pohon sri rejeki Pohon Sri Rejeki Menjadi Tanaman yang Paling Ampuh Menghilangkan Polusi di dalam Ruangan. Pohon Sri Rejeki Memiliki Nama Lain Aglaonema Atau Chinese Evergreen (Foto: Rumah123.com/Joyusgarden.com)

 

Pohon sri rejeki tidak hanya memiliki tampilan yang cantik, namun juga mempunyai sejumlah manfaat. Salah satunya menghilangkan polusi. 

Bagi yang suka memiliki tanaman atau bercocok tanam di rumah, pastinya kamu mempunyai koleksi pohon sri rejeki. 

Pohon sri rejeki memiliki nama latin Aglaonema untuk nama genusnya. Nama lainnya adalah Chinese Evergreen

Tanaman ini banyak ditemukan di Asia dan juga Papua Nugini. Tanaman ini tumbuh di kawasan tropis dan sub tropis. 

Laman mygardenforest.com pernah melansir bahwa pohon ini merupakan tanaman terbaik untuk pemula. 

Tanaman ini tidak manja. Kalau kamu sibuk, kam tidak perlu meluangkan waktu untuk merawatnya. 

Atau kamu baru pertama kali merawat tanaman, kamu tidak akan dipusingkan. Tanaman ini mudah ditanam termasuk di dalam ruangan. 

Saat baru tumbuh, pohon sri rejeki bisa ditempatkan di pot kecil yang bisa ditaruh di meja, rak, dan lainnya. 

Setelah cukup besar, tanaman ini dapat ditaruh di pot besar. Kamu bisa menaruhnya di samping lemari atau sofa. 

Chinese Evergreen ini juga tidak terlalu membutuhkan banyak sinar matahari. Jadi kamu tidak perlu repot membawanya keluar setiap saat. 

Baca juga: 8 Manfaat Memiliki Tanaman dalam Ruangan

Manfaat Pohon Sri Rejeki 

1. Tanaman ini bisa menyerap racun. Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA mengungkapkan aglaonema ini bisa menyerap racun berbahaya di udara terutama di ruang tertutup. 

Penelitian ini menjadi dasar riset terbaru mengenai tanaman dalam ruangan seperti pohon sri rejeki ini dan kemampuan membersihkan udara. 

Tanaman tidak memerlukan tenaga listrik seperti halnya alat pemurnian udara. Tanaman lebih alami, lebih efektif, dan memiliki efek terapi. 

Bagi kamu yang sering berada di ruang tertutup baik di rumah atau di kantor, tanaman Chinese Evergreen ini bisa menjadi pilihan. 

Bangunan modern biasanya memiliki sirkulasi udara yang buruk lantaran menggunakan pendingin udara. 

Kekurangan udara bersih membuat udara dalam ruangan berpotensi polusi. Ada dampak untuk kesehatan seperti asma atau sindrom sakit saat berada di gedung bertingkat. 

Selain itu, material bangunan, karpet, dan lainnya bisa mengandung racun. Senyawa kimia ini menyumbang 90 persen polusi udara di dalam ruangan. 

2. Meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Lantaran bisa menyerap racun, tanaman ini bisa meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

3. Meningkatkan perasaan dan produktivitas. Ada riset yang menyatakan kehadiran tanaman di dalam ruangan bisa meningkatkan produktivitas bekerja. 

4. Menambah konsentrasi dan daya ingat. Kalau kamu ingin memiliki konsentrasi yang bagus dan daya ingat yang baik, tempatkan tanaman aglaonema di dalam ruang kerja. 

5. Mengurangi stres dan kelelahan. Tanaman dengan daun berwarna hijau ini bisa bisa membuat bahagia, mengurangi stres, dan kelelahan. 

Kalau kamu rajin merawat tanaman di dalam ruangan setidaknya sepuluh menit dalam sehari, tingkat stres kamu akan berkurang. 

Baca juga: 4 Manfaat Memiliki Tanaman Hias Merambat di Rumah

Rekomendasi NASA untuk Menempatkan Pohon Sri Rejeki

NASA memberikan rekomendasi untuk menempatkan dua atau tiga pohon sri rejeki untuk setiap sembilan meter persegi. Pohon yang ditempatkan berukuran 20-25 cm. 

Tanaman aglaonema ini memang masuk sepuluh besar dalam tanaman di dalam ruangan yang bisa mengatasi polusi udara. 

Beberapa pohon memang memiliki kelebihan menghilangkan racun kimia dibandingkan tanaman yang lain. 

Racun yang ada di rumah biasanya datang dari obyek dan material seperti karpet, lem, oven, alat pembersih rumah tangga, serta material sintetis seperti plastik, fiber, dan karet. 

Keberadaan tanaman dalam ruangan seperti pohon sri rejeki bisa menghilangkan racun seperti benzena, karbon monoksida, formaldehyde, trichloroethylene, dan lainnya. 

Nah, tunggu apalagi? Saatnya kamu memiliki pohon sri rejeki di dalam rumah atau pun di luar rumah.

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Tanaman di Dalam Ruangan

Bagikan:
11342 kali