Ilustrasi ibu rumah tangga menjalani usaha sampingan - Rumah123.com Ilustrasi ibu rumah tangga menjalani usaha sampingan (Rumah123.com/Getty Images)

Siapa bilang ibu rumah tangga hanya bisa mengerjakan pekerjaan domestik? Nyatanya, banyak ibu rumah tangga yang sukses membangun kerajaan bisnis yang dimulai dari dapur di rumah. Sebut saja Najla Bisyir pemilik Bittersweet by Najla, Ibu Nanik pemilik Pisang Goreng Madu Ibu Nanik, Bu Rudy pemilik Sambal Bu Rudy. Nama-nama tersebut menjadi bukti bahwa profesi ibu rumah tangga juga bisa menghasilkan uang. Selain bisa membantu finansial keluarga, kamu pun bisa lebih produktif.

Nah, untuk kamu para ibu rumah tangga yang mau mencoba terjun ke dunia bisnis, berikut ide usaha yang cocok untuk para pemula. Eits, tenang saja. Bisnis ini bisa dijalani tanpa kamu harus melupakan kewajiban utamamu mengurus keluarga kok. Apalagi selain bisa dikerjakan di rumah, bisnis ini juga gak membutuhkan banyak modal!

Bisnis jasa titip

Kamu dan keluarga gemar bepergian ke luar kota atau luar negeri? Bisnis ini cocok untuk digeluti! Pulang liburan, kamu gak harus hemat anggaran karena baru keluar banyak dana pasca liburan. Justru, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk mendulang kekayaan. Cara kerja bisnis ini sangat gampang. Kamu cukup datang ke tempat perbelanjaan, mencari produk yang sedang naik daun, dan menawarkan produk-produk tersebut ke rekan-rekanmu di media sosial. Keuntungan didapatkan dari tarif yang dikenakan untuk setiap produk yang dijual. 

Saham online

Kamu juga bisa lho mendulang keuntungan dari bermain saham atau reksadana online. Jika kamu pandai melihat pasar, kamu bisa membeli saham atau reksadana yang sedang turun harganya, namun memiliki potensi besar untuk terus naik. Memang, usaha yang satu ini tak sederhana. Butuh perhitungan tepat akan risiko dan keuntungannya. Gak perlu modal mahal, sekarang sudah banyak kok saham atau reksadana dengan modal awal sebesar Rp 100 ribu saja.

Perlengkapan menyusui

Untuk memenuhi hak bayi akan ASI, para ibu tentunya membutuhkan sejumlah perlengkapan untuk memudahkan kegiatan menyusui. Khususnya untuk ibu bekerja yang tak bisa menyusui anaknya langsung dan tetap harus memberikan hak ASI kepada anak mereka. Gak heran, bisnis menyusui bisa dibilang sangat menggiurkan. Kamu bisa mencoba menjajal bisnis baju menyusui, bisnis perlengkapan pumping, hingga bisnis ASI booster.

MUA

Kamu punya hobi dan keahlian dandan? Coba deh, manfaatkan skill-mu tersebut untuk meraup rupiah dengan menjadi make up artist. Biasanya, jam kerja profesi MUA lebih banyak memakan waktu di akhir pekan, sehingga kamu bisa fokus mengurus rumah di hari Senin hingga Jumat, dan bekerja pada Sabtu dan Minggu. 

Jual barang dekorasi rumah

Kini mempercantik rumah menjadi tren di kalangan kaum hawa. Seiring dengan munculnya tren tersebut, permintaan akan barang dekorasi rumah juga semakin besar. Kamu bisa terjun ke bisnis ini. Tak perlu banyak modal, coba saja mulai dari menjadi reseller dari orang lain. Supaya bisnis moncer, coba perbanyak konten dekorasi rumah di media sosial-mu. 

Bagikan: 1710 kali