gambar anak belajar

Bingung membuat teks ulasan yang benar dan nyaman dibaca? Pelajari penjelasan dan contoh teks ulasan berikut ini, ya!

Pengertian teks ulasan adalah jenis teks yang memuat tentang ulasan terhadap suatu hal seperti buku, film, lagu, hingga produk.

Teks ulasan berfungsi untuk memberikan penilaian serta kritik terhadap sesuatu yang diulas.

Lebih lengkapnya, simak penjelasan dan contoh teks ulasan di bawah ini, yuk!

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Berikut beberapa ciri-ciri teks ulasan singkat yang membedakannya dari jenis teks lainnya:

  • Memiliki empat struktur, yakni orientasi, penafsiran, evaluasi, dan rangkuman
  • Memuat informasi berdasarkan opini penulis terhadap sebuah karya atau produk
  • Opini yang disampaikan oleh penulis berdasarkan fakta yang diinterpretasikan
  • Memiliki sebutan lain, yakni resensi

Tujuan Teks Ulasan

Sama seperti jenis teks lainnya, teks ulasan pun memiliki tujuannya sendiri. Berikut tujuan teks ulasan yang harus kamu ketahui:

  • Memberitahu serta mengajak pembaca untuk ikut merasakan, merenungkan, dan menilai masalah yang terdapat dalam sebuah karya
  • Memberikan pertimbangan kepada pembaca yang hendak menikmati sebuah karya atau produk, apakah layak untuk dinikmati atau tidak
  • Memberikan informasi terkait kelebihan dan kekurangan karya yang diulas
  • Memudahkan pembaca untuk memahami keterkaitan antara suatu karya yang sejenis

Struktur Teks Ulasan

  • Orientasi

Orientasi adalah bagian pertama dalam struktur ulasan yang menjelaskan tentang gambaran umur dari sebuah karya yang diulas.

Di dalam orientasi ini, juga disebutkan apa saja yang akan dibahas di dalam ulasan.

  • Ulasan

Ulasan adalah bagian berupa tafsiran yang memuat penjelasan rinci terkait sebuah karya.

Misalnya tentang bagian-bagian sebuah karya keunikan, keunggulan, kualitas, dan sebagainya.

  • Penilaian

Penilaian adalah bagian evaluasi yang memuat pandangan penulis terhadap karya yang diulas.

Bagian ini merupakan hasil dari tafsiran yang berisikan kelebihan dan kekurangan dari karya yang diulas.

  • Rangkuman

Rangkuman adalah bagian yang menjadi kesimpulan dari karya yang diulas dan memuat komentar terkait kualitas dari karya tersebut menurut pandangan pengulas.

Contoh Teks Ulasan Singkat

  • Contoh Teks Ulasan Novel

novel raditya dika bukukita.com

Judul

Cinta Brontosaurus

Orientasi

Judul buku: Cinta Brontosaurus

Penulis: Raditya Dika

Penerbit: Gagas Media

Tahun terbit: 2006

Ulasan

Seorang penulis bernama Dika baru saja putus cinta dari Nina. Sejak itu, dia percaya bahwa cinta ada masa kadaluarsanya. Namun, Kosasih yang merupakan agen naskah Dika berusaha membangkitkan kembali kepercayaan Dika terhadap cinta. Usaha ini menempatkan Dika pada perkenalan dan perjumpaan absurd dengan berbagai wanita.

Hingga tanpa disengaja, Dika berjumpa dengan Jessica yang ternyata memiliki jalan pemikiran sama anehnya dengan Dika. Di sisi lain, Dika mendapatkan tawaran film dari bukunya yang berjudul “Cinta Brontosaurus”. Namun, masalah lain datang ketika naskahnya harus diubah menjadi genre film horor yang saat itu sedang tenar. Padahal buku itu mengisahkan pengalamannya memahami cinta.

Penilaian

Tampilan buku ini sangat menarik dengan cover yang terlihat ceria. Isi buku cukup mengaduk emosi pembacanya dengan sentuhan komedi, cinta, hingga kehidupan sehari-hari. Bahasa dalam buku ini sangat menggambarkan kehidupan anak muda zaman sekarang yang terbiasa dengan bahasa gaul daripada bahasa Indonesia yang baik, meskipun akhir ceritanya mengambang dan banyak kata vulgar.

Kesimpulan

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, buku ini mengundang minat banyak orang karena nama besar penulisnya. Sisi humor Raditya Dika yang dituangkan di dalam buku ini dan mampu menghibur setiap pembacanya.

  • Contoh Teks Ulasan Film

tenggelamnya kapal van der wijck novel goodreads.com

Judul

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Orientasi

“Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” adalah sebuah film adaptasi dari novel klasik Indonesia berjudul sama karya Buya Hamka. Film ini dirilis pada 19 Desember 2013 dan dibintangi oleh artis berbakat seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, serta Reza Rahardian. Film ini juga disutradarai oleh Sunil Soraya yang menjadi salah satu karya suksesnya di tahun 2013.

Ulasan

Film ini mengisahkan tentang lika-liku kehidupan Zainudin pada tahun 1930 yang berlayar dari Makassar ke Batipuh, tanah kelahiran sang ayah. Di sana ia bertemu dengan Hayat, wanita yang membuatnya jatuh hati. Namun sayang, kisah cinta mereka terhalang perbedaan suku, derajat ekonomi, dan juga takdir yang lebih membawa Hayati untuk dinikahi oleh Aziz.

Penilaian

Film berdurasi 2,5 jam ini memperlihatkan situasi Indonesia pada tahun 1930an, namun usaha untuk menampilkan atmosfer klasik dalam film ini kurang berhasil. Alur cerita terkesan lambat dan ada beberapa bagian yang terasa kurang menarik. Beberapa konflik kurang memuncak dan berujung datar kembali. Penggunaan lagu Nidji juga dirasa kurang pas, karena melodi yang digunakan terkesan modern.

Kesimpulan

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan seperti dari alur cerita yang terlalu lambat, visual effect yang kurang bagus, dan lain sebagainya, film ini masih tetap layak untuk ditonton. Penggunaan kata-kata yang pas dan kostum apik membuat film ini menjadi salah satu yang terbaik di tahun 2013. Kata-kata puitis sepanjang film membuatnya menarik untuk ditonton dan menambah khasanah pengetahuan.

***

Jangan lupa membaca artikel rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena rumah123.com memang #AdaBuat Kamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di rumah123.com dan www.99.co/id.

Dapatkan hunian terbaik, salah satunya di Srimaya Residence!

Bagikan:
1273 kali