Ilustrasi Memasang Lukisan di Rumah (Rumah123/Remodelista)

Tidak perlu menunggu jadi orang kaya raya dulu untuk bisa memiliki karya seni. Banyak karya seni yang bagus dan bisa didapatkan dengan harga murah.

Atau mungkin kamu mendapatkan warisan karya seni dari kakek nenek atau orang tua. Bisa jadi ada lukisan bagus yang selama ini hanya ditaruh di gudang.

Baca juga: Pajang Foto dan Lukisan? Ga Masalah Asal Bukan Foto Ibu Pengabdi Setan

Jika memiliki lukisan bagus, sering muncul pertanyaan bagaimana menggantung lukisan di dinding. Hmm, ada saran menarik dari seorang pakar.

Situs desain interior Remodelista menanyakan hal ini kepada Janet Bishop, dia merupakan kurator lukisan dan patung di San Francisco Museum of Modern Art. Salah satu pameran yang pernah dikurasinya mengikutsertakan lukisan karya para maestro seperti Matisse dan Picasso.

Baca juga: Unik Juga Ya, Lampu yang Terinspirasi dari Lukisan

“Ada aturan ibu jari, menggantung karya seni di tengah-tengah bagian dinding antara 1,2 meter hingga 1,5 meter bakal cocok,” ujar Bishop kepada Remodelista.

“Ketika memasang atau mulai mengoleksi karya seni, coba hitung tinggi secara keseluruhan, termasuk ruang yang kamu bayangkan di antara bingkai lukisan dan di tengahnya,” lanjut Bishop.

Baca juga: Lukisan Seharga Rp6 Triliun? Kalau Beli Rumah Dapat Berapa Banyak Ya?

“Tentunya, ada penyesuaian yang harus dilakukan untuk mengakomodasikan furnitur dan detil arsitektur lainnya yang mungkin ada di ruang tersebut. Menggantung karya seni di rumah lebih menyulitkan dibandingkan melakukannya di area galeri yang kosong,” kata Bishop lagi.

Nah, jadi tidak terlalu sulit untuk menggantung lukisan di rumah kamu kan? Kamu hanya perlu menyesuaikan besar lukisan dan besar ruangan. Ukur keduanya agar pas.

Baca juga: Yuk, Pasang Lukisan Vintage di Ruang Makan

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan lukisan dengan perabot dan desain interior ruangan. Nggak lucu kan kalau lukisan malah tidak bisa mempercantik ruangan.

Bagikan: 922 kali