keutamaan membaca al quran

Pahami keutamaan membaca Al Quran yang bisa didapat umat muslim, pastinya bikin hidup jadi lebih baik. Yuk, mulai lakukan kebiasaan baik ini.

Membaca kitab suci Alquran merupakan ibadah yang mempunyai banyak keutamaan bagi seorang muslim.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-quran maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya."

Namun, sebelum mengetahui sejumlah manfaat dan keutamaan membaca Al Quran, ketahui dahulu yuk adab-adab membaca kitab suci tersebut.

Adab-Adab Membaca Al Quran yang Harus Kamu Perhatikan

keutamaan membaca al quran

Mengutip dari laman Rumaysho.com, terdapat sejumlah adab yang perlu diperhatikan pada saat membaca Al Quran.

1. Hendaklah membaca Al-Quran dengan niat ikhlas, mengharapkan ridha Allah, bukan berniat ingin cari dunia atau cari pujian.

2. Disunahkan mulut dalam kondisi bersih. Kamu bisa menggosok gigi terlebih dahulu dengan pasta gigi atau siwak.

3. Disunahkan dalam keadaan suci. Meski demikian, berdasarkan kesepakatan para ulama diperbolehkan membacanya dalam kondisi berhadats.

4. Membaca Al Quran di tempat yang bersih. Oleh karenanya, para ulama sangat anjurkan membaca Al-Quran di masjid.

5. Duduk menghadap kiblat dengan penuh ketenangan.

6. Memulainya dengan membaca ta’awudz, yakni “a’udzu billahi minasy syaithonir rajiim”. Membaca ta’awudz ini dihukumi sunah, bukan wajib.

7. Membaca “bismillahir rahmanir rahim” di setiap awal surat. Bila memulai membaca di pertengahan surat, maka cukup dengan ta'awudz.

8. Hendaknya membacanya dalam kondisi khusyuk dan berusaha untuk memahaminya.

Keutamaan Membaca Alquran untuk Hidup Kamu

Banyak keutamaan membaca Al Quran setiap hari yang bisa kamu dapatkan. Paling tidak ada 5 kebaikan lo. Apa saja itu? Cek penjelasannya berikut ini yuk.

1. Mendapat Pahala

Keutamaan membaca Al Quran yang pertama adalah mendapat pahala yang berlipat ganda.

Baik untuk kamu yang masih membacanya dengan terbata-bata, maupun yang sudah lancar. Semua akan mendapatkan kebaikan dari membaca Al Quran.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Banyak membaca Al Quran juga bisa meningkatkan kecerdasan lo. Apalagi bila dibacanya sambil berusaha untuk memahaminya.

Di dalam Al Quran terdapat tuntunan kehidupan berbagai bidang mulai dari pernikahan, perniagaan, hingga hukum pembagian waris.

3. Bagus untuk Kesehatan

Dikutip dari laman Kemenag.go.id, bila seseorang rajin membaca Al Quran, maka Allah Ta'ala akan melindunginya dari segala penyakit. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta'ala:

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian," - QS. Al-Isra : 82.

4. Perniagaan yang Tidak Merugi

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi." - QS Fathir: 29.

Berdasarkan ayat di atas, maka Allah akan memberikan karunia melimpah kepada pembaca Al Quran.

Salah satunya, kamu bisa mendapatkan perniagaan yang tidak merugi, sebagai bagian dari keutamaan membaca Al Quran.

5. Rumah Terlindungi dari Setan

Bila rutin membaca Al Quran di rumah, maka hunian kamu akan terasa lebih tenang, bercahaya dan terlindungi dari godaan setan. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian pekuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surah al-Baqarah" (HR Muslim).

Itulah 5 keutamaan membaca Al Quran yang bikin hidup kamu lebih baik, nyaman, aman, dan tenteram.

Rumah123.com juga sempat membahas mengenai desain mushola di rumah, tentunya bisa menjadi tempat membaca Al Quran di rumah.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti The Grand Stand Apartemen.

Bagikan:
1425 kali