fala-atelier Rumah Tanpa Sekat Rancangan Fala Atelier, Portugal (Rumah123/Dezeen)

Apartemen studio sepertinya hal biasa. Sebuah ruangan luas tanpa sekat dan hanya ada kamar mandi yang memiliki dinding pemisah.

Namun, bagaimana dengan rumah tanpa sekat? Mungkin ini tidak biasa karena memang kurang lazim apalagi kalau rumah di Indonesia.

Baca juga: Interior Rumah ini Dipenuhi Keramik dan Gelas Kaca, Penasaran Kan Seperti Apa?

Rumah memiliki sekat berupa dinding atau partisi yang memisahkan satu ruangan dengan ruangan lainnya. Sementara kalau tanpa sekat?

Sebuah rumah tanpa sekat ternyata menarik juga lho, seperti yang dirancang oleh biro arsitek asal Portugal, Fala Atelier.

Baca juga: Kantor Bank Beralih Fungsi Jadi Kantor Arsitek, Luar Biasa Kan?

Awalnya, ruangan seluas 200 meter persegi ini adalah sebuah bengkel yang kemudian disulap menjadi rumah tanpa sekat.

Pasangan muda asal Portugal meminta Fala Atelier untuk mengubah bengkel menjadi tempat tinggal yang terbuka. Kebetulan pasangan ini memang memiliki dana terbatas.

Baca juga: Begini Nih, Kalau Pasangan Arsitek Mendesain Ulang Rumahnya

Permintaan kurang lazim ini bisa diwujudkan oleh Fala Atelier dengan menjadikan tempat tinggal yang keren.

Tidak ada dinding dalam rumah ini untuk menunjukkan ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, ruang makan, atau pun dapur. Untuk menandai area servis seperti dapur dan ruang makan hanyalah adanya meja marmer sebagai area dapur.

Baca juga: Punya Rumah Sempit? Tangga Kayu Seperti Ini Bisa Jadi Inspirasi Lho

Fala Atelier memasang tirai berukuran besar dan tebal sebagai penyekat ruangan. Saat ingin ada pemisahan ruangan, bentangkan tirai. Sebaliknya kalau ingin ruangan terlihat luas, tarik tirai ke bagian pinggir.

Nah, kamu ingin punya rumah yang luas seperti ini? Nggak ada salahnya mengambil ide dari rumah rancangan Fala Atelier ini.

Baca juga: Siapa Bilang Beton Ekspos Bikin Rumah Jadi Gelap? Lihat Dulu Dong

Kamu hanya perlu memasang tirai besar dan tebal sebagai sekat atau partisi rumah untuk memisahkan fungsi ruangan. Gampang banget kan?

Bagikan: 5914 kali