OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Junjung Prinsip Inklusivitas, IKN Akan Jadi Kota Ramah Perempuan

20 Desember 2023 · 2 min read Author: Nik Nik Fadlah · Editor: M. Iqbal

KN Jadi Kota Ramah Perempuan

ikn kota ramah perempuan | sumber: suara.com

IKN bukan hanya ramah lingkungan, tapi juga akan nyaman bagi perempuan. Simak informasi seputar IKN kota ramah perempuan di sini!

Ibu Kota Nusantara (IKN) bukan hanya ditargetkan menjadi kota cerdas, berkelanjutan, dan nol emisi karbon saja, melainkan juga sebagai kota ramah perempuan. 

Hal tersebut selaras dengan salah satu prinsip pembangunan yang dipegang oleh IKN dalam Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2023 tentang Perincian Rencana Induk IKN, yakni inklusivitas dan kesetaraan gender. 

Menurut penuturan dari Staf Khusus Bidang pembangunan Berkelanjutan Otoritas IKN, Diani Sadiawati, adanya prinsip tersebut membuat IKN menjadikan sebagai kota dengan tingkat keamanan tinggi, seperti dilansir dari liputan6.com

Tak hanya itu, IKN pun akan menjadi kota yang nyaman dan terjangkau oleh para masyarakat, termasuk anak-anak, perempuan, kelompok lanjut usia, hingga penyandang disabilitas. 

IKN Jadi Kota Ramah Perempuan, Beri Peluang Asah Keterampilan

ikn kota ramah perempuan

Sumber: Bbc.com

Untuk menunjang IKN sebagai kota ramah perempuan, Otoritas IKN sendiri akan menggelar sejumlah pelatihan, seperti penanaman sayuran hidroponik, pembuatan batik, kue, atau menjadi barista. 

Pelatihan tersebut diharapkan bisa membuat para perempuan memiliki akses yang lebih mudah untuk menentukan kehidupannya. 

“Saya rasa ini salah satu hal yang menjadi poin bahwa perempuan di mana pun sebenarnya punya kemampuan, dan mereka malah yang sekarang ini memimpin dari desa sekitar IKN,” kata Diani dikutip dari Kompas.com.

Di sisi lain, guna mendukung IKN sebagai kota yang inklusif, Otoritas IKN nantinya akan menyediakan berbagai fasilitas publik, mulai dari rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. 

Meskipun demikian, Diani menjelaskan bahwa pembangunan IKN masih dalam tahap proses. 

Diani sendiri berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para wanita di IKN, baik yang terlibat dalam pembangunan maupun yang nantinya akan tinggal di sana.

“Kami akan menyediakan (sarana dan prasarana), dan memang perlu diperhatikan tahapannya. Dalam proses pemindahan pada 2024, kami juga sudah melakukan inventarisasi siapa yang akan pindah dan kebutuhannya,” tutup Diani.

***

Itulah informasi lengkap seputar IKN kota ramah perempuan.

Temukan ulasan lain seputar IKN hanya di artikel.rumah123.com.

Untuk mendapatkan berita ter-update, ikuti terus Google News kami, ya.

Sedang mencari hunian nyaman di kawasan Balikpapan? Cek selengkapnya dalam laman Rumah123.comyuk!

Jangan lewatkan berbagai kemudahan untuk memiliki rumah dari listing terbaik karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA