Pintu PVC sangat umum dipasang di kamar mandi di Indonesia. Namun sebelum memilih material ini, ada baiknya kamu ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya berikut.

pintu pvc - rumah123.com Pintu PVC memiliki banyak variasi warna yang menarik (foto: Rumah123/Getty Images)

Pemilihan jenis pintu untuk ruangan di rumah kadang terlihat sepele. Tapi, tahukah kamu bahwa pemilihan jenis pintu untuk setiap ruangan sudah memiliki kategorinya masing-masing? Seperti pintu PVC misalnya, lebih cocok untuk digunakan di kamar mandi. Material pintu PVC tentu saja tak cocok untuk digunakan sebagai pintu ruangan utama atau kamar tidur tidur. 

Bicara soal pintu berbahan PVC, apakah material ini paling cocok digunakan untuk kamar mandi? Sebab, jenis pintu ini sangat umum ditemukan pada kamar mandi di Indonesia. Untuk kamu yang hendak memasang pintu kamar mandi dan mau memilih yang berbahan PVC, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

1. Bebas lapuk dan anti karat

Pintu PVC terbuat dari bahan polimer atau plastik sehingga sangat tahan air dan tak mudah lapuk atau berkarat. Apalagi kamar mandi di Indonesia cenderung memiliki konsep basah, sehingga bagian pintu pastinya akan sering tersiram air.  Berbeda dengan pintu kayu yang mudah lapuk, atau pintu logam yang rentan berkarat, pintu kamar mandi yang memiliki bahan PVC akan terhindar dari dua hal tersebut karena sifatnya yang kedap air dan tahan dengan udara lembab. 

2. Pintu lebih ringan sehingga mudah dipasang

Bahan plastik PVC sangatlah ringan sehingga proses pemasangannya pun mudah. Bahkan tanpa bantuan tukang, kamu bisa mengangkut dan memasangnya sendiri.

Baca juga: Wujudkan Kamar Mandi Mewah dengan Bujet Murah, Cuma Rp 11 Juta!

3. Harga lebih murah

Harga pintu PVC sangat bervariasi, mulai dari Rp200.000 hingga Rp600.000, tergantung desain dan aksesoris yang terdapat pada pintu tersebut. Biasanya terdapat gambar di tengah pintu yang membuat tampilannya menarik. Semakin bagus gambarnya, tentu semakin mahal harganya.

4. Mudah dibersihkan

Material PVC sangat mudah untuk dibersihkan. Cukup lap dengan kain basah yang bersih untuk menghilangkan debu dan kotorannya. Beda halnya dengan pintu kayu yang harus diplitur dan dicat secara berkala, sehingga perawatannya pun lebih mahal. 

Kekurangan

1. Tidak ramah lingkungan

PVC adalah salah satu jenis polimer plastik yang paling umum digunakan. Proses produksi PVC tidak ramah lingkungan karena melepaskan kimia berbahaya ke udara, air dan tanah. 

Baca juga: Kamar Mandi Kecil 2x2 Meter Persegi Bisa Terlihat Mewah dengan 10 Desain Ini

2. Tidak tahan matahari

Walaupun tahan air, material PVC tidak tahan terhadap matahari. Apabila kamar mandi terletak di luar ruangan, sebaiknya kamu menggunakan jenis pintu lainnya. Sebab, material PVC akan mengalami degradasi sehingga warnanya pun memudar. 

Itu dia kelebihan dan kekurangan pintu PVC.  Sebelum memilih, kamu bisa menyesuaikannya kembali dengan kondisi kamar mandi di rumah. Apabila kamar mandi terletak di dalam ruangan, material PVC sangat cocok untuk dipilih. Sedangkan jika terletak di luar ruangan, sebaiknya kamu memilih pintu dengan material lain. Jangan lupa juga untuk sesuaikan dengan bujetmu.

Bagikan: 2084 kali