OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Ini Besaran Gaji PPSU 'Pasukan Oranye' DKI Jakarta, Bisa Melebihi UMR!

19 Agustus 2022 · 3 min read Author: Reyhan Apriathama

petugas ppsu pasukan oranye

Simak daftar besaran gaji PPSU yang bertugas menjaga kebersihan dan ketertiban kota Jakarta secara lengkap berikut ini. 

Warga Jakarta pastinya sudah tidak asing dengan keberadaan petugas PPSU atau pasukan oranye, yang bertugas menjaga kebersihan lingkungan di seluruh penjuru kota.

Meski dikenal berkutat dengan kebersihan, namun ada banyak tugas yang dilakukan PPSU terkait sarana umum berbagai fasilitas di DKI Jakarta.

Punya julukan sebagai pasukan oranye, PPSU merupakan salah satu andalan Gubernur DKI Jakarta pada era Ahok dalam menata kebersihan Ibu Kota.

Bahkan pekerjaan petugas PPSU juga diatur dalam Pergub DKI Jakarta No.7 Tahun 2017 sebagai pekerjaan yang tidak dapat ditunda karena akan mengakibatkan kerugian, bahaya dan lain-lainnya.

Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kepentingan publik/masyarakat mulai dari satuan wilayah kelurahan untuk memastikan fungsi prasarana publik sesuai peruntukannya. 

Dikenal sebagai orang yang berjasa dalam menjaga kebersihan maupun keindahan di kota Jakarta? Apa saja tugas dan gaji PPSU? 

Untuk itu, simak pembahasannya bersama-sama!

Tugas PPSU Atau Pasukan Oranye 

Gaji PPSU Pasukan Oranye

Sumber: GoodnewsfromIndonesia.id

Seorang pasukan oranye atau petugas PPSU meliputi ruang lingkup kerja yang meliputi:

1. Prasarana dan Sarana Jalan: Berkaitan dengan sarana utilitas milik negara dan daerah di wilayah Kelurahan seperti pembatas jalan, trotoar hingga kantin sekolah negeri.

2. Prasarana dan Sarana Saluran Air: Hal yang berkaitan dengan saluran air yang rusak, gangguan mampet di jalur lokal, dan pelaporan terhadap aktivitas yang merusak saluran air kepada Lurah.

3. Prasarana dan Sarana Taman: Berkaitan dengan pohon tumbang, tebang pilih, perawatan rumput, dan pemeliharaan RTH di Kelurahan.

4. Sarana Kebersihan: Penyapuan, pembersihan jalan dan pencegahan vandalisme.

5. Penerangan Jalan Umum: Hal yang berkaitan dengan penerangan dan utilitas bangunan terkait kepentingan umum.

Berapakah Besaran Gaji PPSU yang Menjaga Kebersihan Ibu Kota Jakarta? 

Petugas Kebersihan pasukan oranye

Sumber: Kumparan.com

Dilansir dari CNBC Indonesia, gaji PPSU yang tidak mudah tersebut diganjar sesuai UMP DKI Jakarta yang disesuaikan setiap tahunnya.

Berdasarkan aturan UMP pada 2022, ditetapkan jika gaji PPSU senilai Rp4,641,854 per bulannya. 

Tak hanya gaji standar UMP DKI Jakarta, pasukan oranye juga memperoleh peralatan kerja dan jaminan kesehatan sesuai UU yang berlaku.

Adapun, apabila ada petugas PPSU dengan tugas khusus seperti operator alat berat juga memperoleh penghasilan tambahan, sebagai contoh PPSU di TPA Bantar Gebang mendapatkan tambahan Rp1,2 juta per bulan. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang gaji PPSU yang bertugas menjaga kebersihan Ibu Kota dan menjadi kebanggaan di era Gubernur Ahok.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti Summarecon Mutiara Makassar , hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: ,


Reyhan Apriathama
Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA