OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Baru Saja Naik, Inilah Daftar Harga Rumah Subsidi 2024. Paling Murah Rp166 Juta!

03 Januari 2024 · 3 min read Author: Hendi Abdurahman · Editor: Bobby Agung Prasetyo

harga rumah subsidi 2024

harga rumah subsidi 2024 naik

Harga rumah subsidi baru saja mengalami kenaikan per 1 Januari 2024. Lantas, berapa harga termurah dan termahal? Baca informasi berikut ini!

Property People, harga rumah subsidi naik per 1 Januari 2024 sesuai dengan regulasi teranyar.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 689/KPTS/M/2023 tentang Batasan Luas Tanah, Luas Lantai, dan Batasan Harga Jual Rumah Umum Tapak Dalam Pelaksanaan Kredit/Pembiayaan Perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, serta Besaran Subsidi Bantuan Uang Muka Perumahan.

Menurut Dirjen Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna, tujuan kenaikan rumah subsidi ini untuk menjaga keberlangsungan keberlanjutan program pembiayaan perumahan (sustainability).

Selain itu, kenaikan tersebut juga sebagai upaya Kementerian PUPR dalam melakukan pengawasan terhadap kualitas rumah subsidi yang dibangun pengembang agar memenuhi standar rumah layak huni.

Daftar Harga Rumah Subsidi 2024

harga rumah subsidi 2024

sumber: pu.go.id

Untuk diketahui, batasan harga jual rumah tapak tertinggi dibagi ke dalam 5 wilayah.

Berikut ini adalah daftar lengkap harga rumah subsidi terbaru tiap-tiap wilayah.

  • Wilayah Jawa (kecuali Jabodetabek) dan Sumatera (kecuali Kep. Riau, Bangka Belitung, Kep. Mentawai) harga rumah subsidi menjadi Rp166 juta dari sebelumnya Rp162 juta.
  • Wilayah Kalimantan (kecuali Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Mahakam Ulu) harga rumah subsidi menjadi Rp182 juta dari sebelumnya Rp177 juta.
  • Wilayah Sulawesi, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai, dan Kep. Riau (kecuali Kepulauan Anambas) menjadi Rp173 juta dari sebelumnya Rp168 juta.
  • Wilayah Maluku, Maluku Utara, Bali, Nusa Tenggara, Jabodetabek, Kepulauan Anambas, Kabupaten Murung Raya, dan Kabupaten Mahakam Ulu menjadi Rp185 juta dari sebelumnya Rp181 juta.
  • Wilayah Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya, dan Papua Selatan menjadi Rp240 juta dari sebelumnya Rp234 juta.

Alasan Wilayah Rumah Subsidi di Papua Cukup Mahal

Junaidi Abdullah selaku Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) memberikan alasan terkait harga rumah subsidi di wilayah Papua yang cukup mahal.

Menurutnya, hal tersebut dipengaruhi oleh harga material yang juga tinggi.

“Papua mahal karena material komponen yang paling berpangaruh,” ujarnya dikutip dari cnbcindonesia.com.

Maka dari itu, wilayah Papua pun mendapatkan bantuan uang muka paling besar, yakni sebesar Rp10 juta sedangkan di wilayah lain hanya Rp4 juta.

Di sisi lain, nantinya harga rumah subsidi terbaru bakal berubah secara otomatis si laman Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang).

***

Itulah informasi mengenai harga rumah subsidi terbaru, Property People.

Semoga bermanfaat, ya.

Agar tidak ketinggalan informasi terkini, jangan lupa untuk follow Google News Rumah123.

Temukan rekomendasi hunian terbaik dengan mengunjungi laman Rumah123.com.

Tidak perlu khawatir, mewujudkan rumah idaman kini semakin mudah karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Hendi Abdurahman

Content Writer

Mengawali karier sebagai penulis lepas seputar tema olah raga di sejumlah media online. Sejak 2021 menjadi penulis konten di 99 Group dengan cakupan tema meliputi properti, marketing, dan gaya hidup. Senang menjelajah kota di akhir pekan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA