OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

IKN Jalin Kerja Sama "Sister City" dengan Astana Kazakhstan

04 Juli 2023 · 2 min read Author: Maskah Alghofar

IKN Jalin Kerja Sama Sister City dengan Astana Kazakhstan

Sumber: Bumninc.com

IKN kerja sama dengan Kazakhstan menjalin sister capital city yang saling menguntungkan. Berikut ulasan selengkapnya.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Gubernur Ibu Kota Astana Zhenis Kassymbek.

MoU tersebut merupakan bentuk kerja sama sister capital city antara IKN Indonesia dan Astana Kazakhstan.

Melansir dari JawaPos.com, MoU ini ditandatangani di Astana pada Senin (3/7).

Penandatanganan tersebut disaksikan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Kazakhstan, M Fadjroel Rachman.

Lantas, apa saja tujuan dan keuntungan dalam kerja sama IKN dengan Kazakhstan tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Saling Menguntungkan untuk Perkembangan Ibu Kota

Menurut Dubes RI, M Fadjroel Rachman, Astana dapat berbagi kisah sukses dan pengalamannya dalam membangun ibu kota baru.

Sedangkan Nusantara diharapkan bisa berbagi praktik terbaik untuk pembangunan sustainable forest city.

”Kami bersyukur dapat melaksanakan tugas khusus dari Presiden Joko Widodo agar KBRI Astana mengawal proses perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara. Mulai dari memfasilitasi Tim Panitia Khusus Perancang Undang-Undang Ibu Kota Negara DPR bersama Tim Bappenas pada Januari 2022 sampai kini memfasilitasi kehadiran Kepala Otorita IKN Bambang Susantono untuk menandatangani kerja sama sister city yang pertama dengan Ibu Kota Astana,” kata Fadjroel Rachman.

Sebelum penandatanganan MoU, Kepala Otorita IKN berdiskusi dan bertukar pandangan dengan Gubernur Astana tentang pengalaman pembangunan Ibu Kota Negara.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kassymbek menceritakan pengalaman, praktik, dan tantangan pembangunan Astana yang telah 25 tahun menjadi ibu kota baru Kazakhstan, sejak pindah dari Kota Almaty pada 1998.

Menandai 30 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Kazakhstan

Penandatanganan Mou kerja sama antara Ibu Kota Kazakhstan dan Ibu Kota Indonesia ini juga bernilai simbolis, yaitu menandai 30 tahun hubungan bilateral Indonesia-Kazakhstan.

MoU ini diyakini mampu menguatkan kerja sama yang saling menguntungkan.

Melansir dari rakyatmerdeka, Kerja sama kedua Ibu Kota mencakup berbagai bidang seperti ekonomi, energi, transportasi, pengelolaan kota dan budaya.

“Ini adalah hadiah terindah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kazakhstan, serta penugasan saya sebagai Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan,” ujar Fadjroel.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Baca ulasan lainnya di artikel.rumah123.com.

Ikuti Google News Rumah123.com agar kamu tidak ketinggalan banyak informasi terbaru.

Sedang mencari hunian terbaik di Jakarta? Kunjungi Rumah123.com untuk informasi lebih lanjut karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Cek sekarang juga!


Tag: ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA