OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

6 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP, Bisa untuk Referensi Ujian Praktek!

30 April 2024 · 8 min read Author: Alya Zulfikar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

contoh pidato perpisahan kelas 9

contoh pidato perpisahan kelas 9 | shutterstock

Saat menginjak kelas 9, sering kali kita diberi tugas untuk membuat teks pidato perpisahan. Jika butuh referensi, berikut contoh pidato perpisahan kelas 9 SMP.

Menyusun teks pidato perpisahan adalah salah satu tugas yang kerap diberikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Tak sebatas menyusun, biasanya siswa juga akan diberikan tugas praktik untuk membacakan puisi tersebut di depan kelas.

Menyusun teks pidato memang bukanlah hal yang mudah sehingga tak jarang membutuhkan referensi.

Simak contoh pidato perpisahan kelas 9 SMP untuk ujian praktek berikut ini!

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9

1. Teks Pidato Perpisahan Kelas 9

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu guru, teman-teman kelas 9, serta adik-adik kelas 7 dan 8 yang saya cintai.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya mewakili teman-teman kelas 9 untuk menyampaikan pidato perpisahan.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat.

Hadirin yang saya hormati,

Hari ini, kita berkumpul di sini untuk melepas kepergian teman-teman kelas 9 yang telah menyelesaikan pendidikannya di SMP Negeri 1 Bandung.

Selama tiga tahun terakhir, kita telah bersama-sama belajar, bermain, dan saling berbagi cerita. Kita telah melewati banyak suka dan duka bersama.

Teman-teman kelas 9,

Kami mengucapkan terima kasih atas kebersamaannya selama ini. Terima kasih atas tawa dan tangisnya, terima kasih atas canda dan tawanya, terima kasih atas persahabatan dan dukungannya.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah membimbing dan mendidik kami selama tiga tahun ini. Berkat bimbingan Bapak/Ibu guru, kami dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk adik-adik kelas 7 dan 8,

Kami mohon maaf atas segala kesalahan yang pernah kami lakukan. Kami harap kalian dapat melanjutkan perjuangan kami dan menjadi generasi penerus yang lebih baik.

Hadirin yang saya hormati,

Perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya. Ini hanyalah awal dari perjalanan baru yang lebih menantang.

Untuk teman-teman kelas 9,

Semoga kalian dapat meraih cita-cita dan sukses di masa depan. Selalu ingatlah bahwa kalian selalu ada di hati kami.

Sekian pidato dari saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

2. Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 Pendek

contoh pidato perpisahan kelas 9 pendek

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu guru, serta teman-teman kelas 9 yang saya cintai.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan pidato perpisahan.

Tiga tahun yang lalu, kita semua bertemu di sini, di SMP Negeri 1 Bandung. Kita memulai perjalanan bersama, belajar dan berproses bersama. Kita saling mengenal, berbagi suka dan duka, dan tumbuh bersama.

Selama tiga tahun ini, kita telah banyak belajar. Kita belajar tentang ilmu pengetahuan, keterampilan, dan juga tentang kehidupan. Kita juga telah banyak mengalami perubahan, baik dari segi fisik maupun mental.

Terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah membimbing dan mendidik kami selama tiga tahun ini. Berkat bimbingan Bapak/Ibu guru, kami dapat tumbuh dan berkembang menjadi siswa yang lebih baik.

Terima kasih juga kepada teman-teman kelas 9 yang telah menjadi sahabat dan saudara bagi saya. Kita telah melalui banyak hal bersama. Kita telah tertawa bersama, menangis bersama, dan saling menguatkan satu sama lain.

Sekarang, saatnya kita berpisah. Kita akan melanjutkan perjalanan masing-masing. Namun, saya yakin, kita akan tetap saling mengingat dan mendukung.

Semoga kita semua dapat meraih cita-cita dan sukses di masa depan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

3. Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 Bahasa Jawa

contoh teks pidato perpisahan kelas 9 bahasa jawa

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Ingkang kula hormati bapak/ibu sirah sekolah, bapak/ibu guru, saha kanca-kanca kelas 9 ingkang kula tresnani. 

Ing kesempatan ingkang bingah puniki, kula kajengsanjangaken pidato perpisahan. 

Tigang warsa ingkang rumiyin, kita sami kepanggih wonten ngriki, wonten SMP Nagari 1 Bandung. Kita miwiti perjalanan sareng, sinau lan berproses sareng. Kita sami-sami tepang, berbagi remen lan duka, lan thukul sareng.

Salami tigang warsa puniki, kita sampun kathah sinau. Kita sinau bab elmi kawruh, katrampilan, saha bab gesang. Kita ugi sampun kathah ngalami ebah, nggih saking segi fisik utawi mental. 

Matur nuwun kalih bapak/ibu guru ingkang sampun mbimbing lan mucal kita salami tigang warsa puniki. Berkat bimbingan bapak/ibu guru, kita angsal thukul lan berkembang dados siswa ingkang langkung sae. 

Matur nuwun ugi kalih kanca-kanca kelas 9 ingkang sampun dados mitra lan sadherek kangge kula. Kita sampun nglangkungi kathah bab sareng. kita sampun nggujeng sareng, nangis sareng, lan sami-sami ngiyataken setunggal kalih sanes. 

Sapunika, kalanipun kita pisahan. Kita ajeng nglajengaken perjalanan piyambak-piyambak. Nanging, kula saestu, kita ajeng tetep sami-sami ngemut-emut lan nyengkuyung. 

Mugi-mugi kita sami angsal nggayuh gegayuhan lan sukses wonten masa ngajeng. 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

4. Teks Pidato Perpisahan kelas 9 yang sangat Menyentuh

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman kelas 9 yang saya cintai.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah Swt., atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Pertama-tama, saya mewakili teman-teman kelas 9 mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru yang telah membimbing kami selama tiga tahun ini. Terima kasih atas ilmu, bimbingan, dan nasihat yang telah diberikan kepada kami.

Teman-teman yang saya cintai,

Tiga tahun yang lalu, kita masih sekumpulan anak-anak yang baru mengenal dunia sekolah. Kita masih malu-malu, takut, dan tidak tahu apa-apa. Namun, berkat bimbingan Bapak dan Ibu Guru, kita telah tumbuh dan berkembang menjadi remaja yang mandiri dan berilmu.

Selama tiga tahun ini, kita telah banyak belajar bersama. Kita belajar tentang pelajaran akademis, pelajaran moral, dan pelajaran kehidupan. Kita juga telah saling mengenal dan menjalin persahabatan yang erat.

Hari ini, kita harus berpisah. Kita akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, persahabatan kita akan tetap terjaga.

Saya berharap, kita semua dapat meraih cita-cita yang kita impikan. Kita juga harus menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara.

Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman kelas 9 yang saya cintai.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

5. Pidato Perpisahan Kelas 9 Bahasa Inggris

Good morning, everyone.

Dear teachers, fellow students, and honored guests.

I stand before you today with a mix of emotions – excitement for the future that lies ahead, and a tinge of sadness for the memories we leave behind. As we gather here today, we mark the end of our journey in junior high school and the beginning of a new chapter in our lives.

Three years ago, we stepped into this school as wide-eyed freshmen, eager to explore the world of knowledge and make new friends. Little did we know that these hallways would become our second homes, and the people we meet here would become our second families.

Over the past three years, we have learned and grown together. We have pushed each other academically, challenged each other in extracurricular activities, and supported each other through thick and thin. We have shared laughter and tears, victories and defeats, and countless moments that will forever be etched in our memories.

I would like to express my deepest gratitude to our teachers, who have been our guiding lights throughout our junior high school journey. Their dedication, patience, and unwavering belief in our potential have inspired us to reach for our dreams and never give up.

To my fellow students, thank you for making these years unforgettable. We have shared countless moments of joy and camaraderie, and I will forever cherish the friendships we have forged.

As we move on to high school and beyond, let us carry the lessons we have learned and the memories we have made in this school. Let us continue to strive for excellence, embrace new challenges, and make a positive impact on the world around us.

Remember, we are not just individuals; we are a class, a team, a family. And even though we may go our separate ways, the bond we share will always remain strong.

So, let us raise our voices and join me in saying farewell to junior high school and a resounding welcome to the future!

Thank you.

6. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 Perwakilan Kelas 8

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah,
Bapak/Ibu Guru yang berbahagia,
Dan teman-teman seperjuangan yang saya cintai,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah Swt. atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam rangka acara perpisahan siswa kelas 9.

Perkenalkan, saya (nama perwakilan) dari perwakilan kelas 8. Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan rasa haru dan bangga atas kelulusan kakak-kakak kelas 9 yang tercinta.

Perjalanan kita bersama di sekolah ini memang terasa singkat. Tiga tahun bersama, kita telah melewati suka dan duka, canda dan tawa, serta kenangan indah yang tak terlupakan. Di kelas ini, kita belajar bersama, bertumbuh bersama, dan saling menguatkan satu sama lain.

Kini, tiba saatnya bagi kakak-kakak untuk melanjutkan perjuangan ke jenjang yang lebih tinggi. Kami yakin, kakak-kakak semua akan sukses dan mencapai cita-cita yang diimpikan.

Meskipun berat untuk berpisah, kami ikhlas melepas kakak-kakak untuk melangkah maju. Kami doakan agar kakak-kakak selalu diberikan kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan di masa depan.

Kepada kakak-kakak kelas 9, titip pesan kami untuk selalu menjaga nama baik sekolah ini. Teruslah berkarya, berprestasi, dan mengharumkan nama almamater kita tercinta.

Sebagai perwakilan kelas 8, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kakak-kakak kelas 9 atas semua bimbingan, motivasi, dan persahabatan yang telah diberikan selama ini. Kami akan selalu mengenang momen indah bersama kakak-kakak semua.

Terakhir, kami ingin berpesan kepada seluruh teman-teman kelas 8, mari kita jadikan momen perpisahan ini sebagai penyemangat untuk terus belajar dan meraih prestasi. Kita buktikan bahwa kita mampu menjadi generasi penerus yang membanggakan.

Demikianlah pidato singkat dari saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

***

Itulah beberapa contoh pidato kelas 9 yang bisa digunakan untuk ujian praktek.

Baca artikel informatif lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa untuk mengikuti Google News Rumah123 agar tidak ketinggalan berita terbaru.

Dapatkan rekomendasi hunian terbaik di Rumah123 karena #SemuaAdaDisini.

Ingin ngobrolin properti? Teras123 tempatnya!


Tag: , , ,


alya

Content Writer

Berkarier di dunia kepenulisan sejak 2018 sebagai penulis lepas. Kini menjadi penulis di 99 Group dengan fokus seputar gaya hidup, properti, hingga teknologi. Gemar menulis puisi, memanah, dan mendaki gunung.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA