OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

90 Contoh Kata Teknis dalam Berbagai Bidang Beserta Pengertiannya Lengkap

21 Juli 2023 · 11 min read Author: Maskah Alghofar

contoh kata teknis dalam berbagai bidang

Sumber: Artikel.rumah123.com

Bingung dengan sejumlah kata teknis yang ada di bidang tertentu? Yuk, simak contoh kata teknis dan pengertian berikut ini.

Sebagian dari kamu mungkin sering bertemu dengan kata teknis dalam aktivitas sehari-hari.

Kata yang merujuk pada pembahasan suatu topik secara spesifik ini seringkali membingungkan karena terdengar asing.

Hal ini karena kata teknis umumnya muncul di setiap bidang dengan pembahasan dan pengertian yang berbeda.

Nah, untuk memahami lebih dalam terkait kata teknis, mari simak pengertian dan contoh kata teknis berikut ini.

Apa itu Kata Teknis?

Pengerti apa itu kata teknis

Sumber: Rumah123.com

Melansir dari buku berjudul TOP ONE Ulangan Harian SMA/MA IPA Kelas XI oleh Tim Super Tentor, kata teknis adalah kata yang menunjukkan kekhasan suatu kata terhadap topik teks prosedur yang dibahas.

Umumnya, kata ini digunakan dalam beberapa bidang tertentu, seperti kedokteran, biologi, kehutanan, pendidikan, teknologi, hingga bisnis.

Sejumlah kata ini memiliki peranan penting dalam kehidupan untuk memudahkan komunikasi agar lebih ringkas dan tidak membingungkan.

Contoh Kata Teknis di Bidang Pendidikan

Contoh Kata Teknis Berbagai Bidang

Sumber: Rumah123.com

Contoh kata teknis dapat kamu temukan dengan mudah di berbagai bidang kehidupan.

Misalnya saja pada bidang kedokteran, pendidikan, lingkungan, teknologi, ekonomi, pertanian, dan lainnya.

Berikut ini kata teknis di bidang pendidikan yang perlu kamu pelajari, di antaranya:

  1. Kompetensi Dasar adalah kata teknis dalam bidang pendidikan yang memiliki arti kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh Peserta Didik melalui pembelajaran.
  2. Pembelajaran adalah contoh kata teknis yang artinya proses interaksi antar Peserta Didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
  3. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah contoh kata teknis yang berarti Kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
  4. Kurikulum adalah contoh kata teknis yang artinya kumpulan rencana atau pengaturan terkait tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara untuk kegiatan pembelajaran.
  5. Silabus adalah contoh kata teknis yang artinya rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
  6. Peserta Didik adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan yang artinya anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses Pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
  7. Penilaian adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan yang artinya proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar Peserta Didik.
  8. Evaluasi pendidikan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan yang artinya kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan.
  9. Ulangan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan yang artinya proses untuk mengukur pencapaian Kompetensi Peserta Didik.
  10. Ujian adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan yang artinya kegiatan untuk mengukur pencapaian Kompetensi Peserta Didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.

Kumpulan Contoh Kata Teknis Bidang Pendidikan Sekolah

  1. Akreditasi adalah contoh kata teknis yang artinya kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria tertentu.
  2. Buku Teks Pelajaran adalah contoh kata teknis yang artinya sumber Pembelajaran utama untuk mencapai Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti.
  3. Biaya operasi satuan pendidikan adalah contoh kata teknis untuk bagian dari dana pendidikan dalam membiayai kegiatan operasi satuan pendidikan.
  4. Standar Kompetensi Lulusan adalah contoh kata teknis yang berarti kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  5. Buku Panduan Guru adalah contoh kata teknis yang berarti pedoman untuk memuat strategi Pembelajaran, metode Pembelajaran, teknik Pembelajaran, dan penilaian untuk setiap mata pelajaran dan/atau tema Pembelajaran

Contoh Kata Teknis di Bidang Kesehatan

Melansir situs resmi Kementerian Kesehatan RI (kemkes.go.id), berikut adalah macam-macam contoh kata teknis di bidang kesehatan.

  1. Efek samping, yakni efek toksik yang terjadi dalam terapi oleh karena dosis lazim atau dosis yang dianjurkan.
  2. Kanker, yakni kumpulan sel yang tidak dikelilingi kapsul; hal ini memungkinkan sel-sel tersebut dapat menyebar ke organ-organ tubuh lainnya di luar organ yang terkena.
  3. K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), yakni bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek.
  4. Intensive Care Unit (ICU), yakni suatu bagian dari rumah sakit yang mandiri (instalasi di bawah direktur pelayanan), dengan staf yang khusus dan perlengkapan yang khusus.
  5. Anak Dengan Disabilitas (ADD), yakni anak dengan disabilitas fisik berusia 5-18 tahun yang mengalami kedisabilitasan atau memiliki kelainan/perbedaan dari anak normal dalam struktur tubuh, kemampuan melihat, kemampuan mendengar dan atau kemampuan bicara.
  6. Demensia, yakni penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Gejala umum demensia adalah pikun.
  7. Demam kuning (yellow fever), virus ini berupa sebuah virus RNA sebesar 40 hingga 50 nm dengan indera positif dari keluarga Flaviviridae. Virus demam kuning ini ditularkan melalui gigitan nyamuk betina (nyamuk demam kuning, Aedes aegypti, dan spesies lain).
  8. Fertilisasi, yakni sebuah proses pembuahan sel sperma atau sel telur, dimana keberhasilan proses pembuahan tersebut bergantung pada kondisi fisik sel sperma dan sel telur.
  9. Ebola, yakni sejenis virus dari genus Ebolavirus, familia Filoviridae, dan juga nama dari penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut.
  10. Vaksin, berasal dari bahasa latin vacca (sapi) dan vaccinia (cacar sapi). Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi oleh organisme alami atau liar.

Kumpulan Contoh Kata Teknis Bidang Kedokteran

  1. Addict, yakni seseorang yang tidak dapat melawan suatu kebiasaan, terutama pemakaian obat atau alkohol, karena alasan fisiologis atau psikologis.
  2. Hemofilia, yakni suatu penyakit yang diturunkan, yang artinya diturunkan dari ibu kepada anaknya pada saat anak tersebut dilahirkan (kelainan bawaan sejak lahir yang diturunkan oleh kromosom X).
  3. Gastritis, yakni peradangan atau pembengkakan lapisan lambung.
  4. Pembawa (carrier), yakni orang yang membawa suatu bibit penyakit, tapi ia sendiri tidak menunjukan gejala-gejala sakit.
  5. Campak, yakni penyakit virus sangat menular yang ditandai dengan ruam, demam, batuk, pilek dan konjungtivitis.

Contoh Kata Teknis di Bidang Ekonomi

Buat kamu yang ingin mengetahui kata teknis dari bidang ekonomi, berikut ulasannya:

  1. Akumulasi, yaitu tambahan periodik suatu dana dari bunga atau tambahan lain pada tambahan laba neto pada laba yang ditahan.
  2. Laba, yaitu selisih yang positif atau menguntungkan antara hasil penjualan dan harga pokok produksi.
  3. Kreditor, yaitu seseorang yang memberikan kredit/pinjaman kepada orang lain.
  4. Ekonomi makro, yaitu ilmu ekonomi yang mempelajari tindakan ekonomi dari individu atau perusahaan.
  5. Ekonomi mikro, yaitu ilmu ekonomi yang mempelajari tindakan ekonomi dari individu atau perusahaan.
  6. Anggaran, yaitu taksiran mengenai penerimaan dan pengeluaran.
  7. Komisioner, yaitu perantara yang hanya mewakili penjual dan mempunyai kekuasaan untuk menentukan harga dan syarat-syarat penjualan.
  8. Bunga, yaitu pendapatan atas setiap investasi modal.
  9. Inflasi, yaitu keadaan perekonomian suatu negara yang mengalami kegoncangan moneter karena uang yang beredar di masyarakat lebih banyak daripada barang, sehingga mengakibatkan harga barang-barang meningkat.
  10. Analisis laba-bruto, yaitu analisis mengenai sebab-sebab terjadinya penyimpangan dari standar tahun demi tahun, dan perhitungan persentase antara penjualan dengan laba.
  11. Akuntansi, yaitu pencatatan dan pelaporan mengenai transaksi-transaksi.
  12. Emigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari dalam negeri ke luar negeri.
  13. Investasi, yaitu penanaman modal yang pada umumnya dikenal sebagai pembelian aktiva dalam perusahaan.
  14. Koperasi, yaitu suatu bentuk organisasi yang diizinkan undang-undang, dengan tujuan mendapatkan keuntungan bagi produsen atau konsumen.
  15. Konsumen, yaitu seseorang yang menggunakan barang/jasa.

Kumpulan Contoh Kata Teknis di Bidang Olahraga

Berdasarkan situs resmi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berikut adalah berbagai macam contoh kata teknis di bidang olahraga.

  1. Jingkat, yaitu istilah olahraga lompat bertumpu dan mendarat dengan kaki yang sama (dalam cabang olahraga atletik).
  2. Gobak, yaitu istilah olahraga permainan tradisional dengan menggunakan lapangan berbentuk segi empat berpetak-petak, setiap garis dijaga oleh pihak penjaga, pihak yang mau masuk harus melewati garis dan jika kena sentuh oleh penjaga, harus ganti tempat.
  3. Angkat berat, yaitu istilah cabang olahraga yang mempertandingkan adu tenaga atau kekuatan dalam mengangkat beban (besi).
  4. Kayak, yaitu istilah olahraga perahu kecil (dengan seorang atau dua orang pendayung) untuk lomba mendayung.
  5. Anggar, yaitu istilah cabang olahraga bela diri yang menggunakan alat atau senjata (untuk menusuk, atau memarang).
  6. Ganda campuran, yaitu olahraga pasangan pemain yang terdiri atas seorang putra dan seorang putri (dalam permainan tenis, tenis meja, dan bulu tangkis).
  7. Estafet, yaitu olahraga (lari atau renang) beregu dengan cara menyerahkan benda.
  8. Sepak bola, yaitu istilah olahraga permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain
  9. Cakram, yaitu istilah olahraga lempar yang terbuat dari kayu bundar dan pipih.
  10. Ancang-ancang, yaitu istilah olahraga gerakan permulaan untuk mendapat kecepatan pada waktu akan melakukan suatu bentuk gerakan (lompat jauh, tolak peluru, lempar lembing, lempar cakram, menendang bola, dan sebagainya).

Contoh Kata Teknis di Bidang Pertanian dan Lingkungan

Sejumlah contoh kata teknis ini sering digunakan dalam bidang pertanian atau lingkungan.

  1. Beternak, yakni memelihara ternak untuk dikembangbiakkan.
  2. Aditif tanah, yakni bahan-bahan kimia yang jika ditambahkan kepada tanah, mengubah karakteristik fisik maupun kapasitas infiltrasinya.
  3. Abrasi, yakni proses pengausan, umpamanya es atau salju yang mencair atau pengausan tanah oleh aliran air permukaan.
  4. Bibit, yakni ikan yang telah dewasa dan sewaktu-waktu siap untuk dikawinkan sehingga dapat diperoleh anak-anaknya (benihnya).
  5. Benih, yakni anak ikan untuk dipelihara sampai ukuran (umur) tertentu.
  6. Bakteri parasit, yakni bakteri yang betul-betul bersifat parasit pada jasad akuatik.
  7. Air adsorpsi, yakni air yang terikat pada permukaan partikel padat oleh gaya molekul dengan emisi panas.
  8. Agronomi, yakni suatu cabang Ilmu Pertanian mengenai teori dan praktek bercocok tanam pertanian dan pengelolaan tanah.
  9. Air adhesif, yakni pembentukan air di sekeliling partikel tanah di atas air adsorpsi, dan dapat bergerak dari partikel yang satu ke partikel yang lain.
  10. Akuarium, yakni tempat atau wadah berisi air yang diperuntukkan bagi pemeliharaan ikan, binatang air atau tanaman air.
  11. Absorpsi, yakni aliran larutan garam-garam anorganik ke arah atas karena osmosis dari tanah ke bulu-bulu akar.
  12. Agrologi, yakni suatu cabang Ilmu Pertanian yang antara lain menyangkut asal, struktur, analisis, dan klasifikasi tanah, khusus dalam hubungannya dengan produksi tanaman.
  13. Antibiosis, yakni penghambatan perkembangan suatu populasi akibat pembentukan zat racun oleh populasi lain.
  14. Danau, yakni perairan tenang (tidak mengalir) yang luas.
  15. Antagonisme, yakni kemampuan suatu ion untuk menghalangi kemampuan absorpsi ion yang lain.

Contoh Kata Teknis di Bidang Biologi

Dari bidang biologi, berikut ini adalah daftar kata teknis yang bisa kamu pelajari.

  1. Anatomi, adalah ilmu yang mempelajari struktur sel dan jaringan dalam tubuh makhluk hidup.
  2. Anemia, adalah istilah untuk kekurangan sel darah merah (eritrosit) akibat kerusakan sel darah merah
  3. Gametofit adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya generasi tumbuhan yang menghasilkan gamet (fase seksual).
  4. Akar, adalah bagian tubuh tumbuhan yang berada di dalam tanah.
  5. Abdomen, adalah bagian tubuh yang terletak di antara dada dan pinggul.
  6. Gametangium adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya sel reproduksi seksual tumbuhan yang menghasilkan gamet.
  7. Amfibi adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya binatang yang dapat hidup di dua alam, adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya darat dan air.
  8. Gamet adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya sel kelamin pada reproduksi seksual
  9. Akinet adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya sel berdinding tebal pada Cyanobacteria.
  10. Amonifikasi adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya penguraian nitrogen menjadi amonia.

Kumpulan Contoh Kata Teknis di Bidang Bisnis

Daftar kata teknis dalam bidang bisnis ini mungkin akan kamu temui saat melakukan usaha.

  1. Manajer Investasi adalah kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Pihak atau perusahaan yang akan mengelola dana investor melalui portofolio efek.
  2. Likuiditas adalah kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah investasi yang digunakan untuk menggambarkan seberapa mudah investasi dapat dicairkan atau dijadikan uang tunai kembali.
  3. Deposit adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah investasi yang menggambarkan penyimpanan uang ke rekening saham.
  4. Initial Public Offering (IPO) adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah yang digunakan untuk menggambarkan saat pertama perusahaan melepas sahamnya ke bursa saham.
  5. Lot adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Satuan resmi yang telah ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam transaksi jual beli saham.
  6. Capital Gain adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah investasi yang menggambarkan hasil dari investasi yang sudah kamu lakukan.
  7. Indeks adalah kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Angka yang menunjukkan harga rata-rata dari beberapa perusahaan yang terdaftar di dalam satu indeks.
  8. Portofolio adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Abungan instrumen investasi yang dimiliki oleh investor (baik itu perorangan maupun institusi).
  9. Dividen adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Keuntungan (laba) yang didapatkan oleh perusahaan, lalu dibagikan kepada pemegang saham.
  10. Return adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah dari hasil yang kamu peroleh dari investasi.

***

Itu contoh kata teknis dalam berbagai bidang yang bisa kamu jadikan referensi.

Temukan ulasan menarik lainnya seputar rekomendasi properti hanya di artikel.rumah123.com.

Kamu juga bisa mengikuti Google News kami agar tidak ketinggalan berbagai berita terbaru.

Yuk, segera wujudkan keinginan untuk memiliki rumah impian bersama Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu!



Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA