OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Program Bedah Rumah Kementerian PUPR Serap 998 Ribu Tenaga Kerja

17 Oktober 2022 · 2 min read Author: Christantio Utama

program bedah rumah kementerian pupr

Program bedah rumah yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR di seluruh Indonesia menyerap ratusan ribu tenaga kerja. Yuk, simak informasinya!

Pemerintah terus berupaya untuk membantu masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni.

Selain memberikan rumah bersubsidi, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah di seluruh Indonesia.

Bantuan ini tentunya bertujuan untuk memberikan keringanan bagi masyarakat yang mempunyai rumah kurang layak untuk ditinggali.

Pada waktu yang bersamaan, proses pelaksanaan BSPS berjalan bersama dengan program Padat Karya Tunai (PKT) yang melibatkan masyarakat setempat sebagai tenaga kerjanya.

Tentunya dengan kombinasi yang menguntungkan ini akan menambah manfaat yang terlaksana oleh  pemerintah kepada masyarakat luas.

Program Bedah Rumah Serap 998.808 Pekerja

program bedah rumah pemerintah serap tenaga kerja

Sumber: Solopos.com

Melansir postingan Twitter resmi Kementerian PUPR @KemenPU, Selasa (11/10/2022), program PKT BSPS telah memberdayakan 998.808 tenaga kerja sampai tanggal 7 Oktober 2022.

Bukan cuma itu, sebanyak 499.404 unit rumah di seluruh wilayah Indonesia telah tertangani melalui BSPS pada periode 2020-2022.

Hakikatnya, program BSPS bertujuan untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) sekaligus mendukung Penanganan Kemiskinan Ekstrem (PKE) sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022.

Program BSPS bertujuan guna mengatasi RTLH bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sementara program Padat Karya Tunai bertujuan agar masyarakat sekitar proyek bisa mendapatkan tambahan penghasilan di tengah ketidakpastian perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Dengan berjalannya secara beriringan kedua program tersebut, pemerintah berharap mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menjaga kesehatan masyarakat pada masa pandemi.

Fyi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan sebelumnya menargetkan dapat menyerap 379.797 tenaga kerja dalam program PKT tahun 2022.

Dari jumlah tersebut, rinciannya terdapat 372.344 tukang dan 7.453 tenaga pendamping masyarakat yang terserap.

Jika melihat pelaksanaannya, tentunya target tersebut sudah tercapai dan bahkan melampauinya.

***

Nah, itulah sedikit berita mengenai program bedah rumah yang melibatkan masyarakat setempat sebagai tenaga kerja.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Property People!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Norrington Suites Jakarta Utara.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com dan follow Google News Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA