manfaat membaca surat yasin

Banyak orang senang membaca Yasin karena surat ini memiliki banyak manfaat. Simak keutamaan dan manfaat membaca surat Yasin di sini!

Surat Yasin adalah surat yang paling banyak dibaca oleh orang Indonesia.

Hal tersebut karena surat ini memiliki banyak keutamaan dan termasuk salah satu surat Al-Qur’an yang istimewa.

Mau tahu apa saja manfaat dari membaca surat Yasin?

Simak saja penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Yasin

sumber: suara.com

1. Menjadi Surat Istimewa di Al-Qur’an

Manfaat membaca surat Yasin pertama adalah surat ini merupakan surat istimewa dalam Al-Qur’an.

Surat Yasin memiliki kedudukan istimewa karena disebut sebagai jantung dari Al-Qur’an.

"Setiap sesuatu ada jantungnya. Jantungnya Al-Quran adalah Surat Yasin. Siapa yang membaca Surat Yasin, Allah menulis baginya pahala seolah-olah ia telah mengkhatamkan sepuluh kali Al Quran." (HR. Darimi dan Tirmidzi)

2. Mengampuni Dosa Jika Dibaca di Malam Jumat

Manfaat membaca surat Yasin berikutnya adalah bisa mengampuni dosa pembacanya.

Menurut ketentuan Rasulullah saw. surat ini sebaiknya dibaca ketika malam Jumat.

“Barangsiapa membaca Yasin di hari dan malam Jumat dengan mengharap rida Allah, diampuni dosanya.” (HR. Asbahaani)

3. Meningkatkan Keimanan dan Pahala Pembacanya

Membaca surat Yasin juga bisa meningkatkan keimanan dan pahala pembacanya.

Orang yang memahami arti dari surat Yasin maka tahu betapa besarnya keagungan Allah Swt.

Hal ini pastinya akan membuat siapapun akan menjadi lebih beriman.

4. Bisa Membuat Seseorang Mati Syahid

Manfaat membaca surat Yasin terakhir adalah bisa membuat seseorang mati syahid.

Hal ini tertulis dalam hadis dari Anas bin Malik.

Rasulullah bersabda:

“Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR At-Thobroni)

Doa setelah Baca Yasin dan Artinya

beragam doa setelah baca yasin sumber: iqra.id

Agar kamu mendapatkan seluruh keutamaan dari surat Yasin, pastikan kamu juga membaca doa setelah membaca surat ini.

Berikut adalah doa setelah baca Yasin beserta artinya:

Allahumma inna nastahfidzhuka wa nastaudi'uka diinana wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai'in a'thaitanaa.

Allahummaj'alnaa wa iyyaa hum fii kanafika wa amaanika wa jiwaarika wa 'iyaadzika min kulli syaithaanim mariid wa jabbaarin' aniid wa dzii 'ainin wa dzii baghyin wa min syarri kulli dzii syarrin innaka 'alaa kulli syai'in qadiir.

Allahumma jamilnaa bil'aafiyati was salaaati wa haqqiqnaa bit taqwaa wal istiqaamati wa a'idznaa min muujibaatin nadaamati innaka samii'ud du'aa'i.

Allahummaghfirlanaa wa li waalidiina wa li aulaadinaa wa li masyaa-yikhinaa wa li ikhwaaniaa fiddiini wa li ashhaabinaa wa ahbaabinaa wa liman ahabbanaa fiika wa liman ahsana ilainaa wa lil mukminiina wal mukminaati wal musliminiina wal muslimaati ya rabbal 'aalamiin.

Wasalallahumma ala abdika warasulika saiyadinaa wamaulanaa muhammadin wa ala lihi wasabihi wasallam. war zuqna kamalal mutaba'ati lahu dhohiron wa bathinan fi 'afiyatin wa salamatin birohmatika ya arhamar rohimina.

Arti dari doa setelah baca Yasin:

"Ya Allah, sesungguhnya kami mohon pemeliharaan-Mu dan kami menyerahkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta-harta kami dan segala yang telah Engkau berikan kepada kami.

Ya Allah, jadikanlah kami dan juga mereka berada di dalam pemeliharaan-Mu, keamanan-Mu dan perlindungan-Mu dari setiap gangguan setan pendurhaka, orang-orang takabur yang keras kepala, orang yang mempunyai pandangan jahat, kezaliman dan daripada kejahatan setiap orang yang mempunyai kejahatan. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, perindahkanlah kami dengan keselamatan dan kesejahteraan. Karuniakanlah kepada kami ketakwaan dan istiqomah. Lindungilah kami dari perkara-perkara yang menyebabkan kami mendapat penyesalan. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar sesuatu doa.

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara seagama kami, sahabat-sahabat karib kami, orang-orang yang mencintai kami karena Engkau, orang-orang yang pernah berbuat baik kepada kami, dari kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat, wahai Tuhan yang mengatur alam semesta.

Ya Allah, curahkanlah rahmat dan keselamatan kepada hamba-Mu dan utusan-Mu, junjungan kami dan tuan kami Nabi Muhammad saw., keluarganya dan para sahabatnya. Karuniakanlah kepada kami kesempurnaan mengikuti ajarannya, secara dhahir dan batin, di dalam kesejahteraan dan keselamatan dengan kasih sayang-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih sebaik-baik yang mengasihi."

Semoga bermanfaat.

Dapatkan informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com.

Kamu pun dapat mengakses seluruh informasi yang berkenaan mengenai properti, baik pencari atau penjual sebab rumah123.com memang selalu #AdaBuatKamu.

Golden Hills dapat dijadikan pilihan tepat sebagai hunian nyaman di daerah Bogor, Jawa Barat.

Jangan lupa untuk menemukan rekomendasi hunian terbaik lainnya hanya di Rumah123.com dan www.99.co/id.

Bagikan:
280 kali