OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Harga Rumah Tahunan di Bekasi Naik Hingga 5,8 Persen, Dipengaruhi Pembangunan LRT Jabodebek

19 September 2023 · 5 min read Author: Christantio Utama

Harga Rumah Tahunan di Bekasi Naik hingga 5,8 Persen

Sumber: Shutterstock.com

Harga rumah tahunan periode Agustus di Indonesia mengalami kenaikan 3,4 persen. Sedangkan untuk Bekasi mencapai angka 5,8 persen dan tertinggi diraih Makassar mencapai 10,7 persen. Simak informasi lengkapnya!

Wilayah Bekasi merupakan salah satu tempat favorit bagi para property seeker di tanah air.

Lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta dan harga huniannya yang masih relatif terjangkau menjadi beberapa alasan utama mengapa Bekasi tidak pernah mati.

Selain itu, akses transportasi umum yang semakin terjangkau membuat property value dari kota tersebut naik.

Hal ini bisa dilihat dari tren harga rumah tahunan di Bekasi yang terdongkrak cukup besar pada periode Agustus 2022 – Agustus 2023.

Penasaran seberapa besar naiknya?

Yuk, langsung saja kita simak informasi lengkap tentang harga rumah tahunan di Bekasi dan beberapa wilayah lainnya berikut ini.

Tren Harga Rumah Tahunan di Indonesia Naik 3,4 Persen

harga rumah tahunan di indonesia

Sumber: Shutterstock

Berdasarkan data Flash Report 99 Group pada bulan September 2023, harga rumah tahunan dari Agustus 2022 hingga Agustus 2023 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 3,4 persen.

11 dari 13 kota dalam indeks mengalami kenaikan yang cukup besar.

Kota Makassar mencatat kenaikan harga tahunan tertinggi sebesar 10,7 persen.

Sementara itu, Bekasi memimpin kenaikan di Jabodetabek hingga 5,8 persen.

Kenaikan tersebut bukan tanpa sebab, terdapat beberapa aspek yang menyebabkan harga rumah tahunan di Bekasi naik di atas rata-rata nasional.

Harga Rumah Tahunan di Bekasi Naik hingga 5,8 Persen

harga rumah tahunan di bekasi

Sumber: Shutterstock

Bekasi merupakan salah satu kota dengan kenaikan harga rumah tahunan dari Agustus 2022 – Agustus 2023 tertinggi di Indonesia mencapai 5,8 persen.

Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti minat pembeli yang tinggi, fasilitas publik semakin mumpuni hingga akses transportasi yang semakin baik.

Pembangunan LRT Jabodebek yang terus dikebut oleh pemerintah dan sudah beroperasi saat ini menjadi pemicu utama yang membuat harga hunian di Bekasi meningkat.

Selain itu, sejak bulan Januari 2023, tren peminatan rumah sewa dan jual di Bekasi mengalami peningkatan.

Periode Januari hingga Agustus 2023, permintaan rumah jual tercatat sebesar 82,5 persen dan rumah sewa mencapai 92,8 persen.

Kalau dibandingkan dengan bulan Juli 2023 lalu, pertumbuhannya terbilang signifikan, yakni 72,8 persen untuk rumah jual dan 41,9 persen untuk rumah sewa.

Ada lima kecamatan paling populer dalam pencarian hunian di Bekasi.

Berikut ini adalah daftarnya

  1. Medan Satria (11,8%),
  2. Pondok Gede (11%),
  3. Bekasi Barat (8,3%),
  4. Jatiasih (8,1%)
  5. Bekasi Utara (6,8%).

Kelima area ini memiliki karakteristik yang mirip, yakni adanya pengembangan area komersial dengan dukungan fasilitas publik yang komprehensif, aksesibilitas memadai, dan lokasinya relatif dekat dari Jakarta.

Tiga area teratas, Medan Satria, Pondok Gede dan Bekasi Barat berbatasan langsung dengan Jakarta Timur, sehingga jarak tempuh dari dan ke pusat Jakarta cenderung lebih pendek.

Pada area ini juga terdapat pengembangan berskala kecil hingga berskala kota mandiri, sehingga menarik proporsi peminatan lebih besar dibandingkan kecamatan lainnya.

Sedangkan dari sisi usia, pembeli potensial yang mencari properti di area Bekasi umumnya merupakan kalangan usia 25-34 tahun (40%) dan 45-54 tahun (27,5%).

Ini disebabkan karena harga properti di Bekasi, terutama yang dekat dari Jakarta seperti wilayah Depok dan Bogor, lebih tinggi dibandingkan kota satelit lain.

Alhasil, Bekasi lebih diminati generasi muda yang lebih matang dan punya daya beli lebih tinggi dibandingkan kelompok usia yang lebih muda yaitu 18-24 tahun.

Kenaikan Harga Rumah di Wilayah Lainnya

harga rumah tahunan daerah lain

Sumber: Rumah123

Selain Bekasi, kenaikan harga tahunan hunian di Makassar juga terbilang agresif sejak awal Januari sampai Agustus 2023 mencapai 10,7 persen.

Kota yang identik dengan Pantai Losari tersebut menjadi kota dengan kenaikan harga rumah tertinggi pada periode Agustus 2022 sampai Agustus 2023.

Berikut ini adalah daftar harga kenaikan rumah tahunan di beberapa wilayah lainnya:

  1. Denpasar (7,3%)
  2. Medan (5,7%)
  3. Semarang (4,8%)
  4. Bogor (4,5%)
  5. Tangerang (4,3%)
  6. Surabaya (3,2%)
  7. Depok (2,7%)
  8. Surakarta (2,3%)
  9. DKI Jakarta (1,8%)

Adapun wilayah terpopuler terkait permintaan hunian selama bulan Agustus ditempati Tangerang (14,9%) persen dari total listing enquiries untuk rumah di Indonesia, diikuti Jakarta Barat (10,6%) dan Jakarta Selatan (10,3%).

Pembeli potensial di area Tangerang berasal dari kalangan usia 25-34 tahun (31,8%), 18-24 tahun (21,6%) dan kelompok usia 45-54 tahun (20,4%).

Lima area kecamatan dengan permintaan tertinggi di kawasan Tangerang dan sekitarnya adalah Serpong, Karawaci, Cipondoh, Cikupa dan Ciledug.

“Pasar potensial area Serpong, Karawaci dan Cipondoh umumnya selain menyasar keluarga muda, juga menarik minat pasar yang lebih mature dengan daya beli yang lebih tinggi.

Umumnya mereka juga merupakan warga asal Jakarta yang mencari rumah dengan luasan lebih besar serta dekat dari fasilitas publik. Sementara, pembeli di area Cikupa umumnya keluarga muda ataupun pekerja di area industri dengan daya beli yang lebih terbatas.

Sedangkan Ciledug, meskipun tidak didukung pengembangan berskala kota seperti Serpong ataupun Karawaci, memiliki daya saing karena lokasinya yang dekat dari Jakarta,” terang Business Improvement General Manager 99 Group Indonesia, Shafirra Shikka Larasati dalam siaran pers.

Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa unduh Flash Report edisi September 2023, ya!

***

Nah, itulah sedikit informasi tentang tren harga rumah tahunan di beberapa wilayah di tanah air.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Property People!

Yuk, cek situs Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran rumah terbaik seperti di Dago Village.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Baca berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya