membersihkan rumah

Membersihkan rumah merupakan salah satu aktivitas wajib yang harus dilakukan, terlebih dalam masa pandemi sekalipun sedang dalam keadaan WFH.

Untuk diketahui, kebersihan rumah kerap menjadi hal yang sangat sensitif, sekalipun berpengaruh terhadap kenyamanan maupun produktivitas kerja saat di rumah.

Oleh sebab itu, cara membersihkan rumah pun tidak hanya menyapu dan mengepel saja, melainkan juga harus menyesuaikan kebutuhan maupun tata ruang rumah sehingga bisa dilakukan secara efektif.

Ada beberapa langkah dalam menjaga kebersihan rumah dengan baik, sekalipun tidak menguras tenaga dalam jumlah yang banyak.

Seperti apa cara terbaik dalam membersihkan rumah? Simak langkah-langkahnya berikut ini. 

Langkah-langkah membersihkan rumah berikut bisa menjadi solusi terbaik di masa WFH

Kamu pun bisa mengikuti langkah-langkah berikut dalam menjaga kebersihan rumah dengan baik dan steril selama masa WFH :

1. Bersihkan debu pada barang 

Langkah pertama adalah membersihkan berbagai perlengkapan yang menjadi sarang debu, seperti pajangan, figura, maupun bingkai foto di rumah.

Dengan membersihkan rumah dan debu dari barang pajangan kesayangan, debu tersebut nantinya akan turun terlebih dahulu ke bagian lantai supaya lebih mudah dibersihkan.

Adapun, debu pada barang-barang koleksi maupun pajangan tidak sepenuhnya dalam bentuk sekilas, melainkan juga harus kamu perhatikan sampai ke bagian sela-sela.

Kamu pun bisa menggunakan kain bersih microfiber untuk membersihkan debu supaya lebih steril, sekalipun tampak pada sisi attention to detail dari aksesoris rumah tersebut.

Baca Juga : Isi Kulkas dengan Rapi dan Bersih Melalui 9 Langkah Berikut Ini

2. Menyapu lantai 

Setelah debu tersebut turun ke bagian lantai, langkah membersihkan rumah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menyapu lantai.

Adapun, cara menyapu lantai yang benar dimulai dari ruangan terdalam rumah kamu, bisa dari dapur maupun halaman belakang rumah.

Sebagai contoh apabila ruangan terdalam adalah halaman belakang, selanjutnya kamu membersihkan area dapur, kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, lalu kamu buang ke luar.

Urutan menyapu lantai tersebut disesuaikan dengan tata ruang rumah supaya kamu tidak bekerja sampai dua kali. 

3.  Mengepel lantai 

Setelah menyapu lantai, langkah selanjutnya dalam membersihkan rumah adalah mengepel lantai rumah kembali.

Tujuan mengepel lantai adalah memastikan kebersihan rumah sekalipun menghilangkan bakteri dan menjadi lebih steril.

Pastikan kamu tidak salah mengepel, agar permukaan lantai tidak lengket dan menjadi lebih keset saat berjalan di rumah.

Kamu pun bisa menggunakan alat pel otomatis maupun mengepel lantai secara manual. 

4.  Buang tumpukan sampah 

Membersihkan rumah secara cepat dan efektif yang penting untuk kamu lakukan adalah membuang tumpukan sampah yang sudah dikeluarkan dari rumah, maupun tempat pembuangan sampah akhir.

Kamu pun bisa menggunakan trash bag untuk mengumpulkan berbagai sampah yang ada di dalam rumah, meski demikian penggolongan sampah harus terpisah.

Pemisahan jenis tumpukan sampah bertujuan untuk mempermudah pengolahan sampah, pada tempat pembuangan akhir.

Adapun, penggolongan sampah yang bisa kamu lakukan yakni memisahkan sampah organik maupun anorganik. 

5.  Membenahi area ruang keluarga 

Ruang keluarga menjadi salah satu spot favorit yang kerap dijadikan area berkumpul di rumah, sekalipun melakukan berbagai kegiatan, sehingga penumpukan sampah kerap terjadi.

Apabila kamu ingin membersihkan rumah secara efektif, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan maupun mengelap barang-barang yang sering dipegang oleh penghuni rumah.

Barang-barang tersebut yang harus diprioritaskan adalah remote TV, remote AC, meja dan lainnya.

Selain dibersihkan, tak ada salahnya untuk menggunakan tisu disinfektan supaya tidak menjadi sarang mikroba.

Sementara, untuk beberapa furnitur seperti sofa maupun meja terbuka, ada baiknya jika menggunakan vacuum cleaner.

6.  Bersihkan area karpet 

Untuk diketahui, karpet merupakan bagian yang sangat sensitif terhadap debu sekalipun harus diperhatikan secara mendalam. 

Pasalnya, saat membersihkan kamu pun kerap melihat karpet dan bulu saling berterbangan, sehingga rentan terhirup oleh anggota keluarga yang berada di rumah.

Supaya penyakit alergi debu berkurang secara bertahap, ada baiknya jika kamu membersihkan karpet tersebut seminggu sekali dengan alat penghisap debu.

7.  Rapikan kembali perlengkapan secara semula

Setelah semua bagian ruangan telah bersih, pastikan kamu membalikkan seluruh perlengkapan maupun perabot rumah secara semula.

Adapun, merapikan seluruh perlengkapan merupakan hal terakhir yang harus kamu lakukan, supaya tidak kerja dua kali, sekalipun debu menempel kembali.

Rapikan seluruh perlengkapan rumah saat semua perabot dalam keadaan bersih dan steril, sehingga debu tidak terasa di dalam rumah.

Baca Juga : Cara Membuat Pestisida Organik, Lebih Sehat dan Alami

Itulah beberapa langkah - langkah dalam membersihkan rumah secara efektif dan efisien.

Yuk, cari tahu referensi terbaik mengenai tips hidup sehat dari rumah selengkapnya di artikel.rumah123.com. 

"Temukan apartemen idaman dengan harga terjangkau di Sentraland Antapani."

Bagikan:
1465 kali