OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Doa Setelah Baca Yasin Lengkap, Arab, Latin, dan Terjemahannya yang Perlu Diketahui

27 Maret 2023 · 5 min read Author: Maskah Alghofar

doa setelah baca yasin

Berikut ini adalah ulasan tentang doa setelah baca Yasin lengkap dengan bacaan arab, latin, dan artinya. Simak selengkapnya disini!

Sebagian orang Islam di Indonesia biasanya rutin membaca Surat Yasin setiap malam Jumat. 

Nah, agar bacaan Yasin lebih lengkap sebaiknya kamu akhiri dengan doa setelah baca Yasin.

Pasalnya, ada banyak keutamaan yang bisa kamu dapat dengan membaca doa yasin ini.

Misalnya saja, doa setelah baca Yasin untuk orang meninggal. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. dalam sebuah hadis riwayat Abu Dawud, diceritakan Ma’qil bin Yasar,

قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ اقْرَءُوا ‏{‏ يس ‏}‏ عَلَى مَوْتَاكُمْ ‏”

Artinya:”Rasulullah SAW berkata, “Bacakanlah Surat Yasin pada orang yang akan meninggal.” (HR. Abu Dawud).

Setelah membaca surat Yasin sebaiknya kamu membaca doa Yasin untuk mendapatkan keutamaannya.

Berikut pelafalan bacaan dari doa setelah baca yasin yang perlu kamu ketahui. 

Doa Setelah Baca Yasin Lengkap

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam kitab Alquran yang terdiri dari 83 ayat.

Yasin menjadi salah satu surat yang masuk ke golongan surat Makkiyah.

Surat ini memiliki banyak nilai yang terkandung di dalamnya, mulai dari lingkup keimanan, tanda kekuasan Allah Swt., tanda dari hari akhir, perjuangan dari para syuhada hingga peringatan tentang kematian.

Membaca surat Yasin memiliki berbagai keutamaan sebagaimana yang disebutkan bahwa Allah Swt. akan mengabulkan permintaan hamba-Nya yang membaca surat Yasin pada malam Jumat.

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: “Barangsiapa membaca Surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya. (HR. Abu Dawud).

Maka dari itu, ada banyak keutamaan doa yasin atau doa setelah yasin ini yang bisa kamu dapatkan.

Berikut ini bacaan doa setelah baca yasin arab, latin, dan artinya.

doa setelah baca yasin

Berikut bacaan doa setelah membaca surat Yasin melansir dari buku Majmu Syarif Kamil oleh Tim Shahih:

اللّٰهُمَّ اِنّٓا نَسْتَحْفِظُكَ وَ نَسْتَوْدِعُكَ اَدْيَانَنَا وَاَنْفُسَنَا وَاَهْلَنَا وَاَوْلَادَنَا وَاَمْوَالَنَا وَكُلِّ شَيْءٍ اَعْطَيْتَنَا. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ فِى كَنَفِكَ وَاَمَانِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِن كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيدٍ وَذِى عَيْنٍ وَذِى بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى شَرٍّ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. اَللّٰهُمَّ جَمِّلْنَا بِالْعَافِيَةِ وَالسَّلَامَةِ وَحَقِّقنَا بِالتَّقْوٰى وَالْاِسْتِقَامَةِ وَاَعِذْناَ مِنْ مُوجِبَاتِ النَّدَامَةِ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِاَوْلَادِنَا وَمَشَايِخِنَا وَلِاِخْوَانِنَا ِفِى الدِّينِ وَلِاَصْحَابِنَا وَاَحْبَابِنَا وَلِمَنْ اَحَبَّنَا فِيكَ وَلِمَنْ اَحْسَنَ اِلَيْنَا وَ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ يَارَبَّ العَالَمِيْنَ. وَصَلِّ اَللّٰهُمَّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ. وَارْزُقْنَا كَمَالَ الْمُتَابَعَةِ لَهُ وَظَاهِرًا وَبَاطِنًا فِي عَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Doa setelah membaca yasin latin:

Bismillahirrahmanirrahim.

Allahumma inna nastahfidzhuka wa nastaudi’uka diinana wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai’in a’thaitanaa.

Allahummaj’alnaa fii kanafika wa amaanika wa jiwaarika wa ‘iyaadzika min kulli syaithaanim mariid wa jabbaarin‘ aniid wa dzii ‘ainin wa dzii baghyin wa min syarri kulli dzii syarrin innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Allahumma jamilnaa bil’aafiyati was salaaati wa haqqiqnaa bit taqwaa wal istiqaamati wa a’idznaa min muujibaatin nadaamati innaka samii’ud du’aa’i.

Allahummaghfirlanaa wa li waalidiina wa li aulaadinaa wa li masyaa-yikhinaa wa li ikhwaaniaa fiddiini wa li ashhaabinaa wa ahbaabinaa wa liman ahabbanaa fiika wa liman ahsana ilainaa wa lil mukminiina wal mukminaati wal musliminiina wal muslimaati ya rabbal ‘aalamiin.

Wasallalhumma alaabdika warasu likasaiyadinaa wamailanaa muhammadin wa ala lihi wasabihi wasallam

Warzuqnaa kamaalal mutaaba’ati lahu zaahiran wa baathinan fii ‘aafiyatin wa salaamatin birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Wa shallilaahumma ‘alaa ‘abdika wa rasuulika sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallim.

Artinya:

“Ya Allah, kami memohon penjagaan-Mu dan menitipkan kepada-Mu agama kami, dari kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta benda kami, dan apa saja yang telah engkau berikan kepada kami.

Semoga engkau menjadikan kami dalam penjagaan, tanggungan, kedekatan dan perlindungan-Mu dari godaan setan yang menggoda, orang yang kejam, zalim dan durhaka, dan dari kejahatan penjahat, sesungguhnya engkau adalah maha kuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, baguskanlah kami dengan kesehatan dan keselamatan, dan sejatikanlah kami dengan takwa dan istiqamah, jagalah kami dari penyesalan, karena sesungguhnya Engkau maha mendengarkan doa.

Ampunilah kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara kami seagama, sahabat-sahabat kami, kekasih-kekasih kami, orang yang mengasihi kami karena Engkau, dan kepada siapa saja yang berbuat baik kepada kami, orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan orang-orang yang beragama Islam laki-laki dan perempuan, wahai Tuhan semesta alam.

Dan limpahkan kepada kami kesempurnaan mengikutinya lahir dan batin, dalam keadaan sehat dan selamat dengan rahmat-Mu wahai sebaik-baik Penyayang dari para penyayang. Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada hamba dan utusan-Mu. Yaitu junjungan kami Nabi Muhammad saw. beserta para keluarga dan sahabatnya.”

Keutamaan Membaca Surat Yasin

doa setelah membaca surat yasin

Sumber gambar doa yasin: NU Cilacap Online

Membaca Surat Yasin sendiri sudah ada banyak keutamaannya. Apalagi jika kamu melengkapinya dengan membaca doa setelah surat Yasin.

Berikut ini keutamaan dari membaca doa surat Yasin yang dapat kamu peroleh, di antaranya:

1. Diampuni dosa-dosanya

Keutamaan surat Yasin pertama adalah pengampunan dosa dari Allah Swt.kepada umat yang membacanya.

Berikut bunyi hadits dari Abu Hurairah RA, Rasulullah saw. bersabda,

“Siapa yang membaca surat Yasin di malam hari dengan mengharapkan keridhaan Allah, maka dosa-dosanya akan diampuni.” (HR. At Thabrani dan Al Bayhaqi).

2. Mengabulkan Hajat atau Keinginan

Doa setelah baca yasin untuk hajat InsyaAllah akan memberikan kamu kemudahan untuk mencapai keinginan.

“Barang siapa yang membaca surat Yasin sepenuhnya serta mencapai pada ayat 58 dari surat Yasin dan diulang hingga 7 kali, maka Allah akan mempermudah serta mengabulkan hajat (keinginan) nya.”

3. Mendapat Keberkahan hidup

Membaca yasin juga akan memberikan kamu keberkahan serta kemudahan hidup, sebagaimana hadist berikut.

“Siapa yang membaca surat Yasin di pagi hari maka akan dimudahkan (untuknya) urusan hari itu sampai sore. Dan siapa yang membacanya di awal malam (sore hari) maka akan dimudahkan urusannya malam itu sampai pagi.” Hadits ini diriwayatkan Ad-Darimi 2:457 dari jalur Amr bin Zararah.

4. Mendapat Syafaat di Akhirat

Seorang muslim yang rajin membaca Alquran dan surat yasin InsyaAllah akan mendapat Syafaat di akhirat.

“Dari Abu Umamah Al Bahili RA, ia berkata bahwa dirinya mendengar Rasul saw. bersabda, ‘Bacalah oleh kalian Alquran. Karena ia (Alquran)akan datang di hari kiamat kelak sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yang rajin membacanya (Alquran).” (HR. Muslim)

5.Memudahkan Sakaratul Maut

Membaca surat yasin juga dipercaya akan mempermudah seorang muslim saat menghadapi sakaratul maut.

“Membaca surat Yasin di sisinya, mayat akan menurunkan banyak rahmat serta berkah dan memudahkan dalam proses keluarnya ruh.” (Tafsir Alquran Al Azhim 6/562 daran nasser wat tauzi).

***

Itulah doa setelah baca Yasin dengan arti dan keutamaannya yang perlu kamu ketahui.

Semoga bermanfaat, Property People!

Temukan artikel menarik lainnya di artikel.rumah123.com.

Cek juga Google News Rumah123 untuk mendapatkan informasi terkini seputar properti dan gaya hidup.

Bagi kamu yang sedang mencari hunian di sekitar Cimahi, Rosalie Hills bisa jadi pilihan menarik.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, karena Rumah123.com akan selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , , ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA