OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Pembangunan Program Sejuta Rumah Tembus 896.121 Unit hingga Triwulan III 2023

01 Nopember 2023 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

program sejuta rumah Tembus 896.121 Unit hingga Triwulan III 2023

Sumber: Surabayapagi.com

Pembangunan program sejuta rumah mencapai angka 896.121 unit. Dengan jumlah tersebut, pemerintah akan terus meningkatkan sektor properti!

Program Sejuta Rumah (PSR) menjadi program besutan pemerintah yang bertujuan untuk menyediakan rumah yang layak huni bagi masyarakat Indonesia. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, hingga triwulan III atau bulan September 2023, pembangunan PSR telah terealisasi hingga 896.121 unit. 

Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto.

“Capaian Program Sejuta Rumah tahun 2023 hingga bulan September atau triwulan III mencapai 896.121 unit,” ujar Iwan Suprijanto dilansir dari laman Bisnis.com

Adapun, pembangunan tersebut merupakan pembangunan hunian yang dikhususkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebanyak 771.753 unit dan 124.368 unit. 

Capaian pembangunan program sejuta rumah tersebut tentunya menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia karena ketersediaan unit hunian semakin bertambah. 

Pemerintah Akan Terus Mendorong Sektor Properti dan Pembangunan Rumah

pembangunan program sejuta rumah triwulan iii

Sumber: Kompas.com

Iwan mengatakan bahwa pemerintah hingga saat in juga terus berupaya untuk mendorong sektor properti dari sisi supply atau pasokan. 

Langkah yang dilakukan yakni dengan menerapkan sejumlah kebijakan untuk sektor perumahan.

Kemudian, terdapat juga upaya untuk melakukan program kolaborasi dalam pemenuhan rumah layak huni dengan para stakeholder perumahan, salah satunya lewat program sejuta rumah. 

Pembangunan program sejuta rumah sendiri adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibuat oleh Presiden Joko Widodo sejak tahun 2015 silam. 

Tujuan dilaksanakannya program ini ialah sebagai upaya percepatan dan kolaborasi antara pemerintah dengan mereka yang berkecimpung di bidang pembangunan perumahan.

Baik dalam hal penyediaan maupun pembiayaan. 

Menurut Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Perumahan Fitrah Nur, dari data yang diperoleh jumlah capaian pembangunan program sejuta rumah untuk hunian MBR sebanyak 771.753 unit. 

Jumlah tersebut merupakan pembangunan yang dilaksanakan langsung oleh Kementerian PUPR (351.057 unit), kementerian atau lembaga lain (19.289 unit), dan pemerintah daerah (37.569 unit). 

Sedangkan, pembangunan rumah yang dilakukan oleh pengembang non-FLPP angkanya mencapai 323.714 unit, CSR 1.285 unit, dan masyarakat sebanyak 38.839 unit. 

Di sisi lain, untuk hunian yang tidak diperuntukkan untuk MBR pembangunannya mencapai 124.368 unit. 

Dari jumlah tersebut, 46.238 unit di antaranya adalah pembangunan rumah oleh pengembang non MBR dan 78.130 unit dari masyarakat sendiri. 

“Kami akan terus berkoordinasi dengan para stakeholder bidang perumahan untuk pendataan realisasi pembangunan rumah untuk masyarakat di daerah. Selain itu, juga mendorong Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) untuk melakukan input dan validasi data tersebut,” ungkap Fitrah dikutip dari Bisnis.com.

***

Itulah informasi lengkap seputar capaian program sejuta rumah pada triwulan ke-III.

Baca juga ulasan lain mengenai kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Untuk mendapatkan berita terbaru, ikuti terus Google News kami, ya.

Sedang mencari hunian di kawasan Tangerang? Cek selengkapnya dalam laman Rumah123 dan dapatkan berbagai penawaran menarik karena kami selalu #AdaBuatKamu!


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA