OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Keren! Proyek Pembangunan IKN Serap 34 Ribu Tenaga Kerja Bersertifikasi

13 September 2022 · 2 min read Author: Christantio Utama

proyek pembangunan ikn

Proyek pembangunan IKN ternyata membuka peluang baru untuk setidaknya 34 ribu tenaga kerja tersertifikasi dan berpengalaman.

Proyek Pembangunan Ibu Kota Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur memberikan banyak hal positif bagi negara Indonesia dan masyarakatnya.

Selain menghadirkan banyak potensi perekonomian baru.

Pembangunan ini juga membuka lapangan pekerjaan yang sangat luas bagi tenaga kerja di Indonesia.

Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi pemerintah yang tengah berupaya bangkit pasca pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu.

Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita simak informasi singkat mengenai proyek pembangunan IKN berikut ini, melansir berbagai sumber.

Proyek Pembangunan IKN serap Puluhan Ribu Tenaga Kerja

PROYEK PEMBANGUNAN IKN TENAGA KERJA TERSERTIFIKASI

Sumber: Kementerian PUPR

Berdasarkan informasi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Konstruksi, Kementerian PUPR, Yudha Mediawan ketika menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, Rabu (31/8/2022), sampai bulan Agustus 2022, terdapat 34.652 tenaga kerja konstruksi (TKK) untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mendapatkan pelatihan dan tersertifikasi.

Lebih rincinya lagi, sebanyak 2.896 merupakan tenaga kerja konstruksi reguler, 1.535 tenaga kerja konstruksi reguler IKN, dan 30.221 tenaga kerja konstruksi reguler Vokasi.

Hal tersebut membuat target pemerintah yang mencanangkan adanya 56.090 tenaga kerja konstruksi reguler bersertifikasi tahun 2022 sudah mencapai angka 61,6%

Tujuan dari pelatihan dan sertifikasi TKK IKN tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) konstruksi yang terampil dan profesional.

TKK yang sudah lolos sertifikasi tahap pertama dapat bekerja di proyek-proyek infrastruktur PUPR di IKN.

Ini dipastikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah ketika dihubungi oleh media beberapa waktu yang lalu.

“Peserta akan diserap oleh Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) anggota Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) dan langsung bekerja di proyek-proyek Kementerian PUPR,” terang Zainal Fatah, melansir Kompas.com.

***

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai proyek IKN yang serap 34 ribu tenaga kerja bersertifikasi.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Property People!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co.

Kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik seperti di Norrington Suites Jakarta Utara.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA