OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Pemerintah Bangun Bendungan Cibeet dan Cijurey untuk Mengendalikan Banjir di Wilayah Hilir Sungai Citarum

18 September 2023 · 2 min read Author: Insan Fazrul

Bendungan Cibeet dan Cijurey

Pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun dua bendungan di wilayah Jawa Barat untuk atasi banjir di kawasan hilir Sungai Citarum. Dua bendungan tersebut adalah Bendungan Cibeet dan Cijurey.

Melansir Instagram resmi PUPR, dua bendungan yang pengerjaannya dimulai pada September 2023 ini berfungsi untuk mengendalikan banjir di hilir sungai Citarum.

“Dua bendungan ini untuk pengendalian banjir di wilayah hilir Sungai Citarum di Muara Gembong, Karawang dan Bekasi. Diharapkan masyarakat bisa mendukung pembangunan ini untuk mengatasi banjir, yang nanti juga akan diikuti pembangunan sejumlah tanggul di wilayah hilir Citarum,” ungkap Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, melalui akun Instagram @kemenpupr.

Pada saat ini, bendungan Cibeet dan Cijurey sedang dalam tahap pengadaan lahan.

Pembangunan tahap konstruksi ditargetkan mulai digarap pada tahun 2024.

Sementara itu, Menteri Basuki mengungkapkan, bendungan ditargetkan selesai pada tahun 2027.

“Dengan begitu diharapkan kedua bendungan ini dapat selesai konstruksinya sesuai target kontrak pada tahun 2028 atau jika memungkinkan dipercepat rampung pada 2027,”  ujar sang menteri.

Latar Belakang Pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey

Bendungan Cibeet dan Cijure

Masih menurut sumber yang sama, latar belakang dibangunannya Bendungan Cibeet dan Cijurey salah satunya karena kejadian banjir besar di Citarum Hilir pada 2021 lalu.

Kala itu, banjir besar menyebabkan tanggul terkikis, limpas, dan jebol di lima lokasi. Salah satu yang terdampak besar ialah Desa Pebayuran Kabupaten Bekasi.

Pembangunan Bendungan Cibeet diharapkan mampu mereduksi banjir di hilir Citarum sebesar 66 persen.

Selain itu, Bendungan Cibeet diharapkan bisa jadi irigasi baru seluas 1.000 hektare, mengairi sawah eksisting 1037 hektare, menyuplai 5000 hektare lahan irigasi di Saluran Tarum, serta menghasilkan air baku sebesar 3.77 m3/detik dan PLTA sebesar 0.25 MW.

Sementara itu, Bendungan Cijurey diproyeksikan mampu mereduksi banjir di hilir Citarum sebesar 59,33 persen, mengairi irigasi seluas 561 hektere, serta bisa menghasilkan air baku sebesar 0.71 m3/detik dan PLTA sebesar 2×0.5 MW.

***

Itulah informasi tentang pembangunan bendungan Cibeet dan Cijurey yang bertujuan untuk mengatasi banjir di hilir Sungai Citarum, Jawa Barat.

Semoga bermanfaat, Property People.

Simak berita tentang properti lainya di artikel.rumah123.com.

Ikuti Google News dari Rumah123 supaya kamu ta ketinggalan berbagai informasi terbaru.

Grand Citra Residence jadi opsi tepat jika kamu sedang berburu hunian di daerah Cilodong, Depok.

Informasi lebih lengkap tentang perumahan ini bisa langsung dicek di Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Kunjungi sekarang juga!

***sumber foto: instagram.com/kemenpupr


Tag: , ,


insan

Content Writer

Sejak kuliah sudah aktif menulis di Pers Kampus. Usai lulus, Insan menjadi penulis lepas yang fokus dengan topik gaya hidup dan sepak bola. Kini, menulis di 99 Group dengan membahas properti, pendidikan, gaya hidup, hingga teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA