasilnya menjadi tak bagus. Solusinya, kamu bisa memasukkan foundation ke dalam kulkas agar tetap awet seperti pertama kali kamu membelinya.

Bagikan: 1476 kali