Keutamaan Surat Ar Rahman

Sebagai salah satu surat penting, ada banyak keutamaan surat Ar Rahman yang perlu kamu ketahui. Simak berbagai keutamaan yang baik untuk kemaslahatan di sini!!

Dari seratus empat belas surat pada Al-Qur’an, ada banyak surat populer yang menjadi pedoman hidup, tak terkecuali Ar-Rahman.

Pasalnya, keutamaan surat Ar Rahman sering dikaji dalam berbagai kesempatan peribadatan maupun aktivitas keagamaan.

Dalam berbagai riwayat hadis Rasulullah SAW, ada berbagai keutamaan surat Ar Rahman yang memberikan berkah dan rahmat bagi semesta alam.

Lantas, apa saja keutamaanya? Simak pembahasannya bersama-sama!

Surat Ar Rahman dan Asbabun Nuzul 

Berdasarkan garis besar, surat Ar Rahman adalah surat ke 55 dengan total jumlah 78 ayat.

Surat ini memiliki makna kasih sayang kepada seluruh makhluk di dunia dan kasih sayang untuk makhluk di akhirat.

Kata Ar-Rahman dibentuk dari kata dasar Ar-rahmah (kasih sayang) namun dengan bentuk kata mubalaghah (bentuk kata yang menunjukkan makna sangat atau sering). 

Secara umum penekanan surat Ar-Rahman penekanannya lebih kuat daripada Ar-Rahim.

Ada beberapa riwayat yang memiliki keterikatan dengan keutamaan surat Ar Rahman, diantaranya adalah : 

وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اسْجُدُوا لِلرَّحْمَٰنِ قَالُوا وَمَا الرَّحْمَٰنُ أَنَسْجُدُ لِمَا تَأْمُرُنَا وَزَادَهُمْ نُفُورًا

Dan apabila dikatakan kepada mereka, ‘Sujudlah kalian sekalian kepada yang Maha Penyayang (Ar-Rahman)!”, Mereka menjawab, “Siapakah yang Maha Penyayang (Ar-Rahman) itu?

Apakah kami akan sujud kepada Rabb Yang kamu perintahkan kami (bersujud kepada-Nya)?” Dan (perintah sujud itu) menambah mereka jauh (dari iman).” (Q.S. Al-Furqan: 60)

Surat ini juga menjadi jawaban perkataan kaum kafir di Mekah saat mengatakan, “Sesungguhnya Al-Qur’an itu diajarkan oleh seorang manusia.” sebagaimana pada ayat : 

 وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّهُمْ يَقُولُونَ إِنَّمَا يُعَلِّمُهُ بَشَرٌ لِسَانُ الَّذِي يُلْحِدُونَ إِلَيْهِ أَعْجَمِيٌّ وَهَٰذَا لِسَانٌ عَرَبِيٌّ مُبِينٌ

Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata: ‘Sesungguhnya Al-Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad).’ 

Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa Muhammad) belajar kepadanya bahasa ‘Ajam (selain Arab), sedang Al Quran adalah dalam bahasa Arab yang terang.” (Q.S.  An-Nahl: 103)

Keistimewaan Surat Ar Rahman 

Surat Ar Rahman Qur'an Sumber : Republika

Ada beberapa keistimewaan dan keutamaan surat Ar Rahman yang perlu kamu ketahui, sebagai bagian dari menyempurnakan proses ibadah.

1. Diriwayatkan bahwasanya satu kali Rasulullah SAW membacakan surat ini kepada jin dan mereka tidak mendustakan kenikmatan yang Allah berikan kepada mereka.

Dari Jabir bin ‘ Abdillah Radhiyallahu anhu, dia berkata : 

Rasulullah SAW keluar untuk menemui para sahabat, kemudian beliau membacakan surat Ar Rahman kepada mereka dari awal hingga akhir surat. Mereka terdiam, kemudian beliau berkata : 

“Saya telah membaca surat ini kepada para jin di malam pertemuan dengan jin, kemudian mereka lebih baik responnya daripada kalian. 

Ketika saya membaca ayat, (yang artinya, “Maka nikmat-nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian berdua dustakan?” Mereka menjawab, “Tidak ada sesuatu apapun dari nikmatmu wahai Rabb kami yang kami dustakan, untuk-Mu segala pujian.

2. Surat ini diawali dengan nama Allah Ar-Rahman. Tidak ada surat dalam Al-Qur’an yang diawali dengan nama Allah Azza wa Jalla kecuali surat ini.

3. Dalam surat Ar-Rahman terdapat ayat yang diulang sampai 31 kali yakni : 

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Bentuk pengulangan ini adalah sebagai pengingat, serta pemahaman bahwa nikmat Allah Azza wa Jalla berikan sungguh banyak dan tak terhitung.

Untuk itu, sewajarnya mukmin tersadar dan mengingat ketika membaca ayat ini tersadar betapa banyak karunia Allah yang telah diberikan kepada umat manusia, baik disadari maupun tidak.

4. Disebutkan berbagai macam nikmat Allah yang diberikan kepada hambanya, pada surat ini Allah juga menyebutkan sifat neraka dan beberapa sifat surga.

Ini merupakan kenikmatan yang sangat besar yang Allah berikan kepada seluruh umat manusia di muka bumi, dan kenikmatan yang menakjubkan untuk orang-orang beriman di hari akhir.

Berbagai Keutamaan Surat Ar Rahman yang Perlu Kamu Tahu 

Bagi siapa yang membaca Ar Rahman dan membaca surat Al-Qur’an lainnya maka ia akan memperoleh berbagai kebaikan antara lain : 

1. Setiap hurufnya akan diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan yang penuh makna.

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.”

2. Keutamaan surat Ar Rahman menjadi salah satu perdagangan yang tidak pernah merugi

الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ   .29

لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ .30

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. 

“Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” 

(QS. Fathir: 29-30).

Al-Imam As-Syaukani mengatakan dalam tafsirnya Fathul Qadir : 

أي: يستمرّون على تلاوته ، ويداومونها

“Maksudnya adalah terus menerus membacanya dan menjadi kebiasaannya”

4. Memperoleh syafaat sebagai salah satu keutamaan surat Ar-Rahman :

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 

“Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya”. (HR. Muslim)

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang keutamaan surat Ar Rahman sebagai surat yang penuh makna dan keberkahan untuk mengaji di rumah.

Temukan informasi menarik lainnya seputar inspirasi properti masa kini terlengkap, hanya di artikel.rumah123.com.

Kamu juga bisa cari rumah impian seperti Orchard Park Batam hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
510 kali