OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

4 Contoh Recount Text tentang Liburan. Lengkap dengan Artinya!

18 Desember 2023 · 4 min read Author: Nik Nik Fadlah · Editor: M. Iqbal

contoh recount text tentang liburan

Contoh recount text tentang liburan ini sangat menarik untuk dibaca dan bisa menjadi referensi ketika kamu ingin membuatnya. Simak ulasannya, yuk!

Liburan adalah momen yang paling dinantikan untuk anak sekolah karena ini adalah waktu yang tepat untuk melepas penat dan mengisi ulang energi. 

Ketika liburan telah usai, biasanya para siswa akan diberikan sebuah tugas untuk menceritakan pengalaman liburannya, seperti membuat recount text

Menurut buku Jenis-Jenis Teks dalam Bahasa Inggris karya Joko Prayudha S, recount text adalah sebuah teks yang bertujuan untuk menceritakan kejadian di masa lampau kepada pembaca. 

Ada banyak topik yang bisa diangkat dalam jenis teks ini, mulai dari pengalaman mengikuti kegiatan, pengalaman liburan, hingga cerita pengalaman pribadi

Nah, bagi kamu yang ingin membuat recount text tentang liburan, simak berbagai contohnya di sini, ya!

Contoh Recount Text tentang Liburan Singkat

1. Contoh Recount Text tentang Pengalaman Pribadi

Going to Cermin Beach

A few months ago, I went to Cermin Beach with my family. It is located in Serdang Bedagai Regency, about 53 km from Medan city, North Sumatera.

The trip took about 1,5 hours. We left from Medan at 07.30 using a car and we arrived at 09.00 o’clock.

As we arrived, my parents rented a hut to take a rest. My brother and I immediately ran towards the beach.

It was a sunny day with the blue sky and I felt a gentle breeze.

The waves were suitable for swimming, but unfortunately, I couldn’t swim. I just played with white sand and built a sand castle.

Before we know it, it was starting to get late. We hurried to go home. Before went home, I bought some souvenirs there. Finally, we arrived at 6:00 PM because we were caught in a traffic jam.

Arti:

Beberapa bulan yang lalu, saya pergi ke pantai Cermin bersama keluarga. Pantai ini terletak di Kabupaten Serdang Bedagai, sekitar 53 km dari kota Medan, Sumatera Utara.

Perjalanan ke sana memakan waktu sekitar 1,5 jam. Kami berangkat dari Medan pukul 07.30 menggunakan mobil dan sampai di sana sekitar pukul 09.00.

Sesampainya di sana, orang tua saya menyewa sebuah gubuk untuk beristirahat. Saya dan adik saya langsung berlari menuju pantai.

Hari itu terlihat cerah dengan langit biru dan saya merasakan angin sepoi-sepoi.

Ombak di sana cocok untuk berenang, tapi sayangnya saya tidak bisa berenang. Saya hanya bermain pasir putih dan membangun istana pasir.

Tak terasa, hari sudah mulai sore. Kami pun bergegas untuk pulang. Sebelum pulang, saya membeli beberapa oleh-oleh di sana. Akhirnya, kami sampai di rumah pukul 18.00 karena perjalanan yang macet.

2. Contoh Recount Text tentang Liburan di Rumah

My Staycation

This year’s school holidays were very different from previous years. I couldn’t go on vacation to another city or country with my family. I could only spend my vacation at home.

At first, I felt sad because I couldn’t go on vacation.

But, gradually, I realized that staying at home could also be fun. I could spend more time with my family and friends.

Usually, I slept until noon. I felt so tired from studying and doing homework for a semester. After waking up, I played games with my younger brother. 

Then, I helped my mother cook and clean the house. I also helped my father garden. I felt happy to be able to help my parents. 

My staycation this school holiday was very enjoyable. I could spend more time with my family and friends. I also learned new things.

Arti:

Liburan sekolah tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Saya tidak bisa pergi berlibur ke kota atau negara lain bersama keluarga. Saya hanya bisa menghabiskan liburan saya di rumah.

Awalnya saya merasa sedih karena tidak bisa pergi berlibur.

Namun, lambat laun, saya menyadari bahwa tinggal di rumah juga menyenangkan. Saya bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman-teman.

Biasanya, saya tidur sampai siang. Saya merasa sangat lelah karena belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah selama satu semester. Setelah bangun tidur, saya bermain dengan adik laki-laki saya.

Kemudian, saya membantu ibu memasak dan membersihkan rumah. Saya juga membantu ayah saya berkebun. Saya merasa senang bisa membantu orang tua.

Staycation saya di liburan sekolah kali ini sangat menyenangkan. Saya bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman-teman. Saya juga belajar banyak hal baru.

3. Contoh Recount Text tentang Liburan ke Pantai Bersama Keluarga

contoh recount text tentang liburan ke pantai bersama keluarga

4. Contoh Cerita Liburan Sekolah Bahasa Inggris Lucu

contoh recount text tentang liburan lucu

***

Itulah contoh recount text tentang liburan yang bisa menjadi referensi.

Baca juga ulasan lain mengenai pendidikan hanya di artikel.rumah123.com.

Agar tak ketinggalan berita terbaru, ikuti terus Google News kami, ya.

Yuk, segera wujudkan keinginan untuk membeli rumah impian bersama Rumah123 karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA