cara mencegah ular masuk rumah- rumah123.com Seorang Petugas Keamanan di Perumahan Gading Serpong, Banten Tewas Setelah Digigit Ular Weling. Ada Sejumlah Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Ular Masuk Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Satu pekan lalu, ada kabar menghebohkan ada satpam perumahan yang meninggal lantaran digigit ular. Ada sejumlah cara mencegah ular masuk rumah.

Situs berita online Kompas.com menyatakan satpam perumahan bernama Iskandar (45 tahun) meninggal setelah dipatuk ular berbisa jenis Weling pada Selasa (21/8/2019). Dia merupakan petugas keamanan Cluster Michelia, perumahan Gading Serpong, Tangerang, Banten.

Korban sempat menangkap ular Weling dan kemudian memainkannya. Komandan sekuriti perumahan, Musliman mengisahkan bahwa Iskandar sempat digigit ular Weling. Setelah itu, korban masih terlihat bugar dan masih bermain dengan ular.

Baca juga: 5 Tips Hewan Peliharaan Aman dan Nyaman Saat Berada di Rumah

Setelah 30 menit kemudian, pada pukul 19.30 WIB (Waktu Indonesia Barat), korban lemas dan kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bethsaida. Lantas dia dirujuk ke Rumah Sakit Umum Tangerang.

Pada Rabu (22/8/2019) pukul 04.30, Iskandar menghembuskan nafas terakhir. Bisa ular telah menyebar ke seluruh tubuh Iskandar.

Dalam kurun waktu Februari, Maret, hingga April 2019, ular sering muncul di kawasan perumahan Cluster Michelia, namun tidak ada korban jiwa. Ular weling ini memiliki warna hitam dan putih.

 

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

Ular merupakan hewan melata yang paling dihindari oleh manusia. Pasti kamu takut setengah mati kalau melihat ular. Walaupun sebenarnya, ular juga takut dengan manusia.

Ular weling biasanya ditemukan di hutan dataran rendah yang lembab atau kering, semak belukar, perkebunan, lahan pertanian, dan juga di sekitar permukiman penduduk.

Hewan melata ini memang sering dijumpai masuk ke perumahan. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ular masuk rumah. Situs berita online Tribunnews.com memberikan tipsnya.

Pertama, rajin memangkas rumput. Jika kamu memiliki halaman dengan rumput, pastikan rumput tidak tinggi. Ular merasa terancam jika melewati area dengan rumput yang pendek.

Kedua, memahami apa yang menarik perhatian ular. Biasanya ular mencari makan atau tempat berlindung. Jadi usahakan rumah kamu bebas dari tikus yang menjadi mangsa ular. Selain itu, jangan suka menumpuk barang di luar rumah yang berpotensi menjadi sarang ular.

Ketiga, menggunakan jaring kawat. Kalau rumah kamu memang dekat dengan sawah atau kebun, jangan lupa untuk memasang jaring kawat agar ular tidak bisa masuk. Tutup saluran air dengan kawat atau penutup yang mencegah ular bisa masuk.

 

Ular Tidak Takut Garam, Ular Benci Bau Menyengat

Ada mitos yang menyatakan bahwa ular takut garam. Hal ini tidak benar. Ular tidak takut garam karena permukaan tubuhnya yang licin.

Ular justru tidak menyukai ijuk lantaran permukaan yang kasar. Kamu bisa menaruh keset ijuk atau ijuk pada area yang mungkin dilewati ular. Ular akan menghindari ijuk.

Selain itu, ular juga tidak menyukai bau yang menyengat seperti kapur barus. Kamu bisa menempatkan kapur barus pada sejumlah tempat di luar rumah. Campuran minyak kayu manis dan minyak cengkeh bisa mencegah ular. Campuran kedua minyak ini pekat dan menimbulkan efek panas pada kulit ular.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Kalau Pelihara Hewan

Bagikan: 6336 kali