OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Harga Rumah Subsidi Resmi Naik, Paling Murah Berapa?

04 Juli 2023 · 3 min read Author: Rulfhi Alimudin Pratama S

gambar rumah subsidi

gambar rumah subsidi | Arthur Dwijaya / Shutterstock.com

Punya niat membeli rumah tahun ini? Sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya survei harga rumah subsidi tahun 2023.

Melansir Detik.com, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menetapkan batasan harga jual rumah tahun 2023-2024.

Diinformasikan bahwa harga rumah subsidi naik, paling mahal dibanderol Rp240 juta per unit.

Aturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 689/KPTS/M/2023 tentang Batasan Luas Tanah, Luas Lantai, dan Batasan Harga Jual Rumah Umum Tapak dalam Pelaksanaan Kredit/Pembiayaan Perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, serta Besaran Subsidi Bantuan Uang Muka Perumahan yang telah ditandatangani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada 23 Juni 2023.

Kementerian PUPR meminta agar kenaikan harga ini tidak dikenakan pada konsumen yang sudah memesan rumah dan terikat kata sepakat dengan pengembang sebelum aturan ini diundangkan.

“Dalam hal rumah sudah dipesan dan harga jual rumah telah disepakati antara masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan pengembang, dan dituangkan dalam surat pemesan rumah sebelum Keputusan Menteri PUPR Nomor 689/KPTS/M/2023 berlaku, maka harga jual rumah yang digunakan sesuai dengan surat pemesanan rumah,” kata Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PUPR Herry Trisaputra Zuna.

Menurutnya, Kepmen PUPR ini merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2023 tentang Batasan Rumah Umum, Pondok Boro, Asrama Mahasiswa dan Pelajar, serta Rumah Pekerja yang Dibebaskan dari Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai.

Pertimbangan Kenaikan Harga Rumah Subsidi

harga rumah subsidi

Sumber: Istockphoto.com

Lantas, pertimbangan apa saja yang membuat Pemerintah resmi menaikan harga rumah subsidi pada tahun ini?

Masih melansir sumber yang sama, kenaikan harga jual rumah ini telah mempertimbangkan beberapa hal.

Adapun hal-hal tersebut antara lain adanya kenaikan harga bahan bangunan dan lahan, serta keterjangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Selain itu, sebagai upaya Kementerian PUPR dalam melakukan pengawasan terhadap kualitas rumah subsidi yang dibangun oleh pengembang perumahan agar tetap memenuhi standar rumah layak huni.  

Rincian Harga Rumah Subsidi Tahun 2023

harga rumah subdisi naik

Sumber: Shutterstock.com

Dalam peraturan ini, batasan harga jual tertinggi dibagi menjadi lima wilayah.

Berikut rincian lengkapnya!

  • Wilayah Jawa (kecuali Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan Sumatra (kecuali Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai) untuk 2023 sebesar Rp162 juta dan 2024 sebesar Rp166 juta.
  • Wilayah Kalimantan (kecuali Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Mahakam Ulu) pada 2023 sebesar Rp177 juta dan 2024 Rp182 juta.
  • Wilayah Sulawesi, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai, dan Kepulauan Riau (kecuali Kepulauan Anambas) sebesar Rp168 juta di 2023 dan 2024 sebesar Rp173 juta.
  • Wilayah Maluku, Maluku Utara, Bali dan Nusa Tenggara, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Kepulauan Anambas, Kabupaten Murung Raya, dan Kabupaten Mahakam Ulu untuk 2023 sebesar Rp181 juta, serta 2024 sebesar Rp185 juta.
  • Wilayah Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya dan Papua Selatan untuk tahun 2023 sebesar Rp234 juta dan mulai tahun 2024 sebesar Rp240 juta.

***

Itulah kabar terbaru terkait harga rumah subsidi tahun 2023-2024. 

Semoga berguna, Property People. 

Temukan informasi menarik seputar inspirasi hunian hanya di artikel.rumah123.com.

Pastikan juga untuk mengikuti Google News kami, ya. 

Kunjungi juga www.rumah123.com untuk menemukan hunian idaman yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Rulfhi Alimudin Pratama S

Content Writer

Mengawali karier kepenulisan sebagai penulis lepas di beberapa media daring sejak 2016. Kini mencurahkan pikiran untuk menulis properti, gaya hidup, marketing, hingga teknologi di Berita 99 dan Rumah123.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA