OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Contoh Cerita Sage Singkat Bahasa Indonesia yang Menarik. Penuh Pesan Moral!

16 Oktober 2023 · 6 min read Author: Shafira Chairunnisa

cerita sage

contoh cerita sage singkat | sumber: id.scribdt.com

Sedang mencari dongeng atau cerita sage untuk dibacakan? Simak kumpulan ceritanya di sini, yuk!

Apa itu dongeng sage? Dongeng sage adalah kisah rakyat yang terjadi di masa lalu yang penyajiannya sering ditambah dengan cerita mitos dan fantasi.

Salah satu ciri khas dongeng sage adalah cerita lisan yang diwariskan secara turun temurun.

Namun, kini banyak juga dongeng sage yang telah diubah dan ditulis ulang dalam bentuk buku.

Yuk, simak apa saja contoh cerita sage atau kisah rakyat di bawah ini!

Contoh Cerita Sage atau Kisah Rakyat

Berikut adalah beberapa contoh cerita sage yang sering dibacakan orang-orang:

1. Si Pitung

Dulu di Tanah Betawi, ada seorang pendekar bernama Pitung yang merupakan anak dari Bang Piun dan Mpok Pinah.

Pendekar ini sangat taat dalam menjalankan perintah agama, suka menolong orang miskin, dan sakti karena kebal terhadap senjata.

Pitung juga sering mengumpulkan anak muda di kampungnya untuk merampok harta milik orang kaya.

Hasil rampokannya kemudian dibagikan ke fakir miskin, bukan untuk memperkaya dirinya sendiri.

Karena aksi tersebut, Pitung dicari dan dikejar oleh Belanda, tetapi berkat kesaktiannya Pitung tak pernah terkena tembakan.

Tak lama, Belanda mendapatkan kelemahan si Pitung dari Haji Naipin, guru si Pitung.

Belanda pun mengambil jimat rahasia Pitung dan menembaknya menggunakan peluru emas.

Kuburan si Pitung kemudian dijaga oleh tentara karena mereka takut pendekar ini akan bangkit dari kubur.

2. Kebo Iwa

Di Pulau Bali, ada sepasang suami istri yang telah lama menantikan keturunan dan terus berdoa pada Tuhan agar dikaruniai anak.

Tuhan akhirnya menjawab doa mereka, sang istri hamil dan melahirkan seorang anak laki-laki.

Namun, bayi mereka tampak berbeda karena sangat senang makan dan minum setiap hari.

Hal ini membuat tubuh anak laki-laki tersebut besar dan kuat sehingga ketika remaja masyarakat setempat memanggilnya dengan sebutan Kebo Iwa.

Kebo Iwa sangat senang makan, bahkan kebiasaannya ini membuat orang tua Kebo Iwa bangkrut dan mereka meminta bantuan warga untuk menyediakan makanan.

Tubuh Kebo Iwa pun semakin membesar dan bahkan menyerupai raksasa.

Sebagai ucapan terima kasih, Kebo Iwa membangun bendungan, menggali sumur, dan melindungi masyarakat dari binatang buas dan orang jahat.

Kepopuleran Kebo Iwa didengar oleh Gadjah Mada, mahapatih Majapahit yang berencana untuk menjajah Bali.

Mereka kemudian membuat tipu muslihat agar Kebo Iwa mendatangi Majapahit untuk membantu membuat sumur besar dan Kebo Iwa pun akhirnya berkunjung ke pulau Jawa.

Bukannya membantu, pasukan Majapahit kemudian menutup sumur beserta Kebo Iwa di dalamnya menggunakan bongkahan batu besar sampai Kebo Iwa tewas.

Akhirnya, Majapahit pun berhasil menjajah dan menaklukkan pulau Bali.

3. Roro Jonggrang

Dahulu kala, di Kerajaan Prambanan, hiduplah seorang putri yang cantik bernama Roro Jonggrang. Ayahnya, Prabu Baka, tewas dalam perang melawan Bandung Bondowoso, pangeran dari Kerajaan Pengging. Bandung Bondowoso kemudian menguasai Kerajaan Prambanan dan ingin memperistri Roro Jonggrang.

Roro Jonggrang menolak permintaan Bandung Bondowoso karena tahu dialah yang membunuh ayahnya. Namun, tolakan tersebut tidak digubris oleh Bandung Bondowoso. Akhirnya, Roro Jonggrang menyetujui lamaran Bandung Bondowoso asalkan dirinya bisa membuat 1000 candi dalam semalam sebagai syarat pernikahan.

Bandung Bondowoso menyanggupi syarat tersebut. Dirinya meminta bantuan para roh halus untuk membangun candi sampai akhirnya pada pukul empat pagi tinggal tersisa lima buah candi dan dua sumur yang belum selesai.

Ketakutan, Roro Jonggrang akhirnya membangunkan para dayang-dayangnya untuk menghidupkan obor, membakar jerami, dan memukulkan alu pada lesung. Kibaran api dari obor terlihat seperti matahari terbit di langit yang membuat ayam jantan berkokok bersaut-sautan. Mendengar suara ayam, roh halus yang membangun candi meninggalkan pekerjaannya.

Bandung Bondowoso sangat terkejut dan marah menyadari usahanya telah gagal. Amarahnya membuat dia mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah arca untuk melengkapi candinya yang belum selesai. Candi tempat Roro Jonggrang dikutuk kini dinamakan Candi Roro Jonggrang, sedangkan candi di sekitarnya disebut sebagai Candi Sewu.

4. Kutukan Putri Kediri

Sebuah serangan besar membuat keluarga kerajaan Kediri diharuskan mengungsi dari istana untuk menghindari kejaran musuh. Salah satu putri kerajaan Kediri, Galuh Candra Kirana pun bersembunyi di sebuah pemukiman dekat hutan sambil memakai pakaian orang desa agar keberadaannya tidak memancing perhatian musuh.

Selama tinggal di pemukiman tersebut, Galuh Candra Kirana membagikan banyak ilmu pada warga yang membuat kehidupan warga menjadi lebih baik. Namun, para petinggi desa tidak suka dengan hal ini karena takut posisi mereka akan digantikan oleh Galuh Candra Kirana.

Para petinggi desa pun mencoba mencari tahu jati diri Galuh Candra Kirana dan tak menyangka bahwa perempuan yang mereka benci adalah seorang putri kerajaan yang sedang mengasingkan diri. Karena mereka ingin Galuh Candra Kirana pergi dari desa, para petinggi desa memberitahu musuh tentang keberadaan dirinya.

Hal ini membuat musuh mengirimkan pasukan untuk menangkap Galuh Candra Kirana. Untungnya, sang putri berhasil meloloskan diri. Dirinya pun mengetahui bahwa ternyata para petinggi desa lah yang memberi tahu keberadaan Galuh Candra Kirana pada musuh. Marah karena penyamarannya dibongkar oleh para petinggi kampung, Galuh Candra Kirana pun mengutuk pejabat yang masuk ke perkampungan akan kehilangan jabatannya apabila tidak amanah dalam tugasnya.

Sejak sumpah tersebut diucapkan, tak ada pejabat yang berani melintasi salah satu jalur di daerah Kediri yang diyakini menjadi tempat di mana Galuh Candra Kirana mengucapkan sumpah tersebut.

5. Kisah Tujuh Putri

Zaman dahulu, terdapat seorang raja yang tinggal dengan ketujuh putrinya. Putri tersebut terkenal karena parasnya yang cantik dan sifatnya yang baik hati. Ketujuh putri tersebut dinamakan Putri Merah, Putri Jingga, Putri Kuning, Putri Hijau, Putri Biru, Putri Nila, dan Putri Ungu.

Suatu hari, kerajaan tersebut dilanda kekeringan yang menyulitkan warga mendapatkan air bersih. Para putri pun merasa sedih karena musibah ini. Akhirnya, Putri Merah bersemedi pada dewa agar kerajaannya bisa terlepas dari kemarau berkepanjangan. Dewa pun memberitahu Putri Merah untuk membakar tumpukan kayu bakar dan mengajak saudara-saudaranya untuk meloncat ke kobaran api tersebut.

Tak disangka, ketujuh putri menyetujui untuk mengorbankan diri mereka demi kebaikan kerajaan. Ketujuh putri pun menyiapkan tumpukan kayu di alun-alun kerajaan dan menyalakannya menggunakan api. Setelah api menyala dengan hebat, ketujuh putri melompat ke dalam api.

Tiba-tiba, langit menjadi hitam dan turun hujan yang sangat deras. Saking derasnya, hujan membuat api di alun-alun padam. Beberapa saat setelah hujan reda, terdapat tujuh cahaya indah yang melengkung di langit. Ketujuh cahaya tersebut memiliki warna yang sama dengan nama tujuh putri yang mengorbankan diri. Kini, cahaya itu dikenal sebagai pelangi yang berarti pengorbanan suci.

6. Lutung Kasarung

contoh cerita sage lutung kasarung

sumber dongeng sage atau sage adalah cerita: scribdassets.com

7. Timun Emas

contoh cerita sage timun emas

sumber contoh cerita sage atau contoh dongeng sage: scribdassets.com

FAQ tentang Cerita Sage

Contoh cerita sage apa saja?

Contoh cerita sage yang dikenal di Indonesia adalah berdirinya kerajaan Samodra dan Singasari, Ciung Wanara, Airlangga, Calon Arang, Panji, Joko Tingkir, Smaradahana, dan Timun Mas.

Apa itu sage dalam cerita?

Sage adalah sebuah cerita yang didasarkan atas tradisi maupun sejarah yang bersifat lisan yang keakuratan sumber rujukan atau referensi tidak dapat diidentifikasi

Apakah sage termasuk jenis dongeng?

Sage termasuk dalam jenis dongeng dan sering disebut juga dengan kata Babad. Dongeng ini mengisahkan suatu hal atau tokoh yang didasarkan dari tradisi atau sejarah.

***

Itulah kumpulan contoh cerita sage yang menarik.

Temukan ulasan lainnya seputar cerita rakyat hanya di artikel.rumah123.com.

Untuk mendapatkan berita ter-update, ikuti terus Google News kami, ya.

Yuk, segera wujudkan keinginan untuk memiliki rumah impian bersama www.rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu!


Tag: , , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya