istri presiden Soekarno

Tahukah kamu, kalau presiden pertama Bung Karno memiliki 9 istri semasa hidupnya? Yuk, cari tahu siapa saja istri presiden Soekarno berikut ini.

Sebagai presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno memiliki kharisma yang mendunia. Tidak hanya berhasil memikat rakyat atau pemimpin negara lain, namun juga para wanita.

Mungkin, lebih banyak orang mengenal istri Presiden Soekarno adalah Fatmawati dan Ratna Sari Dewi saja.

Namun, sebetulnya ada istri-istri lain yang belum dikenal masyarakat. Jumlahnya mencapai sembilan orang lo.

Beberapa istri-istri Soekarno dan anak-anaknya sempat diungkapkan dalam beberapa buku, seperti Inggit, Kuantar Ke Gerbang; Fatmawati; atau Catatan Kecil Bersama Bung Karno.

Selain itu, kisah para istri Presiden Soekarno ini pun ditulis dalam buku Bunga-Bunga di Taman Hati Soekarno seperti dilansir dari berbagai sumber.

Penasaran, siapa urutan istri Presiden Soekarno? Salah satunya adalah wanita asal Jepang lo. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

9 Istri Presiden Soekarno

Berikut beberapa istri Presiden Soekarno, baik dari istri Soekarno yang paling dicintai, gadis belia, hingga wanita asal Jepang.

1. Siti Oetari Tjokraminoto

Oetari Tjokroaminoto adalah istri pertama Soekarno, yang merupakan putri dari HOS Tjokroaminoto, Soekarno menikahinya pada tahun 1921.

HOS (Haji Oemar Said) Tjokroaminoto merupakan salah satu pemimpin organisasi pertama di Indonesia, yaitu Sarekat Islam (SI).

Tjokroaminoto pun menjadi salah satu pelopor pergerakan di Indonesia dan sebagai guru para pemimpin-pemimpin besar di Indonesia, salah satunya Soekarno.

2. Inggit Ginarsih

Istri Presiden Soekarno kedua adalah Inggit Ginarsih, perempuan yang ia temui di Bandung dan menikahinya pada tahun 1923.

3. Fatmawati

Istri ketiga yang merupakan Ibu Negara pertama adalah Fatmawati. Setelah bercerai dengan Inggit, Soekarno menikahi Fatmawati yang juga terkenal jasanya menjahit bendera pusaka merah putih.

Dari pernikahannya ini, Soekarno dikaruniai lima orang anak, yaitu Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

4.  Hartini

Hartini, istri Soekarno yang dinikahi di Cipanas pada tahun 1953. Kemudian, Hartini menjadi istri kedua dari Bung Karno.

5. Ratna Sari Dewi

Ratna Sari Dewi lahir dengan nama Naoko Nemoto di Tokyo, Jepang, yang ditemui saat Soekarno berkunjung ke negara itu pada 1959.

Inilah sosok wanita Jepang yang dinikahi oleh Soekarno. Istri Soekarno Dewi ini memiliki satu anak yaitu Kartika Sari Dewi Soekarno.

6. Haryati

Wanita keenam yang menjadi istri Presiden Soekarno adalah Haryati, yang merupakan penari dan Staf Sekretaris Negara Bidang Kesenian.

Karena tidak akur dengan istri atau keluarga Soekarno, mereka akhirnya memutuskan bercerai pada 1966.

7. Kartini Manoppo

Kartini Manoppo berprofesi sebagai pramugari Garuda Indonesia serta seorang model. Kemudian ia menjadi salah satu istri Presiden Soekarno.

Kartini Manoppo yang menawan ini, ternyata pernah dilukis oleh maestro pelukis terkenal, Basuki Abdullah.

8. Yurike Sanger

Keduanya bertemu ketika menjadi anggota Bhineka Tunggal Ika saat upacara bendera tahun 1963. Saat itu, Yurike masih berstatus pelajar.

Keduanya jatuh cinta dan Yurike Sanger menjadi istri presiden Soekarno pada tahun 1964, namun kemudian bercerai pada 1966.

Beberapa waktu lalu, netizen Indonesia sempat heboh dan mengatakan kalau Yurike Sanger saat masih muda mirip dengan artis cantik Pevita Pearce.

9. Heldy Djafar

Heldy Djafar merupakan wanita kesembilan yang dinikahi Soekarno, mereka menikah pada tahun 1966.

Saat itu,  Bung Karno sudah berusia 65 tahun, sementara istrinya baru berusia 18 tahun. Perbedaan umur yang jauh.

Heldy Djafar menikah lagi. Salah satu putrinya Maya Firanti Noor menikah dengan Ari Sigit, cucu Presiden Soeharto.

Wah, ternyata benar lo kalau istri Presiden Soekarno memang banyak ya. Bisa jadi, kamu memang baru tahu ya.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti The Double View Mansions.

Bagikan:
1694 kali