OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Kesiapan Infrastruktur Dasar IKN Tambah Semangat ASN untuk Pindah ke Ibu Kota Baru

28 Maret 2023 · 3 min read Author: Emier Abdul Fiqih P

kesiapan infrastruktur dasar ikn

Untuk menunjang kebutuhan sehari-hari ASN yang pindah ke ibu kota baru di tahun 2024, pemerintah mulai mempersiapkan infrastruktur dasar IKN. Intip beritanya pada artikel di bawah ini!

Pemerintah diketahui berencana memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun 2024 untuk tahap pertama.

Ini mendorong adanya peningkatan kebutuhan fasilitas publik untuk menunjang keberlangsungan hidup ASN di ibu kota baru nantinya.

Terkait hal tersebut, pemerintah optimis fasilitas pendukung akan siap seiring dengan perpindahan ASN.

Dikutip dari laman kompas.com, inilah berita selengkapnya!

Kesiapan Infrastruktur Dasar IKN Tambah Semangat ASN untuk Pindah

pembangunan infrastruktur dasar ikn

sumber: Reuters//Willy Kurniawan

Fungsional Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Farida Dewi Maharani, menyebutkan bahwa kesiapan infrastruktur dasar IKN jadi faktor penting untuk ASN bisa pindah ke ibu kota baru.

Menurutnya, minimal kebutuhan-kebutuhan dasar hidup di IKN Nusantara nantinya bisa terpenuhi.

Contohnya seperti pasar untuk kebutuhan makan sehari-hari, sekolah untuk ASN yang mempunyai keluarga yang masih sekolah minimal SD hingga SMA, dan rumah sakit.

Apabila kebutuhan tersebut dapat terpenuhi, maka secara otomatis tidak ada alasan lagi bagi ASN untuk menolak pindah.

“ASN pastinya banyak berharap agar kebutuhan dasar hidup mereka selama di IKN Nusantara bisa terpenuhi. Untuk yang berkeluarga, mereka tentu juga berharap untuk mendapatkan tempat hidup yang layak bagi keluarga mereka,” ujar Dewi seperti yang dihimpun dari laman kompas.com pada Selasa (28/03/2023).

Dewi menambahkan, ASN tidak akan menolak untuk dipindahkan selama mereka mendapatkan informasi yang jelas terkait proses pemindahannya.

Fasilitas Pendukung untuk Kebutuhan Dasar Hidup Sudah Direncanakan Jauh Hari

infrastruktur dasar ikn tengah disiapkan

sumber: infopublik.id

Sementara itu, Sekretaris Otorita IKN (OIKN), Ahmad Jaka Santos Adiwijaya, menyebutkan bahwa fasilitas pendukung untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup seperti pasar, sekolah, dan rumah sakit sudah direncanakan sejak awal.

Nantinya, infrastruktur dasar IKN ini akan siap seiring dengan perpindahan ASN.

“Fasilitas untuk kebutuhan ASN yang dipindahkan sendiri sudah dipikirkan dan akan disiapkan. Salah satu contohnya adalah rumah sakit bertaraf internasional yang rencananya akan hadir di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP),” ujar Ahmad.

Kemudian, OIKN juga akan bekerja sama dengan lembaga pendidikan untuk menyediakan fasilitas pendidikan yang baik untuk anak dari keluarga ASN yang pindah ke ibu kota baru.

Adapun, pada tahap pertama atau pada tahun 2024, jumlah ASN, TNI, dan Polri yang akan dipindahkan ke IKN Nusantara adalah 16.990 orang.

Saat ini, pemerintah tengah membangun apartemen, sarana olahraga, lahan hijau, hingga danau tengah untuk menunjang kenyamanan hidup ASN.

***

Semoga pembahasan kesiapan infrastruktur IKN di atas bisa bermanfaat untuk Property People.

Pantau terus artikel ibu kota baru hanya di artikel.rumah123.com.

Ikuti dan akses sekarang juga laman Google News kami untuk baca berita terupdate seputar properti.

Sedang mencari hunian impian seperti LAGOOSI VILLAGE di Mandai, Makassar?

Akses rumah123.com untuk dapatkan kemudahan cari rumah dambaan, karena kami pasti #AdaBuatKamu.


Tag: , , , ,


Emier Abdul Fiqih P

Content Writer

Menjadi penulis di 99 Group sejak 2022 yang berfokus pada artikel properti, gaya hidup, dan teknologi. Lulusan S2 Linguistik UPI ini sempat berprofesi sebagai copy editor dan penyunting buku. Senang menonton film dan membaca novel di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA