OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Hadits tentang Silaturahmi beserta Artinya. Pahami dengan Benar!

06 April 2023 · 2 min read Author: Alya Zulfikar

hadis tentang silaturahmi islam

sumber: shutterstock.com

Allah Swt. menyukai hambanya yang gemar menjaga silaturahmi, bahkan hal ini disebutkan dalam beberapa hadis. Berikut ini kumpulan hadits tentang silaturahmi yang perlu kamu ketahui!

Dalam agama Islam, Allah telah mengatur sedemikian rupa tentang bagaimana manusia menjalani hidup dengan benar.

Dalam surah An-Nisa ayat 36, ada lima perintah yang disampaikan Allah, yakni perintah ibadah khusus dan umum, perintah patuh kepada orang tua, perintah menjaga hubungan baik dengan kerabat, perintah berbuat baik dengan masyarakat sekitar, dan perintah menghindari sifat sombong.

Pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah hablum minallah (hubungan baik dengan Allah) dan hablum minannas (hubungan baik dengan sesama manusia), ‘kan?

Manusia tidak sekadar harus menjaga hubungan terhadap Allah, tetapi juga kepada sesamanya.

Oleh karena itu, memenuhi perintah hablum minannas, kita harus menjaga silaturahmi.

Simak hadits tentang silaturahmi berikut ini!

Hadits tentang Silaturahmi beserta Artinya

1. Hadits tentang Menjalankan Silaturahmi

hadis tentang silaturahmi

hadits tentang silaturahmi

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ، وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ، ذَرْهَ

Artinya: “Beribadahlah kepada Allah Swt. dengan sempurna jangan syirik, dirikanlah salat, tunaikan zakat, dan jalinlah silaturahmi dengan orang tua dan saudara.” (HR. Bukhari)

2. Hadits Makna Bersilaturahmi

hadits silaturahmi

hadis mengenai silaturahmi

لَيْسَ الْوَاصِلُ بِالْمُكَافِئِ، وَلَكِنِ الْوَاصِلُ الَّذِي إِذَا قَطَعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا

Artinya: “Silaturahmi bukanlah yang saling membalas kebaikan, tetapi yang berusaha menjalin hubungan baik meski lingkungan terdekat merusak hubungan persaudaraan dengan dirinya.” (HR. Bukhari)

3. Hadits Azab Memutus Silaturahmi

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجِّلَ اللَّهُ تَعَالَى لِصَاحِبِهِ الْعُقُوبَةَ فِي الدُّنْيَا – مَعَ مَا يَدَّخِرُ لَهُ فِي الآخِرَةِ – مِثْلُ الْبَغْىِ وَقَطِيعَةِ الرَّحِمِ

Artinya: “Tidak ada dosa yang lebih pantas disegerakan balasannya bagi para pelakunya di dunia—bersama dosa yang disimpan untuknya di akhirat—daripada perbuatan zalim dan memutus silaturahmi.” (HR. Abu Daud) 

4. Hadits Silaturahmi Melapangkan Rezeki

عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya: “Dari Ibnu Syihab dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Anas bin Malik bahwa Rasulullah saw. bersabda: ‘Barang siapa ingin lapangkan pintu rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung tali silaturahmi.’” (HR. Bukhari) 

5. Hadits tentang Memelihara Silaturahmi

مَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ، ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ، ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أوْ لِيَصْمُتْ

Artinya: “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia memuliakan tamunya dan barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia menyambung tali silaturahmi, dan barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia berkata baik atau diam.” (HR. Bukhari)

***

Itulah beberapa hadits tentang silaturahmi beserta artinya.

Baca artikel informatif lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa untuk mengikuti Rumah123 di Google News agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

Kalau kamu sedang mencari hunian yang sesuai kriteria, dapatkan rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com.

Tak perlu pusing lagi menemukan rumah impian karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


alya

Content Writer

Berkarier di dunia kepenulisan sejak 2018 sebagai penulis lepas. Kini menjadi penulis di 99 Group dengan fokus seputar gaya hidup, properti, hingga teknologi. Gemar menulis puisi, memanah, dan mendaki gunung.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA