Tampilan yang menarik dan perawatan yang mudah ikan guppy cocok dijadikan peliharaan. Tapi perhatikan dulu beberapa aturan ini!

ikan guppy

Hobi memelihara ikan bisa jadi membawa kesenangan tertentu selagi mengisi waktu luang di rumah. 

Kamu bisa menikmati keindahan visual yang disajikan oleh berbagai jenis ikan hias dan sekalian melihat perilakunya yang lucu. 

Ikan guppy atau gupi yang memiliki nama latin Poecilia reticulata merupakan spesies ikan tropis yang paling banyak digemari. 

Harganya yang relatif murah serta perawatan yang mudah jadi beberapa alasan kenapa gupi selalu jadi rekomendasi untuk para pemula.

Kalau kamu tertarik untuk menjadikannya sebagai penghuni akuarium atau aquascape, simak dulu beberapa informasi terkait pemeliharaannya di sini!

Baca juga: 5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

Aturan dan Tips Memelihara Ikan Guppy yang Wajib Kamu Tahu 

ikan guppy Sumber: jogja.suara.com

Gupi adalah jenis ikan tropis hias yang aslinya berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. 

Sejak penemuannya di Trinidad pada tahun 1866 oleh Robert John Lechmere Guppy, ikan cantik ini telah menyebar di berbagai belahan dunia dan sekarang sudah ada setidaknya 300 spesies berbeda. 

Untuk memelihara ikan guppy, kamu mesti memperhatikan beberapa hal terkait dengan karakteristik, perawatan, hingga perkembangbiakannya. 

Membedakan jenis ikan guppy dari ciri fisiknya

ikan guppy

Bagi kaum awam yang hanya sekilas melihat bisa saja mengira kalau gupi merupakan salah satu jenis ikan cupang (Betta sp), padahal keduanya sama sekali berbeda. 

Ciri fisik yang paling mudah dibedakan antara keduanya adalah ukuran tubuh ikan cupang yang lebih besar dengan ekor yang lebar dibanding gupi yang memiliki tubuh kecil dan ramping. 

Baca juga: Tahapan Budidaya Ikan Gabus untuk Pemula. Profitnya Menjanjikan!

- Perilaku ikan gapi

Pada dasarnya gupi tergolong spesies yang cinta damai dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. 

Walau pergerakannya terbilang sangat aktif, gupi memiliki perilaku yang tenang dan suka hidup secara berkelompok.

Sifat inilah yang membuat jenis ikan hias aquascape ini paling mudah dipelihara dan cocok untuk para pemula yang tertarik untuk sekadar jadi hobi atau hiasan di rumah. 

Jika ikan peliharaanmu tiba-tiba jadi lebih pendiam dan kurang aktif berenang, maka ada kemungkinan kondisinya sedang stres atau sakit. 

Langsung cek keadaan tangki dan air agar terbebas dari kotoran yang bisa menjadi bibit penyakit. 

- Tempat hidup ideal untuk ikan gobi

Pada habitat alaminya di wilayah air tawar Amerika Selatan, suhu  tempat hidup gupi relatif hangat di kisaran 23-27 derajat celcius sehingga ada baiknya untuk menyesuaikan akuarium dengan ekosistem aslinya tersebut. 

Kalau memungkinkan, gunakanlah alat water heater khusus supaya suhu di akuarium selalu stabil. 

Sirkulasi udara juga harus terjaga dengan baik menggunakan aerator dan tak ketinggalan penggunaan filter aquarium supaya kualitas air senantiasa terjaga dengan baik. 

Akuarium yang digunakan sebagai media hidup untuk menampung 20-30 ekor ikan hias gupi biasanya membutuhkan hingga 10 galon atau sekitar 37 liter air. 

Tapi jangan khawatir, kamu masih tetap bisa memeliharanya di wadah akuarium yang lebih kalau jumlah ikan peliharaannya sedikit. 

Sementara untuk tingkat asam basa atau pH air berkisar di skala normal antara 7-7,2. 

Apakah boleh menggabungkan ikan gupy dengan ikan hias lain? 

ikan guppy Sumber: Gerava.com

Jawabannya kembali lagi dari jenis ikan hias yang akan kamu tempatkan bersama tersebut. 

Dari sisi gupi sendiri yang memiliki perilaku tenang dan cenderung mudah beradaptasi pada dasarnya bisa hidup dengan damai bersama spesies apapun. 

Dengan catatan tentu saja jenis yang akan dicampurkan ke dalam akuarium nanti tidak agresif atau predator ikan kecil yang justru bisa membahayakan koleksi gupi kamu. 

Contoh yang paling sering terjadi adalah penempatan ikan cupang bersama dengan gupi dalam  satu tangki. 

Kalau yang kamu campurkan adalah ikan betina dari kedua spesies maka jawabannya boleh karena cupang betina lebih kalem dibanding sang jantan. 

Beda cerita kalau yang ditempatkan adalah ikan cupang jantan yang merupakan varian petarung, disarankan tidak digabung bersama supaya menghindari kemungkinan ikan guppy diserang. 

Itu dia berbagai aturan dan tips memelihara ikan hias guppy yang perlu kamu perhatikan. 

Dapatkan informasi bermanfaat lain di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
8062 kali