OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

BP Tapera Siap Bantu Pembangunan Rumah Subsidi di IKN untuk MBR

13 Desember 2023 · 3 min read Author: Alya Zulfikar · Editor: Ilham Budhiman

rumah subsidi di ikn

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur terus berlanjut dengan progres 60,3 persen per Desember 2023. Di tengah masifnya pembangunan IKN, akankah ada rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)?

Terkait rumah subsidi di IKN, Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Junaidi Abdillah mengatakan bahwa kebutuhan rumah sederhana bagi MBR di IKN diprediksi akan mengalami peningkatan seiring dengan rencana pemindahan ibu kota negara.

Nantinya, IKN tidak hanya akan dihuni oleh pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) saja, tetapi juga akan dikembangkan menjadi titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

Melansir detik.com, berikut ini informasi mengenai rencana rumah subsidi di IKN!

Rumah Subsidi di IKN untuk MBR

rumah subsidi di ikn

Sumber: detik.com

Menyoal rumah subsidi di IKN untuk MBR, Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) Adi setianto mengatakan pihaknya siap membantu pembiayaan pemilikan rumah untuk MBR.

Ia menuturkan bahwa di IKN sudah disiapkan kawasan khusus untuk dibangun perumahan bagi MBR.

“Kita siap membantu MBR kalau memang pindah ke sana, kami siap dengan fasilitas pembiayaannya,” tutur Adi dalam acara BP Tapera dalam Ekosistem Perumahan Indonesia, dikutip dari detik.com.

Gimana strateginya? Kami punya platform kalau mereka mendaftar menjadi peserta Tapera, diharapkan dengan platform itu kami intens dengan IKN, kami membantu masyarakat kalau nanti pindah ke IKN, kita sediakan pembiayaannya kalau mereka pingin punya rumah di sana, pingin tinggal di sana baik landed mupun yang high rise,” ungkpanya.

Adi juga mengatakan bahawa di IKN terdapat sekitar 400 hektare lahan yang disediakan oleh bank tanah atau land bank.

Namun, untuk jumlah rumah yang dibangun hingga lokasinya masih tergantung permintaan rumah yang didapatkan oleh BP Tapera.

“Kita kerja sama dengan land bank, pemerintah sudah membentuk land bank. Land bank itu di IKN ada 400 hektare. Baru dalam tataran lahan, kita kerja sama bagaimana pengembangannya, kawasannya di mana, untuk landed berapa, high rise berapa, itu semua nanti tergantung dari bagaimana BP Tapera menjaring demand yang ada di IKN. Diharapkan dengan demand itu, teman-teman land bank dan pengembang bisa menyediakan rumahnya,” kata Adi.

Adi optimistis untuk IKN karena sudah ada land bank-nya, sudah ada BP Tapera, dan sudah ada pengembangnya.

Dengan demikian, ia mengharapkan MBR yang tinggal di sana dapat memiliki rumah yang layak huni.

***

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu, Property People.

Baca artikel informatif lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Ikuti juga Google News Rumah123 untuk terus mendapatkan update terbaru.

Kalau sedang mencari hunian, cek rekomendasi terbaiknya hanya di www.rumah123.com.

Menemukan hunian yang pas di hati kini semudah itu karena kami #AdaBuatKamu!

**gambar cover: pu.go.id


Tag: , ,


alya

Content Writer

Berkarier di dunia kepenulisan sejak 2018 sebagai penulis lepas. Kini menjadi penulis di 99 Group dengan fokus seputar gaya hidup, properti, hingga teknologi. Gemar menulis puisi, memanah, dan mendaki gunung.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA