tumpukan pipa doraemon Sumber: Brillio

Pipa beton Doraemon selalu menjadi misteri yang tak pernah terpecahkan sampai saat ini, terlebih film besutan Fujiko Fujio pun saat ini jalan ceritanya masih menggantung penuh tanda tanya.

Untuk diketahui, saat kamu menonton film Doraemon pastinya kamu melihat aksi Nobita, Giant, Suneo dan Shizuka yang selalu bermain bersama seperti anak-anak pada umumnya.

Salah satu tempat favorit pada serial anime ini adalah sebuah tanah lapang yang dijadikan tempat bermain dan menjadi tempat demonstrasi kehebatan kantong ajaib Doraemon.

Pada lapangan tersebut ternyata sebuah tumpukan tiga pipa beton besar yang dijadikan sebagai tempat duduk seluruh karakter tersebut.

Usut punya usut pipa beton Doraemon tersebut penuh tanda tanya, bahkan hanya sekadar rekaan Fujiko Fujio pencipta Doraemon.

Ternyata, pipa beton Doraemon dalam bahasa Jepang bernama Dokan memiliki sejarah penuh makna yang memiliki sejarah mendalam bagi warga Jepang.

Pipa tersebut ternyata melambangkan kebangkitan ekonomi Jepang pasca bom atom Hiroshima-Nagasaki pada Perang Dunia II.

tumpukan pipa di taman bermain jepang Sumber: Kwikku

Dokan pertama kali dibuat pada masa zaman Meiji (1868-1912) sebagai salah satu sistem pembuangan.

Kemudian, Jepang berkembang sebagai salah satu negara maju karena kemampuan industri dan infrastrukturnya meski sebagai salah satu negara kepulauan.

Investasi yang dilakukan secara besar-besaran di bidang infrastruktur termasuk dalam sistem pembuangan limbah mendorong tumbuhnya industri konstruksi jangka panjang.

Akibat membludaknya pembangunan infrastruktur di semenanjung Jepang, pipa beton Doraemon sering ditempatkan di tanah kosong atau lapang sebelum digunakan.

Dalam waktu yang bersamaan, anak-anak yang hidup di Jepang tumbuh bermain tidak memiliki tanah lapang, sehingga mereka menggunakan tempat penyimpanan dokan sebagai arena bermain.

Dokan yang menjadi pipa beton Doraemon pun kerap digunakan sebagai sarana favorit untuk bermain bagi anak Jepang.

Mereka bisa menggunakannya untuk berbagai aktivitas, bisa bermain petak umpet, memanjat, atau bermalas-malasan pada bagian ujung lubangnya.

Tak jarang, dalam beberapa serial Doraemon Dokan juga menjadi sarana atau media untuk memamerkan kehebatan kantong ajaib, terlebih tempat ini digunakan sebagai landasan menuju masa depan Doraemon hingga ke abad 22.

Seiring berjalannya waktu dan kemajuan negara Jepang, pipa beton Doraemon pun sudah jarang sekali ditemukan, terlebih pembangunan infrastruktur sudah merata dan jarang digunakan sebagai tempat bermain anak-anak.

Dokan sebagai pipa beton juga merupakan sarana yang tak terpisahkan dengan Doraemon bahkan dalam komik, film, hingga permainannya.

Selain berada di manga, Dokan juga ditemukan pada miniatur museum Fujiko Fujio sebagai salah satu ikon dari serial Doraemon. 

Demikian beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui mengenai misteri tumpukan Pipa Beton Doraemon yang menjadi simbol kemajuan Jepang di dunia.

Temukan referensi dan informasi menarik seputar hunian idaman, selengkapnya di Rumah123.

"Ayo cari tahu hunian idaman bersama Landmark Residence Bandung."

Bagikan:
901 kali