Walau jadi material primadona dalam dunia konstruksi, ternyata ada beberapa klasifikasi mutu beton yang memiliki fungsi berbeda. Yuk pelajari selengkapnya!

mutu beton

Bahan bangunan berupa beton memang jadi primadona favorit untuk menciptakan berbagai struktur, tidak hanya bangunan hunian saja, tapi juga jalanan, saluran air, hingga area parkir kendaraan. 

Dalam dunia konstruksi, mutu beton dibagi dalam beberapa kategori yang berdasarkan kekuatan serta fungsinya. 

Mari simak penjelasan lengkapnya di sini! 

Kelas dan Klasifikasi Mutu Beton 

Mutu beton merupakan informasi yang dipakai untuk mengetahui kualitas, kekuatan, dan karakteristik dari beton dinyatakan dalam satuan angka dan huruf, yakni K, FC, dan lainnya. 

Di Indonesia, informasi mengenai mutu beton digunakan dalam bentuk satuan K yang melambangkan kuat tekanannya per cm2. 

Selain satuan huruf K tadi, kualitas dan mutu beton juga dikategorikan lagi menjadi beberapa tingkatan mulai dari K-100 sampai K-500. 

Angka di depan tersebut adalah daya tahan untuk kategori tersebut, contohnya K-100 berarti minimum kekuatannya adalah 100 kg/cm2. 

Kategorisasi ini diatur oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan pembagian kualitas beton menjadi tiga kelas, yakni: 

1. Mutu Beton Kelas I 

Kelas yang paling rendah dengan penggunaan di bidang pekerjaan non struktural yang dalam pelaksanaannya tidak memerlukan keahlian atau kemampuan khusus. 

Dalam pekerjaan konstruksinya, kelas beton ini tidak mengandung secara langsung unsur struktural berupa besi sebagai bahan penulangan cor. 

Sehingga dalam pengawasan penggunaannya relatif lebih ringan dengan batasan monitoring yang terfokus pada kualitas bahan-bahan pembuatannya saja, tanpa perlu ada tahapan pemeriksaan lanjutan untuk mengecek kekuatan tekanan.

Kelas beton yang paling bawah ini terdiri K-100, K-125, K-150, K-175 dan K-200, dengan penggunaan pada konstruksi jalanan atau jenis pondasi kolom.     

2. Mutu Beton Kelas II 

Selanjutnya ada beton kelas menengah yang sering digunakan dalam berbagai jenis pekerjaan struktural secara umum. 

Sesuai dengan penggunaannya, mutu beton ini dibedakan dengan kandungan penulangan besi dalam proses pengadukan campuran cor. 

Pekerjaan lain yang juga turut memanfaatkan kelas struktural termasuk penyusunan rangka struktur baja, bekisting, finishing concrete, pasangan bata, dan lainnya. 

Penggunaannya memerlukan keahlian yang memadai dan harus berada dibawah pimpinan para ahli konstruksi yang sudah berpengalaman menangani proyek yang memakai kategori menengah.  

Beberapa kategori yang masuk dalam kelas ini yaitu K-225. K-250, dan K-275. 

Aplikasinya sendiri lumrah digunakan jika kamu tertarik untuk membuat rumah bertingkat dua atau tiga yang memerlukan konstruksi khusus. 

3. Mutu Beton Kelas III

Mutu beton yang paling tinggi terdapat di kelas III dengan penerapan pada pekerjaan-pekerjaan struktural yang lebih tinggi dari K-225. 

Disebut juga sebagai beton prategang dengan campuran utama berupa baja untuk mengatasi kelemahan dari bahan concrete yang memiliki kemampuan menahan tekanan tinggi namun dengan daya tarik yang rendah. 

Sifat baja yang dikenal dengan kekuatan tarik tinggi mampu menciptakan kombinasi yang kuat secara struktural terhadap beban tekanan serta bebas tarik. 

Tak heran jika dalam penggunaannya dibutuhkan keahlian khusus serta mesti dilakukan di bawah kendali pimpinan oleh para profesional yang berpengalaman. 

Tidak hanya itu, syarat lain yang juga harus dipenuhi ketika akan menggunakan mutu beton tertinggi ini adalah kehadiran laboratorium konstruksi khusus yang dilengkapi peralatan canggih serta dilayani oleh tenaga ahli sesuai ketetapan yang dikeluarkan oleh SNI. 

Pengawasan proyek pengerjaan pada tingkat ini juga sangat ketat dan dilakukan secara terus-menerus. 

Kelas III ini meliputi K-325,K-350, K-375, K-450 dan K-500 yang biasanya diterapkan untuk konstruksi area parkir kendaraan berat seperti truk tronton, saluran drainase, sampai landasan pesawat. 

Itu dia berbagai mutu beton yang ada dan sering digunakan dalam berbagai proses konstruksi. 

Yuk simak informasi menarik lainnya seputar dunia properti di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaru di Podomoro Golf View!

Bagikan:
1074 kali